Masa perkuliahan memang jadi masa paling tepat untuk menimba pengalaman. Bukan hanya dari kelas-kelas di kampus, tetapi juga dari kegiatan lain seperti unit kegiatan mahasiswa, organisasi, hingga pekerjaan sampingan. Jenis kegiatan terakhir inilah yang sering diincar mahasiswa, termasuk kamu.

Siapa sih yang nggak mau dapat penghasilan selain uang bulanan kiriman orang tua? Kan lumayan untuk tambahan beli keperluan kuliah, uang jajan di akhir bulan, traveling ala backpacker, beli barang impian, atau malah bantu kebutuhan orang tua di rumah.

Terlepas dari membiayai kuliah merupakan tanggung jawab orang tua, tentu kamu bangga jika bisa menutupi sebagian biaya kuliah dari kantong sendiri. Kamu hanya perlu tahu apa saja pekerjaan sampingan mahasiswa dengan penghasilan menjanjikan. Yuk, simak ulasan berikut!

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa dari Rumah

Kerja Dari Rumah

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Jadwal perkuliahan kamu padat banget dan banyak tugas kuliah setiap minggu? Kedua hal ini ternyata bukan halangan untuk memulai kerja sampingan dari rumah. Karena kamu nggak dituntut untuk “hadir” secara fisik, kamu bebas mengerjakan pekerjaan ini dari mana saja. Bisa di kampus, di rumah, di kostan, atau di kafe!

Kamu hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang memadai. Lalu, cari pekerjaan itu melalui lowongan kerja remote atau pekerja lepas di internet maupun platform pekerja lepas, seperti Freelancer, Sribulancer, dan Fastwork.

Apa saja ide kerja sampingan dari rumah yang bisa kamu lakukan?

advertisement

Penulis lepas

Kamu suka merangkai kata-kata menjadi puisi, cerita pendek, atau esai? Supaya tulisanmu tidak hanya menghiasi makalah tugas kuliah, kamu bisa memanfaatkan keterampilan itu dengan mengirim tulisan ke media massa.

Banyak media massa yang menerima tulisan dari masyarakat dalam bentuk opini, esai, atau karya sastra untuk dimuat di media. Bahkan, ada pengelola surat kabar yang punya kolom khusus untuk mahasiswa. Beberapa media massa atau portal berita online juga memiliki kanal tulisan kiriman pembaca.

Honor per artikel lumayan lho untuk menambah uang jajan bulanan kamu. Untuk satu tulisan, kamu bisa menerima honor mulai Rp200.000. Sementara itu, buat kamu yang tertarik bekerja sebagai penulis konten, harga per artikel 300 kata mulai dari Rp30.000.

Ilustrator

Nah, pekerjaan sampingan ini cocok untuk kamu yang suka menggambar atau membuat ilustrasi. Ilustrator berbeda dengan seniman atau artist. Menurut Puty Puar, ilustrator bertugas untuk mengkomunikasikan suatu ide atau cerita menjadi lebih jelas.

Kamu bisa membuat ilustrasi untuk buku, komik, hingga produk atau layanan sesuai permintaan klien. Salah satu kunci bisa “hidup” dari pekerjaan ilustrator yaitu konsisten berkarya untuk membuat portofolio.

Honor ilustrator cukup beragam, mulai dari Rp50.000 untuk ilustrasi sederhana. Untuk proyek dari perusahaan kecil, kamu bisa mengantongi penghasilan mulai dari Rp300.000. Kamu juga bisa menggaet klien dari luar negeri dengan mencari pekerjaan melalui platform pekerja lepas dengan fee dalam mata uang asing.

advertisement

Penerjemah

Suka baca buku terjemahan? Pasti nggak asing dengan pekerjaan sebagai penerjemah. Jika kamu adalah mahasiswa jurusan sastra bahasa asing, peluang mendapat pekerjaan sampingan sebagai penerjemah jelas lebih besar.

Kamu bisa menerapkan materi perkuliahan dengan menggarap berbagai proyek terjemahan buku, hasil penelitian, atau jurnal ilmiah dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Coba tanyakan pada dosen, jaringan alumni kampus, atau keluarga yang sedang mencari jasa penerjemah.

Sebagai alternatif, kamu dapat menawarkan jasa penerjemah melalui platform pekerja lepas yang belakangan semakin marak di Indonesia. Dilansir dari Himpunan Penerjemah Indonesia, tarif penerjemahan bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya dimulai dari Rp250.000 per satuan halaman jadi. Berminat mencoba?

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Online

Penulis Konten

Photo by Nick Morrison on Unsplash

Kehidupan sehari-hari kamu tidak bisa lepas dari internet, baik melalui smartphone maupun laptop. Hampir mustahil untuk offline sejenak dari hiruk pikuk dunia maya, mengingat kamu perlu berbagai aplikasi agar tetap bisa berhubungan dengan keluarga, teman, atau dosen.

Pernah terpikir untuk mencari pekerjaan sampingan online? Beberapa pekerjaan di atas pun sebetulnya bisa kamu cari melalui platform pekerja lepas di internet. Namun, pekerjaan sampingan berikut membuatmu lebih intensif bersinggungan dengan internet dan teknologi masa kini.

Web developer

Pekerjaan ini lagi naik daun lho. Perkembangan internet turut meningkatkan permintaan pasar akan jasa pembuatan dan pengembangan website. Bagian terbaiknya, kamu bisa melakukan pekerjaan ini secara paruh waktu alias part time. 

Perusahaan startup rata-rata membuka lowongan kerja bagi web developer yang masih berstatus mahasiswa. Kamu bisa mengerjakan proyek saat libur semester atau di sela-sela waktu perkuliahan. Bayarannya besar, rata-rata mulai Rp1 juta hingga Rp3 jutaan tergantung skala proyek.

Content creator 

Content creator bisa berupa blogger atau youtuber. Pekerjaan sampingan mahasiswa ini juga jadi primadona beberapa tahun belakangan ini. Kamu bisa membuat konten untuk ditayangkan di media sosial, seperti Instagram dan Facebook, atau blog dan YouTube.

Syaratnya, kamu konsisten membuat konten yang bisa menggaet viewer datang ke akun media sosial, baik dalam bentuk artikel maupun video. Jumlah klik pengunjung ke laman kamu inilah yang kemudian dikonversi menjadi sejumlah uang.

Potensi penghasilan content creator cukup besar, mulai Rp3 jutaan per bulan. Ini dengan catatan kamu memaksimalkan semua sumber penghasilan terkait konten, seperti Adsense dan affiliate marketing. 

Admin media sosial

Satu lagi nih pekerjaan sampingan untuk kamu yang hobi nongkrong berjam-jam di media sosial, yaitu admin media sosial. Kerja sampingan ini bisa kamu lakukan dari mana saja tanpa perlu terikat jam kerja formal.

Akun media sosial milik perusahaan startup, UKM/UMKM, atau online shop sering membutuhkan tenaga untuk mengelola akun media sosial mereka. Kamu hanya perlu keterampilan copywriting dasar, berwawasan luas, mampu berpikiran out of the box, dan senang berinteraksi di media sosial.

Gaji admin media sosial full time rata-rata mulai Rp2,5 juta. Jadi, kalau kamu memilih bekerja part time, kisaran gajinya di bawah itu atau tergantung jangka waktu pekerjaan yang kamu ambil.

Driver transportasi online

Maraknya transportasi online di berbagai kota di Indonesia membuat pekerjaan sampingan ini juga dilirik mahasiswa. Kamu nggak perlu ragu atau gengsi melamar sebagai driver ojek online atau taksi online. Banyak lho mahasiswa yang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Kebanyakan mereka memanfaatkan waktu kosong setelah kuliah usai atau saat tidak ada jadwal kuliah. Asal kamu punya motor atau mobil, pekerjaan ini bisa dilakukan kapan saja dengan jadwal fleksibel.

Terlepas dari fakta bahwa driver transportasi online cukup menguras tenaga dan waktu, penghasilan yang akan kamu dapat terbilang lumayan. Jika per hari kamu mengambil pesanan 2-3 kali dengan tarif rata-rata Rp50.000 saja, akhir bulan kamu nggak perlu makan mie instan doang kan?

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal

Tutor Privat

Photo by Helloquence on Unsplash

Ada nggak pekerjaan sampingan mahasiswa yang tidak membutuhkan modal? Setidaknya, kamu hanya membutuhkan modal berupa tenaga dan waktu, sedikit keterampilan, serta smartphone dan paket data. Meski terdengar mustahil, ada beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan walau tanpa modal. Berikut daftar lengkapnya.

Reseller atau dropshipper

Buat kamu yang suka berdagang, menjadi reseller atau dropshipper adalah salah satu contoh bisnis bermodal minim. Kamu cukup menjual barang dari produsen dan bisa dipasarkan secara online atau offline. Apalagi, sekarang orang lebih banyak mengandalkan belanja online daripada membeli langsung.

Kamu dapat membuka “toko online” di marketplace atau akun media sosial. Jenis barang yang dijual juga beragam. Mulai dari alat tulis, agenda atau jurnal, pakaian, aksesori, sampai buku. Keuntungan sebagai reseller atau dropshipper kamu peroleh dari selisih harga beli dan harga jual ke customer. 

Biasanya, produsen menerapkan potongan harga berbeda antara reseller dan dropshipper. Namun, asal kamu rajin mempromosikan barang tersebut, penghasilan bersih yang masuk ke kantong bisa mulai Rp100.000 hingga tidak terhingga!

Jual pulsa online

Jual pulsa online zaman sekarang gampang banget! Apalagi, membeli pulsa ponsel sudah menjadi kebutuhan pokok layaknya makanan. Modal kamu cukup smartphone dan paket data, serta aplikasi pendukung dari distributor yang menyediakan fasilitas jual pulsa elektrik.

Kamu bisa melayani pesanan keluarga atau teman sekampus lebih dulu. Keuntungan dari transaksi penjualan memang terlihat kecil, misalnya Rp500 atau Rp1.000 per transaksi. Namun, jika kamu melakukan minimal lima kali transaksi per hari dan berlangsung selama satu bulan, hasilnya lumayan juga untuk beli baju atau sepatu.

Tutor atau guru bimbingan belajar

Apakah IPK kamu di atas 3,0 atau teman-temanmu sering minta diajari materi kuliah? Kalau jawabannya ya, kamu punya keterampilan mengajar yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Ilmu yang kamu pelajari di bangku kuliah adalah modal utama menjadi tutor atau guru bimbingan belajar.

Minimal kamu menguasai satu dari sekian mata pelajaran yang sering diujikan dalam ujian nasional atau seleksi masuk perguruan tinggi. Di lembaga bimbingan belajar, tenagamu jelas dibutuhkan. Kamu bisa bekerja part time dengan jadwal mengajar sesuai kesepakatan.

Untuk pekerjaan ini, kamu bisa meraup penghasilan hingga sekitar Rp3 jutaan. Sebagai alternatif, pekerjaan tutor privat juga tak kalah menggiurkan dengan rata-rata penghasilan Rp400.000 per kedatangan.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Sesuai Hobi

Make Up Artist

Photo by freestocks.org on Unsplash

Kata orang bijak, melakukan pekerjaan sesuai hobi itu tidak seperti benar-benar bekerja. Pasalnya, kamu merasa happy selama menyelesaikan pekerjaan tersebut. Itulah serunya bekerja sesuai hobi atau passion kamu.

Maka, jangan anggap remeh hobi atau kegiatan favoritmu di waktu senggang. Coba cermati lagi, siapa tahu hobi yang kamu lakoni juga bisa menjadi ladang penghasilan ekstra seperti pekerjaan sampingan mahasiswa berikut ini.

Fotografer atau videografer lepas

Modal kamera mumpuni memang perlu untuk menjalankan pekerjaan sampingan ini. Akan tetapi, punya keterampilan dan intuisi terlatih dalam merekam momen sempurna jelas lebih penting. Itulah modal utama kamu sebagai fotografer atau videografer lepas.

Kamu bisa mengambil tawaran pekerjaan dari teman sebagai permulaan, seperti dokumentasi wisuda, acara pernikahan, atau event kampus. Perusahaan startup yang banyak muncul belakangan ini juga membutuhkan tenaga fotografer dan videografer pemula untuk pembuatan company profile. 

Bayaran yang kamu dapat tergantung pada skala proyek tersebut, rata-rata mulai Rp500.000-Rp1 juta. Sebagai contoh, kamu mengambil pekerjaan saat weekend. Setelah dipotong biaya operasional, kamu masih bisa membawa pulang penghasilan sekitar Rp3 jutaan per bulan.

Make up artist

Setiap orang tentu ingin tampil cantik dalam momen istimewa, seperti wisuda, pertunangan, atau pernikahan, maupun pemotretan untuk portofolio. Di situlah pekerjaan sampingan sebagai make up artist dicari orang.

Bagi kamu yang senang bereksperimen dengan berbagai produk kosmetik atau gaya tata rias, pekerjaan ini pilihan paling pas untuk menambah penghasilan bulanan. Butuh keterampilan khusus supaya dapat merias orang dengan pulasan make up yang tepat.

Meski profesi ini banyak dilakoni, sama seperti dokter, memakai jasa make up artist itu cocok-cocokkan. Artinya, peluang pasar make up artist terbilang besar. Sebagai gambaran, honor make up artist pemula rata-rata Rp250.000 per orang. Semakin besar namamu, tarif kamu juga semakin tinggi. Bahkan, bisa mencapai Rp5 jutaan untuk satu kali event!

SPG atau SPB

Punya wajah menarik, good looking, dan postur tubuh proporsional adalah syarat mutlak menjadi sales promotion girl atau sales promotion boy. Pekerjaan ini bisa kamu lakoni secara part time sesuai event yang berlangsung. Syarat dan besar fee yang ditawarkan berbeda-beda tergantung jenis acara.

Di Jakarta ada banyak sekali acara pameran setiap bulannya, mulai dari event skala lokal, nasional, hingga internasional. Dari jaga stand di mall sampai stand pameran di convention center. Selain modal penampilan, mempunyai keterampilan komunikasi jadi nilai plus.

Soal bayaran memang tergantung dari jenis acara yang kamu ikuti. Ada SPG/SPB dengan bayaran per hari, ditambah uang makan atau transportasi. Rata-rata dalam sehari kamu bisa dibayar sampai Rp1 jutaan. Misalnya kamu jaga stand selama lima hari, selesai pameran pundi-pundi tabungan kamu bertambah banyak!

Barista

Menjamurnya kedai kopi atau coffee shop di berbagai kota bikin profesi barista semakin populer. Apalagi, minum kopi adalah gaya hidup masyarakat urban masa kini. Nyaris tidak ada coffee shop yang sepi pengunjung. Para barista pun tidak pernah berhenti meracik kopi.

Kalau kamu pecinta berat kopi, profesi ini cocok lho jadi pekerjaan sampingan. Minimal, kamu harus menyukai kopi sebelum bekerja sebagai barista. Keterampilan meracik kopi bisa dipelajari karena umumnya coffee shop menyelenggarakan pelatihan bagi calon barista.

Tidak hanya sekadar membuat kopi, kamu juga akan belajar bagaimana berhadapan dengan para pelanggan. Hitung-hitung kamu magang untuk menimba pengalaman dan bisa membuka coffee shop suatu hari nanti.

Rata-rata penghasilan barista sekitar Rp2 jutaan per bulan. Namun, jangan lupa mengatur jadwal bekerja dan jadwal kuliah supaya kamu tetap bisa menyelesaikan kuliah ya!

Pet grooming

Pekerjaan sampingan mahasiswa berikut ini pas banget untuk pecinta binatang. Belakangan banyak orang yang memelihara hewan, tetapi karena kesibukan bekerja tidak sempat mengurus hewan piaraannya. Sedih kan lihat hewan lucu dan menggemaskan itu agak tidak terurus?

Layanan pet grooming pun semakin dikenal di kalangan pemilik hewan peliharaan. Sebagai contoh, anjing peliharaan yang jarang di-grooming dan diajak jalan-jalan. Walau tampak sepele, dua aktivitas itu penting untuk kesehatan anjing.

Jika kamu punya waktu luang, boleh banget memanfaatkannya dengan mengajak hewan peliharaan milik teman, keluarga, atau tetangga bermain maupun jalan-jalan. Tambahkan jasa grooming di rumah pemilik sebagai bentuk full-service jasa pet grooming. 

Tarif grooming untuk satu anjing, misalnya, dikenakan harga Rp50.000-Rp100.000 per jam. Cukup lakukan di dua hingga tiga tempat setiap akhir pekan, dalam satu bulan kamu bisa mengantongi penghasilan ekstra hampir Rp1juta.

Demikian 15 pekerjaan sampingan mahasiswa dengan penghasilan menjanjikan. Cari tahu apa pekerjaan sampingan yang tepat sesuai minat dan keterampilanmu. Pandai mengatur waktu antara jadwal kuliah dan bekerja adalah kunci kesuksesan utama dalam melakoni pekerjaan sampingan. Selamat mencoba!