Pendaftaran Seleksi Masuk (Simak) UI 2010 Telah Dibuka

Jadwal Pendaftaran dan Ujian Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) 2010/2011 sudah dirilis.  Pendafataran ini berlangsung 18 Januari – 26 Maret 2010, untuk semua jenjang studi S1, S2, S3, Vokasi, dan Kelas Internasional. Sedangkan tes SIMAK UI 2010 akan diadakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 11 April 2010.

admin: berita-berita ini dikopi paste dari sumber terpercaya, Kompas

Seleksi Masuk UI Diadakan di 46 Lokasi

Jakarta, kompas – Universitas Indonesia kembali membuka jalur masuk bagi calon mahasiswa baru yang disebut dengan Seleksi Masuk Universitas Indonesia untuk tahun akademik 2010/2011.

Lokasi ujian Seleksi Masuk UI tahun ini meluas ke daerah-daerah di kawasan Indonesia bagian timur. Dibandingkan dengan tahun 2009 yang diselenggarakan di 33 daerah, kini lokasi ujian diperluas hingga 46 daerah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Malaysia.

Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri, Rabu (6/1), mengatakan, perluasan lokasi ujian ini bertujuan memperbesar akses bagi anak berbakat Indonesia yang ingin mengikuti ujian Seleksi Masuk UI.

”Kami menjangkau bibit potensial yang kesulitan datang ke lokasi ujian yang jauh. Jika bibit potensial ini tidak ditemukan, bisa tidak tumbuh,” ujarnya.

Berdasarkan hasil evaluasi penerimaan mahasiswa baru tahun lalu, Seleksi Masuk UI termasuk jalur terbaik setelah Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) karena memperoleh mahasiswa yang potensial. UI akan menerima mahasiswa baru program S-1 melalui jalur Seleksi Masuk UI sebanyak 2.200 orang dari 4.500 total mahasiswa S-1 yang akan diterima tahun 2010/2011. Sementara itu, pada jalur PPKB dinaikkan dari 15-18 persen menjadi 25 persen dari 4.500 mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Muhammad Anis menambahkan, sistem Seleksi Masuk UI ini diyakini bisa meminimalkan praktik joki dan kecurangan ujian. Berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dianggap tidak terlalu kuat menahan praktik joki.

”Pendaftaran secara online juga memperkecil kemungkinan terjadinya kecurangan atau praktik joki karena identitas pendaftar kami simpan dan tidak bisa diganti-ganti,” ujarnya.

Beasiswa Rp 20 miliar

Bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan, kata Gumilar, UI akan memberikan beasiswa total sebesar 40 persen bagi mahasiswa S-1 reguler setiap tahunnya. Secara rinci, jumlah beasiswa per tahun dari UI sebesar Rp 20 miliar, sementara dari industri sebesar Rp 16 miliar.

”Total ada Rp 36 miliar untuk mahasiswa S-1 reguler. Tidak boleh ada alasan putus sekolah karena tidak ada uang atau tidak bisa mendaftar karena uang. Di UI poinnya bukan uang, tetapi bisa masuk atau tidak,” kata Gumilar.

Untuk program S-1, pendaftaran secara online akan dibuka tanggal 18 Januari-26 Maret 2010 dan ujian seleksi diselenggarakan 11 April 2010. Informasi selengkapnya dapat dilihat di situs http://penerimaan.ui.ac.id.

Dari penelusuran di sejumlah situs resmi perguruan tinggi negeri ternama lainnya, ujian masuk yang dilaksanakan secara mandiri oleh setiap perguruan tinggi juga mulai dilakukan.

Di Universitas Diponegoro, Semarang, misalnya, dibuka pendaftaran ujian mandiri I pada Februari. Peminat bisa mendaftar dan mengikuti ujian di Semarang, Jakarta, Surabaya, Lampung, Pekanbaru, Medan, dan Samarinda.

Sementara itu, ITB membuka jalur dengan nama Ujian Saringan Masuk Institut Teknologi Bandung Terpadu tahun akademik 2010/2011. Salah satu jalur Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi ITB di daerah dilaksanakan pada pertengahan Maret. Seleksi dilakukan di sejumlah kota besar. Selain itu, ada juga yang terpusat di ITB pada akhir Mei nanti. (LUK/ELN)

Rektor UI: Simak UI Tetap Andalan Kami!

DEPOK,KOMPAS.com – Memasuki tahun kedua penyelenggaraannya, Seleksi Masuk UI (Simak UI) dianggap masih sebagai jalur andalan UI dalam menerima mahasiswa barunya tahun akademik 2010/2011 ini. Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Rektor UI, Prof. Dr. der. Soz. Gumilar R. Somantri, di Lokakarya Simak UI di Balai Sidang UI, Depok, Rabu (6/1/2010).

Gumilar mengatakan, Simak UI tetap menjadi andalan di samping jalur penerimaan lainnya yaitu penerimaan nasional (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri/SNMPTN), kerjasama antar-universitas (Ujian Masuk Bersama/UMB),prestasi khusus bakat seni, olahraga, dan lain-lainnya (PPKB), kerjasama pembinaan daerah dan industri (KSDI).

“Untuk jalur PPKB kami tidak mengundang semua sekolah, tetapi hanya sekolah-sekolah yang sudah cukup kuat pembinaan pendidikannya dengan lulusan yang selalu konsisten berprestasi dengan baik setiap tahun,” ujarnya.

Gumilar berkilah, bahwa UI terlalu “aji mumpung” membuka jalur penerimaan masuk bagi mahasiswa baru setiap tahunnya. Rektor mengatakan, keikutsertaan UI untuk tetap membuka SNMPTN dan UM misalnya, justru dengan pertimbangan kebersamaan dengan PTN lainnya. “UMB itu lebih karena sejarah saja, sedangkan SNMPTN itu lebih kepada rasa kebersamaan dengan perguruan tinggi lain yang menyelenggarakannya setiap tahun,” kata Gumilar.

Dikatakan andalan, lanjut Gumilar, Simak UI adalah satu-satunya jalur seleksi yang menjunjung tinggi harapan UI dalam mendapatkan kualitas mahasiswa baru UI. Karena mulai dari pendaftaran hingga ujian seleksi benar-benar seratus persen ditangani sendiri oleh UI. “Semua kami pantau dengan sistem dan tidak ada kesempatan bagi joki di sini. Dan yang pasti, tidak ada jual bangku di UI, kalau ada oknum yang melakukan sanksinya adalah pecat,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Simak UI akan menjadi seleksi penerimaan mahasiswa untuk program pendidikan Vokasi, Sarjana (Reguler, Kelas Pararel, Ekstensi, Kelas Khusus Internasional) Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor. Tahun ini, jalur Simak UI akan menerima sebanyak 55 persen atau 2.200 mahasiswa dari total penerimaan mahasiswa UI program S1 reguler yang mencapai 4.400 mahasiswa. Adapun pendaftarannya secara online sudah akan dimulai pada 18 Januari 2010 mendatang.

UI Siapkan Rp 36 Miliar Beasiswa Sarjana

DEPOK,KOMPAS.com- Bagi calon mahasiswa yang diterima di Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI), pihak UI menyediakan program beasiswa pendidikan sarjana dengan total nilai Rp 36 miliar pada tahun akademik 2010/2011.

Demikian dikemukakan Rektor UI Prof. Dr. der. Soz. Gumilar R. Somantri dalam Lokakarya Simak UI di Balai Sidang UI, Depok, Rabu (6/1/2010). Beasiswa tersebut, kata Gumilar, diberikan melalui skema beasiswa 1.000 Beasiswa untuk Anak Bangsa.

“Tetapi ini hanya untuk mahasiswa program sarjana reguler saja,” tukas Gumilar. Di luar itu, kata Gumilar menambahkan, sebetulnya beasiswa tersebut juga diberikan kepada para mahasiswa sarjana yang masuk melalui jalur Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Ujian Masuk Bersama (UMB), serta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Intinya kami tidak ingin ada mahasiswa yang tidak bisa kuliah atau putus kuliah di tengah jalan hanya karena uang, karena kesempatan beasiswa itu ada dan banyak tersedia, baik melalui prestasi akademis maupun non akademis,” ujar Rektor UI

Sumber : Kompas

11 thoughts on “Pendaftaran Seleksi Masuk (Simak) UI 2010 Telah Dibuka”

  1. Assalamu’alaikum…
    Bapak/Ibuk kapan pendaftaran S2 Psikologi UI dibuka? Apa saja persyaratannya? Terima kasih atas bantuanya…

    Reply
  2. Boz admin…
    tau g daftar jadi panitia SIMAK UI 2010 tuh d mulai kapan??

    gara2 ikut panitia (SIMAK, UMB, SNMPTN) 2009 jadi keterusan…

    hehehe…

    Reply

Leave a Comment