Penipuan Lowongan Pekerjaan di Chevron Abal


0
Chevron Logo (ilustrasi)

Selamat pagi teman-teman mahasiswa, ini adalah tulisan perdana saya di tahun 2015. Saya ingin berbagi informasi mengenai penipuan lowongan pekerjaan di perusahaan Chevron abal-abal alias palsu yang dialami oleh teman saya kemarin tanggal 06 Januari 2014. Singkat cerita, tidak sedikit dari teman-teman saya yang baru lulus kuliah, masih mencari-cari pekerjaan tetap, dan ingin bekerja di perusahaan besar dan ternama.

Saya rasa banyak tentunya yang tergiur dengan perusahaan besar seperti Pertamina, Chevron, Elnusa, dst. Apa lagi ada informasi yang didapatkan dari teman kuliah, yang biasanya disebarkan melalui broadcast messages whatsapp, bbm, line, dan media komunikasi lainnya mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan besar. Kebetulan kasus teman saya ini membawa nama perusahaan Chevron.

Penipuan ini sangat amat rapih sekali modusnya, jadi ada teman saya yang bernama Si A, yang sedang magang di salah satu perusahaan di Jakarta. Si A ini baru lulus kuliah pada tahun 2014 akhir. Karena di perusahaan saat ini dia bekerja, dia hanya mendapatkan kesempatan menjadi pegawai tidak tetap. Maka Si A, mencoba mencari informasi mengenai perusahaan-perusahaan bonafit yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Berharap mendapatkan peruntungan yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan yang dia bekerja saat ini.

Kebetulan Si B, mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dari PT Chevron Indonesia. Informasi Si B ini didapatkan dari grup whatsapp. Si B akhirnya memberitahukan Si A teman kuliahnya tentang berita baik ini, dan menyuruhnya untuk apply ke email hrd dari PT Chevron Indonesia yang abal-abal ini. Akhirnya karena Si A tidak berpikir panjang dan tidak mengecek kebenaran dari suatu informasi tersebut. Si A mengirimkanlah CV, scan KTP, dan nomor telepon ke email hrd@chevronindonesia.tv.

Setelah proses email selesai, tidak lama Si A diberi informasi bahwa dia lulus ke tahap berikutnya untuk melakukan seleksi. Hal ini diperkuat melalui email balasan dari HRD gadungan tadi. Alur dari proses seleksi dikirimkan melalui email. Adapun surat panggilan abal tersebut bisa dilihat pada halaman ini (Saya sudah upload di Google Drive). Jadi Chevron abal-abal ini mengakunya berada di Kota Balikpapan.

Teman saya berada di Kota Jakarta, maka perlu tiket untuk ke Kalimantan. Lalu HRD gadungan tadi SMS ke Nomor HP Si A. Penipu tadi berkata bahwa PT Chevron Indonesia bekerja sama dengan perusahaan travel Yuki Tour Travel, yang bisa menyediakan tiket untuk ke Balikpapan dengan harga 1,5jutaan. Uang pembelian tiket akan dirembes atau digantikan setelah calon pelamar sampai di Balikpapan, Kalimantan.

Nah mendengar jaminan uang akan diganti setelah sampai di Kalimantan ini, teman saya langsung menghubungi pihak Yuki Tour Travel. Namun dalam proses kepengurusan tiket, customer service dari perusahaan tersebut yang tidak lain mungkin adalah pelaku penipuan yang sama. Bersikap tidak ramah, lalu selalu menelpon bernada ancaman, klo tidak segera transfer tiket akan batal, atau jika tidak segera transfer sebelum jam 5, maka tidak akan mendapatkan diskon, dan seterusnya.

Mendapatkan perlakuan demikian, akhirnya teman saya Si A tersebut. Sharing kepada saya perihal tentang validasi dari lowongan pekerjaan tersebut benar atau tidak. (Dia merasa, kok ada ya perusahaan travel yang tidak ramah, lalu perusahaan sebesar Chevron bisa teledor memilih rekanan kerja seperti itu). Akhirnya saya tergerak untuk mencari informasi data dan fakta untuk mengungkap modus penipuan ini. Bagaimana caranya?

1. Cek Validasi Kepemilikian Domain

Dalam kasus penipuan seperti ini, banyak perusahaan besar dan ternama yang menjadi kambing hitam atas penipuan online. Penipu biasanya mencoba melakukan penipuan dengan menggunakan domain premium berekstensi .com, .net, .org, .tv, .co, dst dengan nama domain perusahaan besar. Pada kasus ini menggunakan domain chevronindonesia.tv !

Sepintas terlihat menyakinkan bukan? Nama domainnya keren! Tetapi belum tentu ini adalah website resmi dari perusahaan terkait loh! Mengapa? Biasanya perusahaan yang legal dan resmi guna menghimpun kepercayaan dari customer online mereka. Perusahaan tersebut lebih memilih menggunakan domain dengan ekstensi co.id contohnya misalnya kaskus.co.id, klo kampus kita menggunakan ac.id dengan alamat ui.ac.id atau jika sekolahan dia menggunakan sch.id, klo kepemerintahan go.id contohnya imigrasi.go.id, dan seterusnya yang belakangnya ada nama(dot)EkstensiDomain(dot)id.

Nah semua Domain Indonesia di bawah naungan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) http://www.pandi.id. Artinya untuk memiliki domain ID harus memiliki syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh PANDI. Misalnya seseorang ingin menggunakan domain co.id untuk perusahaan maka ada syarat-syaratnya yaitu seperti di bawah ini (Informasi diambil melalui website http://dapurhosting.com/domain-id#coid ):

Domain .CO.ID (Perusahaan)

Dokumen identitas yang dapat digunakan untuk pendaftaran domain .CO.ID ialah:

  • Akte Notaris (bila tidak ada SIUP)
  • SIUP
  • Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten (bila memakai merek terkenal)
  • Kartu Identitas Penerima Kuasa (KTP/ SIM/ Pasport).

Ketentuan khusus pendaftaran domain perusahaan .CO.ID:

  • Domain CO.ID ditujukan untuk organisasi komersial yang pada ketentuan dan kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan swasta yang memiliki badan hukum.

  • Perusahaan yang dapat mendaftarkan dalam “CO.ID” harus merupakan badan hukum sah yang memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau Firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait.

  • Perusahaan yang mendaftarkan dalam merek dagang harus merupakan perusahaan pemilik hak merek dagang yang bersangkutan. Identitas yang digunakan untuk pendaftaran adalah Surat Bukti Kepemilikan Merk yang disahkan oleh Departemen Kehakiman RI.

Lalu pada kasus ini penipu menggunakan domain dot (.tv) yang bukan Domain Indonesia. Domain internasional seperti dot com (.com), dot net (.net), dot (.org), dot (.tv) dan masih banyak lainnya, banyak yang tidak mempergunakan validasi kepemilikan. Artinya setiap orang bisa saja membeli domain dengan ekstensi tersebut dengan bebas.

Alhasil saya melakukan proses pengecekan kepemilikan dari domain chevronindonesia.tv ini. Bagaimana caranya? Kita bisa mempergunakan bantuan dari para penyedia domain di internet dengan menggunakan tools yang bernama whois. Saya menggunakan bantuan dari centralops.net untuk melakukan whois domain. Berikut adalah informasi dan data yang saya dapatkan:

>>> Last update of whois database: 2015-01-06T07:08:31Z <<<

Queried whois.resellercamp.com with “chevronindonesia.tv“…

Domain Name: CHEVRONINDONESIA.TV
Registry Domain ID: 
Registrar WHOIS Server: 
Registrar URL: 
Updated Date: 2014-12-01T05:26:36Z
Creation Date: 2014-12-01T05:26:34Z
Registrar Registration Expiration Date: 2015-12-01T05:26:34Z
Registrar: CV. Jogjacamp
Registrar IANA ID: jogja
Registrar Abuse Contact Email: 
Registrar Abuse Contact Phone: 
Domain Status: clientTransferProhibited
Registry Registrant ID: 
Registrant Name: Arjuni Sugiarto
Registrant Organization: PT. Chevron Indonesia
Registrant Street: Sentral Senayan I Office Tower Jl. Asia Afrika No. 8, 12th Floor   
Registrant City: Jakarta Selatan
Registrant State/Province: DKI Jakarta
Registrant Postal Code: 10270
Registrant Country: ID
Registrant Phone: +62.085230728111
Registrant Phone Ext: 
Registrant Fax: 
Registrant Fax Ext: 
Registrant Email: arjunisugiarto@yahoo.co.id
Registry Admin ID: 
Admin Name: Arjuni Sugiarto
Admin Organization: PT. Chevron Indonesia
Admin Street: Sentral Senayan I Office Tower Jl. Asia Afrika No. 8, 12th Floor  
Admin City: Jakarta Selatan
Admin State/Province: DKI Jakarta
Admin Postal Code: 10270
Admin Country: ID
Admin Phone: +62.085230728111
Admin Phone Ext: 
Admin Fax: 
Admin Fax Ext: 
Admin Email: arjunisugiarto@yahoo.co.id
Registry Tech ID: 
Tech Name: Arjuni Sugiarto
Tech Organization: PT. Chevron Indonesia
Tech Street: Sentral Senayan I Office Tower Jl. Asia Afrika No. 8, 12th Floor  
Tech City: Jakarta Selatan
Tech State/Province: DKI Jakarta
Tech Postal Code: 10270
Tech Country: ID
Tech Phone: +62.085230728111
Tech Phone Ext: 
Tech Fax: 
Tech Fax Ext: 
Tech Email: arjunisugiarto@yahoo.co.id
Name Server: ns1.webhostmu.com
Name Server: ns2.webhostmu.com
DNSSEC:Unsigned
URL of the ICANN WHOIS Data Problem Reporting System: 
http://wdprs.internic.net/
>>>Last update of WHOIS database: 2015-01-06T07:09:02+0000Z<<<

Klo dilihat sekilas terlihat sangat menyakinkan bukan? Saya berikan yang berwarna merah dan biru pada tulisan di atas. Pertama, saya cros cek ke domain chevron yang resmi ada di chevron.co.id yang di-redirect oleh perusahaan ke domain chevronindonesia.com. Nah hasilnya berbeda sekali dengan hasil whois dari dua domain chevron resmi yaitu:

1. Hasil whois domain chevronindonesia.com

>>> Last update of whois database: Wed, 07 Jan 2015 01:49:17 GMT <<<

Queried whois.corporatedomains.com with “chevronindonesia.com“…

Domain Name: chevronindonesia.com
Registry Domain ID: 1684226656_DOMAIN_COM-VRSN
Registrar WHOIS Server: whois.corporatedomains.com
Registrar URL: www.cscprotectsbrands.com
Updated Date: 2014-10-22 01:55:29 -0400
Creation Date: 2011-10-26 17:27:10 -0400
Registrar Registration Expiration Date: 2015-10-26 17:27:10 -0400
Registrar: CSC CORPORATE DOMAINS, INC.
Sponsoring Registrar IANA ID: 299
Registrar Abuse Contact Email: admin@internationaladmin.com
Registrar Abuse Contact Phone: +1.8887802723
Domain Status: clientTransferProhibited
Registry Registrant ID: 
Registrant Name: Domain Administrator
Registrant Organization: Chevron Corp.
Registrant Street: Domain Coordinator
Registrant City: San Ramon
Registrant State/Province: CA
Registrant Postal Code: 94583-2324
Registrant Country: US
Registrant Phone: +1.
Registrant Phone Ext: 
Registrant Fax: 
Registrant Fax Ext: 
Registrant Email: domnames@chevron.com
Registry Admin ID: 
Admin Name: Domain Administrator
Admin Organization: Chevron Corp.
Admin Street: 6001 Bollinger Canyon Rd.
Admin City: San Ramon
Admin State/Province: CA
Admin Postal Code: 94583-2324
Admin Country: US
Admin Phone: +1.
Admin Phone Ext: 
Admin Fax: 
Admin Fax Ext: 
Admin Email: domnames@chevron.com
Registry Tech ID: 
Tech Name: Domain Tech
Tech Organization: Chevron Corporation
Tech Street: 6001 Bollinger Canyon Rd.
Tech City: San Ramon
Tech State/Province: CA
Tech Postal Code: 94583-2324
Tech Country: US
Tech Phone: +1.
Tech Phone Ext: 
Tech Fax: 
Tech Fax Ext: 
Tech Email: hostmaster@chevron.com
Name Server: nshou150.chevron.com
Name Server: nssghq.chevron.com
Name Server: nschvpk.chevron.com
Name Server: nswfc.chevron.com
DNSSEC: 
URL of the ICANN WHOIS Data Problem Reporting System: http://wdprs.internic.net/
>>> Last update of WHOIS database: 2014-10-22 01:55:29 -0400 <<<

2. Hasil whois domain chevron.co.id

Domain ID:PANDI-DO127402
Domain Name:CHEVRON.CO.ID
Created On:03-Mar-2006 13:27:33 UTC
Last Updated On:22-Jul-2014 20:27:03 UTC
Expiration Date:01-Sep-2015 23:59:59 UTC
Status:clientTransferProhibited
Status:serverTransferProhibited
Registrant ID:0119128la1c
Registrant Name:Coordinator Domain
Registrant Organization:Chevron Indonesia Company
Registrant Street1:Gedung Sarana Jaya, Jl. Budi Kemuliaan I No. 1
Registrant Street2:P.O. Box 1158
Registrant City:Jakarta
Registrant State/Province:Jakarta
Registrant Postal Code:10110
Registrant Country:ID
Registrant Phone:+62.213512151
Registrant FAX:+62.213512065
Registrant Email:domreg@ipmirror.com
Admin ID:0119128la1c
Admin Name:Coordinator Domain
Admin Organization:Chevron Indonesia Company
Admin Street1:Gedung Sarana Jaya, Jl. Budi Kemuliaan I No. 1
Admin Street2:P.O. Box 1158
Admin City:Jakarta
Admin State/Province:Jakarta
Admin Postal Code:10110
Admin Country:ID
Admin Phone:+62.213512151
Admin FAX:+62.213512065
Admin Email:domreg@ipmirror.com
Tech ID:011248qo8m
Tech Name:VERISIGN, INC.
Tech Organization:VERISIGN, INC.
Tech Street1:487 E Middlefield Rd
Tech Street2:Mailstop MV 3-1-2
Tech City:Mountain View, CA
Tech State/Province:Mountain View, CA
Tech Postal Code:94043
Tech Country:US
Tech Phone:+1.8005792848
Tech FAX:+1.6502378883
Tech Email:domreg@ipmirror.com
Billing ID:01440s9lp
Billing Name:Administrator Domain
Billing Organization:IP MIRROR PTE. LTD.
Billing Street1:9 Hongkong Street
Billing Street2:#01-01
Billing City:Singapore
Billing State/Province:Singapore
Billing Postal Code:059652
Billing Country:SG
Billing Phone:+65.62220105
Billing FAX:+65.62220210
Billing Email:domreg@ipmirror.com
Sponsoring Registrar ID:digitalreg
Sponsoring Registrar Organization:Digital Registra
Sponsoring Registrar Postal Code:55281
Sponsoring Registrar Country:ID
Sponsoring Registrar Phone:0274882257
Name Server:A4.NSTLD.COM
Name Server:F4.NSTLD.COM
Name Server:G4.NSTLD.COM
DNSSEC:Unsigned

Kesimpulan pertama yang kita bisa ambil adalah domain dari chevronindonesia.tv tidak dapat dipercaya karena disamping menggunakan domain international (Info tambahan: Website Resmi dari Chevron memang menggunakan domain internasional juga namun klo kita akses menggunakan chevron.co.id itu adalah hasil redirect saja. Maka tetap bisa dikatakan website resmi), website penipu ini juga tidak bisa dibuka dan menerangkan informasi apa-apa. Pada saat website diakses tampilan dari website hanya seperti ini saja:

Website Tidak Memiliki Informasi Apapun, Saya Akses pada Hari ini tanggal 07 Januari 2015 pada pukul 09.00 WIB
Website Tidak Memiliki Informasi Apapun, Saya Akses pada Hari ini tanggal 07 Januari 2015 pada pukul 09.00 WIB

2. Hasil Tanya Ke Mbah Google

Saya pun melakukan pengecekan dengan menggunakan keyword hasil whois pada domain chevron palsu tadi yaitu Arjuni Sugiarto. Alhasil ternyata ada netter juga yang hampir ditipu dengan pelaku dengan modus yang serupa perusahaan travel yang mengaku bekerja sama dengan Chevron. Sumber dari informasi ini saya dapatkan melalui salah satu komentar dari Agung Widi Prasetyo dalam artikel yang berjudul: “Daftar Nama Jasa Travel Yang Digunakan Penipu Berkedok Lowongan Kerja Fiktif ” ditulis pada blog yang beralamat di http://bongkarpenipuan.blogspot.com/2013/07/daftar-nama-jasa-travel-yang-digunakan.html. Screen shot dari komentar bersangkutan ditulis pada 13 Juni 2014 pukul 14.56. Baik, kesimpulan pertama semakin dikuatkan dengan data dan informasi baru ini.

Korban yang hampir tertipu oleh Chevron gadungan tersebut
Korban yang hampir tertipu oleh Chevron gadungan tersebut

3. Selanjutnya Hasil Percakapan dan SMS Pelaku

Pada poin ke-3 ini hasil dari percakapan via sms tidak terlalu banyak dan belum bisa saya tampilkan karena memang semua informasi dan data ada di hp teman saya Si A saat ini. Pelaku juga tidak banyak melakukan kontak melalui SMS yang intens, namun lebih kepada menelpon calon korbannya untuk mendesak segera melakukan transfer pembayaran tiket tadi. Jadi, pada poin ini terjadi kejanggalan pada perusahaan travel kok seperti “ngebet” atau pengen banget ditransfer gitu. Pelaku menggunakan rekening dengan atas nama Wahyu Dirmana dengan nomor rekening 0357-7180-38 Bank BNI. Adapun nomor yang menyamar menjadi HRD dan Yuki Travel menggunakan dua nomor ini +6282370408222, 085351323012. (Hingga saat ini dua nomor tersebut tidak aktif).

Korban bercerita bahwa pelaku dari perusahaan travel agent ini selalu mengancam dan menenkan korban bahwa jika tidak melakukan transfer maka tiket akan hangus, atau kesempatan bekerja di Chevron akan hilang dan seterusnya. Intinya korban ditelpon terus menerus dari pihak travel untuk segera melakukan transfer. Hingga saat ini saya sudah mencoba melaporkan ke pihak BNI karena ada salah satu akun rekening yang disalah gunakan namun butuh beberapa data dan informasi tambahan lainnya agar akun bisa diblokir seperti laporan dari kepolisian, laporan dari bank pengirim yang dipakai dari korban, dan laporan resmi lainnya.

4. Konfirmasi ke Pihak Chevron

Ternyata pihak Chevron pun tidak pernah bekerjasama dengan perusahaan travel agent manapun. Saya sudah menelpon ke perusahaan dan juga pemberitahuan dari website resminya bahwa Chevron tidak pernah bekerjasama dengan perusahaan travel manapun dalam proses rekuitmen mereka. Informasi tersebut dapat dilihat pada alamat website ini: http://www.chevronindonesia.com/careers/CareerRecruitingFraud.aspx

Informasi dari Website Resmi Chevron terkait Penipuan yang Marak Terjadi
Informasi dari Website Resmi Chevron terkait Penipuan yang Marak Terjadi

5. Jika kita Melihat dan Mendengar tindak Penipuan harus bagaimana?

Pertama, jika Anda melihat dan mendengar suatu informasi tindak penipuan, maka kita harus memverifikasi data-data terkait terlebih dahulu ke pihak-pihak yang berkaitan. Misalnya di sini Anda menghubungi Perusahaan Chevron bisa melalui email ataupun telepon. Bagaimanapun juga perusahaan besar, nama dan citranya bisa rusak apabila ada oknum-oknum seperti ini tidak ditindak secara tegas.

Kita bisa menemukan ipaddress yang dipergunakan pelaku dan melaporkannya ke pihak yang berwajib agar bisa dilacak keberadaan terkahir dia menggunakan internet berada posisi mana. Caranya dengan membaca informasi yang ada pada header email untuk selajutnya bisa dilakukkan proses tracking. Informasi tentang header ini bisa dilihat pada halaman website ini>> http://codeviewer.org/view/code:49c2

Informasi tentang ipaddress yang dipergunakan pelaku ketika mengirim email lihat yang berwarna ungu
Informasi tentang ipaddress yang dipergunakan pelaku ketika mengirim email lihat yang berwarna ungu

Jika dilihat dari hasil whois kita bisa mengetahui bahwa penipu ini menggunakan layanan dari penyedia domain CV. JOGJACAMP dan Hosting pada 2 penyedia hosting yaitu WEBHOSTMU.COM dan HAWKHOST.COM.

Domain Whois record

Queried whois.nic.tv with “chevronindonesia.tv“…

Domain Name: CHEVRONINDONESIA.TV
   Domain ID: 110743215
   Whois Server: whois.resellercamp.com
   Referral URL: http://www.resellercamp.com
   Updated Date: 2014-12-01T00:26:35Z
   Creation Date: 2014-12-01T00:26:34Z
   Registry Expiry Date: 2015-12-01T00:26:34Z
   Sponsoring Registrar: CV. JOGJACAMP
   Sponsoring Registrar IANA ID: 1478
   Domain Status: clientTransferProhibited
   Name Server: NS1.WEBHOSTMU.COM
   Name Server: NS2.WEBHOSTMU.COM
   DNSSEC: Unsigned delegation

DNS records

name class type data time to live
chevronindonesia.tv IN MX
preference: 0
exchange: chevronindonesia.tv
86400s (1.00:00:00)
chevronindonesia.tv IN NS ns2.webhostmu.com 86400s (1.00:00:00)
chevronindonesia.tv IN NS ns1.webhostmu.com 86400s (1.00:00:00)
chevronindonesia.tv IN A 198.252.98.235 86400s (1.00:00:00)
235.98.252.198.in-addr.arpa IN PTR 198.252.98.235-static.reverse.arandomserver.com 86400s (1.00:00:00)
98.252.198.in-addr.arpa IN SOA
server: dns10.hawkhost.com
email: cody@hawkhost.com
serial: 2013111300
refresh: 28800
retry: 7200
expire: 604800
minimum ttl: 86400
86400s (1.00:00:00)
98.252.198.in-addr.arpa IN RRSIG
type covered: NSEC (47)
algorithm: RSA/SHA-1 (5)
labels: 5
original ttl: 10800 (03:00:00)
signature expiration: 2015-01-21 01:33:01Z
signature inception: 2015-01-07 00:33:01Z
key tag: 43998
signer’s name: 198.in-addr.arpa
signature:
(1024 bits)
363488AD0E70CCBAF7917A5E60827E8B
F4CAFFFC396227842EBF486B2296E809
D5AFDC2A0F3C7ADDBA8E892EF1829EB6
18CA4934FBF114B5D4FBD5329C158827
288C6D8B7466763FC097156278A1B1DA
AE78B89ACF81C5486D703515999130BB
42FD7DEFB15280C4367DD002231BB07A
055BCAC530CD7A9EACEBA50EA1F60044
10800s (03:00:00)
98.252.198.in-addr.arpa IN NSEC
next domain name: 99.252.198.in-addr.arpa
record types: NS RRSIG NSEC
10800s (03:00:00)
98.252.198.in-addr.arpa IN NS dns10.hawkhost.com 86400s (1.00:00:00)
98.252.198.in-addr.arpa IN NS dns11.hawkhost.com 86400s (1.00:00:00)
98.252.198.in-addr.arpa IN NS dns9.hawkhost.com 86400s (1.00:00:00)

6. Jika saya jadi korban bagaimana?

Segera laporkan ke pihak ke polisian, lalu laporkan juga alamat nomer rekening yang dipergunakan pelaku dalam melakukan aksinya tersebut. Agar nomer rekeningnya bisa diblokir oleh pihak bank. Datang ke cabang terdekat untuk melaporkan kejadian tindak penipuan tersebut. Jangan hilangkan bukti-bukti seperti SMS dan percakapan tulisan yang tersimpan di alat komunikasi sebagai barang bukti. Struk transfer ke pelaku juga bisa dijadikan barang bukti. Saran saya, di handphone smartphone aktifkan saja fitur untuk merekam percakapan telepon, apabila dirasa percakapan tersebut berindikasi terhadap penipuan. Jangan malu bercerita kepada orang lain tentang musibah yang kita alami ini. Berbagilah kepada orang lain tentang pengalaman buruk Anda ntah melalui sosial media, website jurnalistik seperti AnakUI.com ini, ataupun milist/forum online.

Kesimpulan

Sebenarnya mengapa saya mau menuliskan hal ini, niatan saya adalah agar tidak ada lagi mahasiswa yang tertipu dengan kejadian seperti ini. Karena pada fase freshgraduate mungkin angka 1,5juta bukanlah angka yang kecil. Bahkan orang yang bekerja sekalipun bilang bahwa uang itu besar. Jujur saja, belum lama orangtua saya juga tertipu puluhan juta dengan modus mengaku sebagai saudara. Sehingga kejadian pada waktu itu, mengharuskan diri saya untuk membuat artikel ini. Jika artikel ini Anda rasa bermanfaat. Hanya butuh 1 detik untuk Anda untuk men-share artikel ini di jejaring sosial yang Anda miliki. Agar orang lain tidak tertipu dengan modus penipuan seperti ini lagi. Semoga bisa dijadikan pembelajaran untuk kita semua. 🙂

Jika ada yang ingin bertanya tentang kasus seperti ini, kita bisa berdiskusi melalui sosmed dan email saya di dedeobi@thegold.asia dan twitter di @dedeobi. Semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi kita dan keluarga dari setiap kejahatan dari mahluk ciptaan-Nya yang ingin menjahati kita semua.  Aamiin!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Robi Erwin Setiawan
Cuma seorang mahasiswa yang hobi nulis di Blog.SitusTarget.com | Panduan Teknologi untuk Pemula. Dan Anda dapat menghubungi saya melalui email di hello@robierwinsetiawan.com.

67 Comments

Leave a Reply

  1. salam kenal juga….kebetulan dapat postingan ini….saya juga menerima ‘undangan’ wawancara seleksi dari PT Chevron Indonesia , tapi setelah ditelusuri, itu adalah penipuan untuk beli tiket pesawat berkedok wawancara (undangannya mirip sekali dengan yang diposting oleh admin, hanya berbeda tanggal dan nama peserta yang diundang)….setelah dikonfirmasi ke bagian HRD chevron indonesia, positif dinyatakan bahwa itu adalah ABAL-ABAL….terimakasih admin untuk postingannya yang sangat bermanfaat ini… dan untuk teman2 yang mendapat kasus serupa, BERHATI-HATILAH dengan modus seperti ini….

    1. Sebenarnya modus seperti itu ga cuma chevron aja yang kena. Banyak lagi modus-modus yang lain. So, hati-hati ya. Selalu tanya ke Mbah Google dan main ke AnakUI.com untuk info-info terbaru seputar mahasiswa *Promo hehe 😀

    1. Iya hati-hati gan, ane juga udah konfirm ke pihak chevron-nya langsung. Tapi ga tau deh laporan ane ditindak lanjut apa ngga. Jadi mohon bantuannya untuk sebarin info ini di sosmed ya. Biar banyak yang tau juga. Terima kasih! 😀

  2. Baru kemarin kirim email lamaran ke hrd@chevronindonesia.tv, hari ini sudah dapat panggilan via email dan sms. Sedikit mencurigakan tapi saya sempat percaya 🙁
    Semua detail dan surat udangan yang dikirimkan persis seperti info agan di atas, keliatan mulus dan terencana bgt. Batas waktu utk menelepon pihak travel jam 5 sore ini tapi krn saya masih ragu mau menerima panggilan dadakan ini atau tidak makanya saya masih cari-cari info ttg proses panggilan dan penerimaan Chevron. Setelah di teliti lebih jauh ternyata memang ada yg aneh, proses seleksi yg di beritahukan di surat undangan palsu itu cepat bgt, masa dalam 3 hari sudah ditentukan lulus atau tidaknya. Sedangkan dari artikel-artikel yg saya baca proses seleksi Chevron makan waktu berminggu-minggu bahkan bulanan.
    Dan thanks to my dad, beliau memberi info kalau Chevron hanya mengirimkan surat undangan resmi melalui alamat email dgn domain “@chevron.com” atau “@careers.chevronindonesia.com”.
    Lalu saya coba browsing ttg penipuan berkedok Chevron dan setelah ketemu artikel agan ini barulah saya yakin klo saya hampir ditipu 🙁 tapi Alhamdulillah masih dilindungi 🙂
    Buat yg lain harap berhati-hati dan mudah2an ga ada lg yg jd korban.

    Makasih infonya gan berguna banget2! 🙂

    1. Mohon bantu sebarkan berita ini di sosmed ya.
      Kasian juga klo ada sahabat kita yang lagi nyari pekerjaan.
      Malah harus keluar uang karena ditipu oleh mereka yang ga bertanggung jawab ini.

      Semoga Allah lancarkan rezeki mereka para korban kasus penipuan yang mengatasnamakan chevron ini. Dan bagi penipunya semoga dapat hidayah. Aamiin!
      Sebarkan berita ini ya gan! Terima kasih banyak! 😀

    1. Siap, sama-sama. Mohon bantu sebarkan di jejarin sosial ya. Agar teman-teman kita tidak ada yang menjadi korban lagi. Pelakunya klo ga ditindak secara pidana ya bakal muncul terus dan berubah-ubah dari waktu ke waktu. Mungkin hari ini chevron, selanjutnya bisa aja perusahaan BUMN, atau perusahaan asing top lainnya.

  3. luar biasa mas informasi yang anda berikan
    untung saja saya membaca posting anda, kalo tidak mungkin saya sudah tertipu
    thx…..

  4. Ada lg yg sedang beredar sekarang Pak, domainnya @chevronindonesia.in dengan e-mail hrd@chevronindonesia.in ,, saya coba buka domain itu yang muncul adalah laman blog wordpress, mohon dikoreksi jika info saya keliru, terima kasih.

    1. Iya saya sudah ke tekape mas, website resmi chevron hanya di http://www.chevronindonesia.com/ dan Luar Negerinya di sini http://www.chevron.com
      chevron.co.id > berubah ke http://www.chevronindonesia.com. Selain itu bisa dikatakan palsu. Kecuali ada pengumuman di website resmi jika chevron menggunakan website dengan domain baru.

      Data dari whois penipu yang menggunakan chevronindonesia.in, semoga lekas bertaubat pelakunya.

      Address lookup
      canonical name chevronindonesia.in.
      aliases
      addresses 198.252.98.235
      Domain Whois record

      Queried whois.inregistry.in with “chevronindonesia.in”…

      Domain ID:D9254665-AFIN
      Domain Name:CHEVRONINDONESIA.IN
      Created On:01-Mar-2015 06:18:53 UTC
      Last Updated On:30-Apr-2015 19:20:27 UTC
      Expiration Date:01-Mar-2016 06:18:53 UTC
      Sponsoring Registrar:Webiq Domains Solutions Pvt. Ltd. (R131-AFIN)
      Status:CLIENT TRANSFER PROHIBITED
      Registrant ID:WIQ_42375994
      Registrant Name:Ridwan Efendi
      Registrant Organization:PT. Chevron Indonesia
      Registrant Street1:Sentral Senayan I Office Tower Jl.Asia Afrika No. 8, 12th Floor
      Registrant Street2:
      Registrant Street3:
      Registrant City:Jakarta Selatan
      Registrant State/Province:DKI Jakarta
      Registrant Postal Code:10270
      Registrant Country:ID
      Registrant Phone:+62.02193693334
      Registrant Phone Ext.:
      Registrant FAX:
      Registrant FAX Ext.:
      Registrant Email:acmadsetiawan619@yahoo.co.id
      Admin ID:WIQ_42375994
      Admin Name:Ridwan Efendi
      Admin Organization:PT. Chevron Indonesia
      Admin Street1:Sentral Senayan I Office Tower Jl.Asia Afrika No. 8, 12th Floor
      Admin Street2:
      Admin Street3:
      Admin City:Jakarta Selatan
      Admin State/Province:DKI Jakarta
      Admin Postal Code:10270
      Admin Country:ID
      Admin Phone:+62.02193693334
      Admin Phone Ext.:
      Admin FAX:
      Admin FAX Ext.:
      Admin Email:acmadsetiawan619@yahoo.co.id
      Tech ID:WIQ_42375994
      Tech Name:Ridwan Efendi
      Tech Organization:PT. Chevron Indonesia
      Tech Street1:Sentral Senayan I Office Tower Jl.Asia Afrika No. 8, 12th Floor
      Tech Street2:
      Tech Street3:
      Tech City:Jakarta Selatan
      Tech State/Province:DKI Jakarta
      Tech Postal Code:10270
      Tech Country:ID
      Tech Phone:+62.02193693334
      Tech Phone Ext.:
      Tech FAX:
      Tech FAX Ext.:
      Tech Email:acmadsetiawan619@yahoo.co.id
      Name Server:NS1.WEBHOSTMU.COM
      Name Server:NS2.WEBHOSTMU.COM
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      Name Server:
      DNSSEC:Unsigned

  5. gw hampir kena penipuan jg gan? mengatasnamakan RS Siloam, kronologis nya sama jd kita harus transfer uang ke travel untuk biaya akomodasi tes dan wawancara. Untung nemu kasus serupa di kaskus, jd alhamdulilah ane gak kena.
    klo kyk gitu lapor nya kmn ya? secara ane jg hampir jd korban,

    1. Untuk lapor, bisa ke kantor kepolisian gan. Biar di usut. Ane sendiri udah lapor juga ke pihak chevron via telepon. Tapi ya cuma gitu aja tanggapannya. Padahal klo ada divisi khusus semisal fraud prevention. Bermanfaat juga bagi mereka, guna menghindari pencemaran nama baik perusahaan yang bersangkutan.

  6. Saya juga dapat panggilan dr hrd@chevronindonesia.in
    Sempet percaya mau transfer, sudah minta izin dan uang ke orang tua..tapi sedikit meragukan karna di web resmi chevron tidak sedang menerima lowongan. Kemudian saya browsing. Dan merasa terbantu dengan web ini. Thx min.

  7. Siang gan
    Thx banget infonya
    2 hari lalu ane dpt info loker di chevron dan langsung ane kirim email
    Pas hari ini dapet email dan sms dari hrd@chevronindonesia.in 085281865111
    Isi smsnya dg kalimat yg disingkat2 gitu
    Dr situ ane mulai curiga mana ada perusahaan sebesar chevron melakukan undangan seleksi kerja lewat sms udah gitu kalimatnya disingkat2
    Ane coba cek ke pihak chevronnya via tlp
    Dan bnr aja pihak chevron menyangkal adanya recruitment itu dan ane search ke omgugel pas baca postingan ente, ane jadinya makin yakin kalo itu penipuan
    Thx gan infonya
    Buat yg dapet info loker harus bener2 cari tau deh biar ga kena penipuan

    1. Mohon bantu sebarkan berita ini ya gan. Padahal jika chevron mau usut tuntas mudah saja mendapatkan pelakunya. Tinggal kontak penyedia domain dan layanan hosting. Minta data klien yang bersangkutan, atau lacak dari nomor provider indosat. Pelaku bisa saja ditangkap. Tapi apalah daya, ane udah lapor tapi tanggapannya hanya sebatas itu saja. (ane ga tau laporan ane ini bakal dilanjutkan apa ngga.) hehe

  8. temen saya sudah ketipu 13jt pas tgl 16 juni 2015 ,mirip yg di ceritakan gan di atas
    temen saya tidak berpikir panjang, cuma berpikir berangkat lolos tidak lolos uang bakal di ganti.
    dapet email ini hrd@chevronindonesia.in
    semoga jadi pelajaran bagi rekan rekan untuk lebih hati hati lagi
    biar tidak ada korban selanjutnya

  9. Anaku kemarin sdh ke tipu 4 jt untuk biaya tiket dan booking tiket. Ya….sekarang uang sdh di transper dan hilang lah……bener2 : “hrd@chevronindonesia.in ” ini penipu apalagi anaku di daerah. Dia alumni Tri Sakti.

  10. Saya juga hampir kena kasus serupa. Untungnya saya langsung konfirmasi ke HRD Chevron dan mereka langsung mengklarifikasi kalau informasi mengenai lowongan dan mekanisme penerimaan karyawan hanya diinfokan melalui http://www.chevronindonesia.com/careers/

    Nice info. Makasih yaaa… Semoga gak ada korban yang lain.

  11. persis dengan yang saya alami sore ini. pengirimnya chevronindonesia.in. saya curiga, kemudian saya browhsing di internet, ternyata ada teman yang juga mengalaminya. terima kasih atas sharingnya

    1. Semoga tidak jatuh banyak lagi korban, mohon bantuannya ya bu untuk share artikel ini diberbagi sosmed yang ibu punya. Agar banyak orang mengetahuinya. Terima kasih banyak 🙂

      1. Saya jg barusan dpt sms dan email dari chevron, karena saya merasa tdk pernah melamar ke chevron saya cb searching dan membaca artikel ini..alhamdulillah saya diberi petunjuk, bahwa rekrutmen tsb trnyata penipuan. Saya jg merasa janggal dgn penyediaan travel dan harus transfer, mana ada yg sprti itu hadehh.. 085320450222 nomer itu yg sms saya, dia bilang harus konfirm sblm jam 5 sore ini. Bersyukur masih terhindar dari penipuan, berkah bulan Ramadhan 🙂

  12. Salam gan Robi..Sama seperti yg rekan” alami..emang sy sebelumnya ngisi aplikasi lowongan di PT. Chevron di jobomas sekitar 2 hari sebelum dapat sms panggilan. Sms dan Email dikirm tgl 4 September 2015. namun yg sy heran begitu sy cek format panggilannya dlm bentuk word dan email masuknya di spam..bahwa seleksi akan dilakukan tggl 7 september ini. untuk info yang mungkin bisa di share utk yg lainnya (no. sms pengirim : 0822-4078-3331 a/n Rahmad Darmawan dan almt emailnya : hrd.pt.chevron@worker.com..tolong pencerahan gan..lagi galau…tq gan

  13. Siang, saya juga hampir kena dunk. Saya juga dapat panggilan untuk tahap berikutnya tgl 09 september 2015 setelah saya mengirim email ke cpi.recruitmen@gmail.com. kemudian saya disuruh transfer utuk akomodasi transportnya. Tetapi saya ragu karena biaya akomodasinya bisa di negosiasi. terima kasih infonya, saya jadi tahu.

  14. Saya juga hampir kena tipu
    Per hari ini dappet email dari pt chevron
    Tadi nya saya percaya
    Tapi saya kepikiran untuk tanya sodara yg kerja di dirjen pajak
    Dri nada sodara saya seperti nya agak meragukan
    Akhir nya saya penasaran
    Saya bertanya ke mbah google
    Dah saya pun mendapat jawaban yg memuaskan

    Alhamdulillah allah masih melindungi saya dari penipuan itu

  15. Saya malah udah transfer 4 jta ke rekening yg bersangkutan. Perusahaan yg sama dan tanda tangan hrd yg sama namun nama berbeda. Semoga tdk terulang lgi kejadian seperti sya..

  16. saya baru”dapat email dari PT.CHEVRON INDONESIA,cuman berhubungan byk penipuan,saya hanya ingin minta bantuan tentang kebenarannya masalah email tersebut recruitmen chevron ..
    krna sekitarseminggu yg lalu saya mendaftar di PT.CHEVRON INDONESIA.

  17. Iya mas, saya juga baru saja kena hampir tiga juta rupiah lantas dimintai lagi untuk transfer sejumlah 2.250.000 rupiah. Kesalahan saya adalah tidak kroscek langsung ke web Chevron (padahal sebelumnya saya selalu mengecek website resmi perusahaan). Beruntungnya saya langsung bertindak cepat dengan lapor polisi dan memblokir rekening pelaku. Masalahnya tidak ada jaminan uang saya akan kembali 🙁 🙁 🙁

  18. Halo,
    Saya Bishop T.D Jakes, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (bishopjakesloancompany@gmail.com)

  19. Halo, aku Mrs. shakirat usani Lender Pinjaman pribadi. Kami menyediakan pinjaman kepada perusahaan pada tingkat yang rendah dari 2%. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang, atau Anda membutuhkan pinjaman bisnis untuk Meningkatkan busniess Anda, membayar tagihan dan meningkatkan fertilitas Perusahaan Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? kami menyediakan layanan yang baik untuk individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita dan Kami tidak buru-buru pelanggan kami untuk membayar pinjaman mereka, melainkan Beri mereka lebih banyak waktu untuk membayar pinjaman mereka di mana mereka telah dikumpulkan dan kami siap untuk membantu orang-orang yang bersedia untuk menulis ke perusahaan kami dan kami keluar untuk membantu banyak orang yang membutuhkan dan Namun, Peluang Keuangan adalah pintu Anda langkah, sehingga hubungi kami hari ini via email di: shakiratusaniloancompany@gmail.com

  20. Halo, aku Mrs. shakirat usani Lender Pinjaman pribadi. Kami menyediakan pinjaman kepada perusahaan pada tingkat yang rendah dari 2%. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang, atau Anda membutuhkan pinjaman bisnis untuk Meningkatkan busniess Anda, membayar tagihan dan meningkatkan fertilitas Perusahaan Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? kami menyediakan layanan yang baik untuk individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita dan Kami tidak buru-buru pelanggan kami untuk membayar pinjaman mereka, melainkan Beri mereka lebih banyak waktu untuk membayar pinjaman mereka di mana mereka telah dikumpulkan dan kami siap untuk membantu orang-orang yang bersedia untuk menulis ke perusahaan kami dan kami keluar untuk membantu banyak orang yang membutuhkan dan Namun, Peluang Keuangan adalah pintu Anda langkah, sehingga hubungi kami hari ini via email di: shakiratusaniloancompany@gmail.com

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals