Halo semua pembaca setia anakUI.com! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat sentosa dan semakin rajin beraktivitas meski udah gak tahu lagi deh ini udah hari ke-berapa kita semua digentayangi oleh pandemi COVID-19. Semua rasa cemas dan takut yang muncul akibat pandemi ini sudah selayaknya kita lawan. Masa mau terus-terusan tenggelam dalam cemas dan takut berlebihan? Nanti malah imunitas kita turun karena stress. Yang terpenting jaga kebersihan, terapkan protokol kesehatan, dan hindari tuh aktivitas-aktivitas gak perlu yang dapat memperluas penyebaran COVID-19.

Oke balik lagi ke laptop, kali ini seperti yang sudah tertera di judul, penulis akan membagikan informasi mengenai apa itu asrama UI, lokasi, dan juga mekanisme pendaftaran, yang ditujukan untuk mahasiswa baru UI. Terutama untuk kalian nih yang sudah dinyatakan resmi menjadi mahasiswa UI lewat jalur SNMPTN.

Yuk kita mulai,

advertisement

Apa itu asrama UI?

Asrama UI adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak Universitas Indonesia berupa tempat tinggal bagi mahasiswa UI dari luar daerah (sebenarnya dalam daerah juga boleh, tapi didahulukan untuk yang luar daerah). Kenapa didahulukan untuk anak dari luar daerah? Karena mungkin, pihak UI mempertimbangkan tidak semua anak daerah sudah paham dan kenal dengan lingkungan sekitar UI atau memiliki saudara/kenalan yang berdomisili di sekitar UI. Tapi kalau kamu berasal dari daerah JABODETABEK dan sekitarnya dan ingin menggunakan fasilitas ini, gak ada salahnya kok. Banyak teman penulis yang tinggal di daerah JABODATABEK memanfaatkan fasilitas ini saat masih berstatus sebagai mahasiswa baru.

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

Duh.. Aku tertarik, kira-kira apa aja ya persyaratan yang dibutuhkan?

Untuk kamu maba UI yang tertarik dan berniat untuk menggunakan fasilitas ini, terdapat beberapa persyaratan yang bisa kamu lengkapi. Yang pertama tentunya melengkapi formulir (bisa klik di sini), identitas diri berupa fotocopy KTP, KTM (kartu tanda mahasiswa), Kartu Keluarga, Kartu BPJS/Kartu asuransi lainnya. Setelah itu jangan lupa isi surat pernyataan yang ada di formulir tersebut.

advertisement

Ada yang ingin ditanyakan? kirim aja email ke asrama@ui.ac.id, atau menghubungi nomor telpon (021) 7874414 dan lewat WA di 085892124592.

Fasilitas apa aja yang ada di asrama UI?

Menjadi tempat tinggal mahasiswa UI dari penjuru daerah, asrama UI memiliki banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh penghuninya. Letaknya yang berada di dekat hutan UI membuat udara pagi hari di sekitar asrama segar jika kamu ingin berolahraga dulu sebelum masuk kelas. Oh ya, ada juga loh fasilitas olahraga yang tersedia di lingkungan asrama UI. Kantin-kantin yang tersedia juga dijamin kebersihannya dan harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan kantin-kantin fakultas.  Jaringan wifi yang ada juga memiliki koneksi yang cepat jadi gak bikin kamu bete kalau kamu harus ngumpulin tugas dideket-deket deadline. ATM juga ada, jadi kamu gak harus jauh-jauh ke Perpusat atau Fakultas sekiranya kamu pengen ngambil uang.

Bagaimana dengan pandemi COVID-19?

Nah, karena sekarang UI masih menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ, mungkin kebanyakan dari kalian merasa belum memerlukan fasilitas asrama UI. Bener juga sih, karena toh kuliah masih dilaksanakan secara virtual. Tapi nih guys, pendaftaran asrama ini sistemnya cepet-cepetan. Jadi kalau memang kamu perlu banget karena misalnya rumah kamu di luar Pulau Jawa dan kamu takut gak ke dapetan? Kamu bisa aja nanya-nanya dulu nih dengan orang asrama, baiknya gimana lewat nomor yang aku cantumkan di atas. Semangat teman-teman semua!

advertisement

BACA JUGA: Mahasiswa UI Jabodetabek, Pilih PP atau Ngekos?



advertisement