Pengalaman oprec trui 2013


0

“Together everyone achieves more.”

Quote di atas begitu membekas di kepala saya. Ya, quote tersebut merupakan filosofi keren yang dijunjung tinggi di Tim Robotika Universitas Indonesia (TRUI). Saya pertama kali mendengar quote tersebut pada Studium Generale, sebagai rangkaian pertama oprec TRUI 2013.

Oprec? Lho, kok oprec?

Iya.. saya adalah peserta oprec TRUI tahun ini. Sebelumnya perkenalkan, nama saya Dini, mahasiswi Filsafat UI angkatan 2011. Saya begitu tertarik untuk bergabung di TRUI, sebuah tim yang sungguh cerdas dan sukses mengharumkan UI di kontes robot nasional. Saya yang notabene anak FIB, memilih divisi managerial pada oprec ini. Saya sempat bertanya sepintas kepada beberapa teman anak Teknik, dan kepada teman yang juga telah menjadi anggota TRUI. Awalnya, saya sempat ragu apakah yakin dapat mengikuti oprec ini atau tidak. Namun, keraguan tersebut sirna seusai saya mengikuti Studium Generale (SG) TRUI 2013 di Auditorium Gedung K Fakultas Teknik. Btw, itulah kali pertama saya menginjakkan kaki di auditorium K! Ternyata kerennya pake banget deh, audit Teknik!

SG inilah yang membuka wawasan saya tentang bagaimana TRUI. Saya pun menyadari bahwa senior TRUI memang orang-orang hebat, mampu bekerja keras dalam tim. Nuansa kebersamaan dan having fun begitu kentara pada TRUI; bukan berkutat pada sisi geek-nya semata. Pada SG, ditekankan bahwa TRUI tidak hanya mencari orang-orang yang bisa, tetapi yang terpenting adalah mereka yang berkomitmen tinggi dan punya passion terus belajar. Inilah yang membuat saya sungguh bersemangat mengikuti alur rekrutmen. Alurnya memang terbilang tidak singkat dan disertai beberapa tugas yang harus dikerjakan. Dimulai dari SG tadi, pretest, interview, training 1-2-3, hingga post test. Kemudian ada tahap on job training dan sederet kegiatan yang menanti.
Pada tahap pretest, jujur saya sedih. Sebab pretest kemarin saya lakukan dengan belum maksimal, namun saya yakin saya dapat belajar lebih jauh lagi. Kemudian, pada sesi berikutnya yakni interview, saya ingat betul diwawancarai oleh Pepi (mahasiswa Elektro, TRUI 2012). Saya menceritakan mulai dari riwayat singkat hidup, pengalaman kuliah dan organisasi, dan motivasi mengapa saya ingin bergabung di TRUI. Saya juga menjawab beberapa pertanyaan lainnya. Interview tersebut tidak kaku, sangat kocak dan seru. Terima kasih, Pepi!

Pada training 1, saya dikenalkan dengan dasar-dasar manajerial. Yang menjadi trainer adalah Fera Gustina, mahasiswi FMIPA 2010, TRUI 2011. Fera menyampaikan materi dengan menarik, dan banyak hal yang saya dapatkan selama training kemarin. Saya jadi tahu, bagaimana kriteria manajer dan kesalahan asumsi awam tentang posisi manajer. Terima kasih juga untuk Fera!

Tahap berikutnya yakni sesi training 2. Sayang sekali kemarin saya terpaksa absen, sebab saya jatuh sakit dan terbaring selama 3 hari. Demam tinggi dan radang mendera, ditambah pula flu berat dan vertigo sehingga tidak memungkinkan saya beraktivitas keluar rumah.

Selanjutnya saya berada di tahap training 3, yang akan saya ikuti pada 4 Desember mendatang. Rangkaian rekrutmen masih panjang, namun justru saya makin semangat. Doakan lancar dan saya diterima sebagai anggota TRUI ya, manteman 🙂


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
diahnandini

0 Comments

Leave a Reply