Pendaftaran SBMPTN Sudah Dibuka, Intip 5 Prodi di UI yang Paling Diminati

Banyak pelajar SMA menempatkan pilihan pertama mereka di universitas bergengsi tanah air, salah satunya Universitas Indonesia (UI). Buat kamu yang tertarik untuk mendaftar ke UI, Anak UI bakal kasih bocoran ke kamu nih mengenai 5 program studi dengan peminat terbanyak berdasarkan total pendaftar pada tahun sebelumnya. Kira-kira program studi apa saja sih? Daripada kelamaan basa-basi, yuk langsung simak bocoran program yang dilansir dari website LTMPT di bawah ini!


0

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuka pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 mulai tanggal 2 Juni 2020 pukul 13.00 WIB hingga 20 Juni 2020 pukul 22.00 WIB.  Pada tahun ini, pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan empat sesi tiap harinya. Masing-masing peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti satu kali tes saja. Selain itu, pelaksanaan UTBK kali ini tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah pandemi COVID-19. Nantinya tiap peserta yang mengikuti UTBK diwajibkan untuk mengenakan masker serta mengikuti prosedur pemeriksaan COVID-19.

Sumber: ayosemarang.com

Kalo udah dibuka gini, biasanya banyak pelajar SMA menempatkan pilihan pertama mereka di universitas bergengsi tanah air, salah satunya Universitas Indonesia (UI). Buat kamu yang tertarik untuk mendaftar ke UI, Anak UI bakal kasih bocoran ke kamu nih mengenai 5 program studi dengan peminat terbanyak berdasarkan total pendaftar pada tahun sebelumnya. Kira-kira program studi apa saja sih? Daripada kelamaan basa-basi, yuk langsung simak bocoran program yang dilansir dari website LTMPT di bawah ini!

5. Ilmu Komputer

Sumber: bem.cs.ui.ac.id

Bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke program studi yang satu ini, sebaiknya kamu harus belajar ekstra keras nih, Anak UI. Sebagai program studi yang lulusannya paling dicari di bidang teknologi komputer, program studi ini hanya menampung 46 mahasiswa dari jalur UTBK SBMPTN 2020 nih.

Yup! Ilmu Komputer menjadi salah satu program studi primadona yang digandrungi pelajar. Itu terbukti dengan total pendaftar program studi ini yang mencapai 879 orang pada 2019. Jurusan ini tidak berkutat pada cara merancang komputer, melainkan mempelajari tata cara terkait pemrograman komputer. Lulusan dari program studi ini diharapkan mampu mengembangkan teknologi, pemrograman, dan mampu melahirkan software atau teknologi terbaru.

BACA JUGA: Ya Begini Nasib Jadi Anak Fasilkom UI

4. Pendidikan Dokter

Sumber: instagram.com/rhezalubis

Program studi selanjutnya datang dari rumpun ilmu kesehatan. Yup, Pendidikan Dokter. Program studi incaran 981 orang pada tahun 2019 ini hanya memiliki daya tampung sebesar 54 orang saja.

Jika kamu akhirnya memutuskan untuk mengambil Pendidikan Dokter UI, kamu harus menyadari bahwa tahapan yang akan kamu lalui sangat panjang hingga menjadi seorang dokter. Sebab, setelah lulus pendidikan, kamu baru menyandang gelar S.ked alias Sarjana Kedokteran, bukan gelar dokter.

Untuk memperoleh gelar dokter, kamu harus menjalani Koass selama minimal 2 tahun. Nah, saat menjadi Koass inilah kamu baru diperkenankan untuk menerapkan ilmu yang kamu pelajari selama memperoleh S.Ked.

Setelah lulus Koass pun kamu harus berjuang untuk mengikuti Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI). Di tahapan ini, kamu akan mengerjakan soal yang pernah kamu pelajari selama kuliah. Soal tersebut pun berupa analisa kasus yang sangat kompleks. Jangan lupa untuk menyiapkan mental sebelum mendaftar ya!

BACA JUGA: Beberapa Alasan Kenapa Anak Makara Hijau itu Terkesan “WOW”

3. Manajemen

Sumber: bemfebui.com

Untuk kamu yang menyukai ilmu manajemen, Manajemen UI merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, program studi berakreditasi A ini dilengkapi dengan praktisi dan ahli manajemen yang berkualitas. Selain itu, terdapat beragam konsentrasi yang disesuaikan dengan minat mahasiswa mulai dari Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, serta Organisasi dan Operasi.

Tiap tahunnya, prodi ini membuka jalur masuk melalui jalur undangan dan tertulis. Sayangnya, kuota pada jalur tertulis (UTBK) hanya memiliki daya tampung sebesar 54 orang dari total peminat pada 2019 sebanyak 1.131 orang. Oleh karena itu, kamu harus belajar giat ya agar bisa jadi pemilik makara abu!

BACA JUGA: Panduan Singkat untuk Kamu yang Tertarik dengan Program Studi Manajemen FEBUI

2. Ilmu Psikologi

Sumber: instagram.com/debizahirah

Bisa dibilang, Psikologi jadi salah satu prodi yang laku keras, terutama di kalangan anak IPS. Pada 2019, tercatat ada 1.147 orang yang berjuang untuk memperebutkan 54 bangku di jalur UTBK. Ilmu yang satu ini terbilang istimewa nih. Pada program studi ini, kamu akan diajak untuk mengoptimalkan dan merealisasikan potensi diri melalui metode student-centered learning, collaborative learning, dan problem-based learning selama empat tahun hingga berhasil memperoleh gelar Sarjana Psikologi (S.Psi).

BACA JUGA: Selain Skripsi, Matkul-Matkul Ini Juga Jadi Ajang Anak Psiko Bagi-Bagi Hadiah! Yuk Catat!

1. Ilmu Hukum

Sumber: instagram.com/jihanfh

Hukum UI jadi program studi yang paling diminati pendaftar UTBK pada 2019. Dengan total peminat sebanyak 1.634 orang, program studi ini hanya memiliki daya tampung sebanyak 93 orang saja.

Pada program studi ini, kamu tidak hanya menghafal pasal dan perundang-undangan saja, namun kamu dituntut untuk mampu memahami makna dan alur kerjanya. Selain itu, kamu akan merasakan asyiknya simulasi sidang bersama teman-teman. Peluang kerjanya pun luas banget, lho! Kamu bisa berkarir sebagai dosen, peneliti, konsultan hukum, legal officer, hakim, jaksa, hingga pengacara. Seru bukan?

BACA JUGA: Tertarik Sama Ilmu Hukum UI? Apa Saja yang Kamu Pelajari di Jurusan Ini?

Itu dia 5 prodi dengan pendaftar terbanyak pada 2019. Jadi, gimana? Apakah kamu semangat belajar atau malah gentar untuk mendaftar?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

2 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals