Perbedaan Anime Dan Manga Yang Perlu Di Ketahui

anakui.com – Perbedaan Anime Dan Manga , Di Japan Craft, kita sering ditanya apa bedanya manga dan anime. Keduanya sama pentingnya bagi budaya dan hiburan Jepang, tetapi keduanya bukanlah hal yang sama. Sederhananya, manga adalah sebutan untuk buku komik dan novel grafis Jepang, sedangkan anime adalah sebutan untuk animasi Jepang.

Keduanya cenderung dianggap sebagai genre di Barat, tetapi sebenarnya merupakan deskripsi tentang bagaimana konten diproduksi. Mereka berbagi banyak kesamaan dan kedua karya dikatakan telah dibuat oleh Osamu Tezuka, juga disebut sebagai ‘Godfather of Manga’ dan ‘Walt Disney di Jepang’.

Untuk memutuskan mana yang lebih baik, Anda harus terlebih dahulu benar-benar memahami manga dan anime.

Berikut Perbedaan Anime Dan Manga

perbedaan anime dan manga

Apa Itu Manga ?

manga adalah buku manga , bukan anime. Tidak seperti anime, manga sering diterbitkan dalam warna hitam putih. mengapa? Ini karena mereka biasanya diterbitkan setiap minggu dan pencetakan berwarna akan memakan waktu dan biaya.

Komik umumnya cukup murah untuk diterbitkan dan hanya membutuhkan beberapa seniman untuk diproduksi. Dalam praktiknya, kartunis biasanya adalah penulis, ilustrator, dan peran lain dalam proses penerbitan.

 

Apa Itu Anime ?

Di Jepang, istilah anime digunakan untuk merujuk pada anime apa pun seperti halnya manga dalam bahasa Inggris. Hanya di tempat lain anime menjadi istilah yang dikaitkan secara eksklusif dengan animasi Jepang.

Ada beberapa perdebatan tentang apakah istilah anime dapat diberikan kepada animasi non-Jepang. Secara teknis mungkin, tapi setidaknya dalam bahasa Inggris, anime sudah identik dengan Jepang.

Perbedaan Anime Dan Manga , Anime memiliki karakter visual yang berbeda untuk karakternya dan menggunakan gaya yang sengaja dibatasi untuk menggambarkan gerakan.

Sementara sebagian besar anime di Barat adalah kartun yang digunakan untuk menceritakan kisah anak-anak, anime seringkali menyertakan alur cerita yang rumit dan karakter bertema dewasa.

Perbedaan Anime Dan Manga , Manga dianggap oleh sebagian orang lebih orisinal secara artistik daripada animasi, dan buku hampir sama bagusnya dengan film. Hal ini karena kebanyakan mangaka hanya menulis konten asli dan seringkali dimulai sebagai penerbitan mandiri.

Faktanya, karya yang diterbitkan sendiri, atau fanzine, sangat populer. Tidak seperti manga, banyak anime yang didasarkan pada cerita yang sudah ada.

Karena mengadaptasi karya yang sudah ada lebih murah daripada membuat alur cerita yang sepenuhnya orisinal. Adaptasi juga dianggap sebagai investasi yang lebih aman. Tugas asli sudah memiliki:

Perbedaan Anime Dan Manga , Manga adalah cara yang jauh lebih cepat untuk menerbitkan karya Anda daripada animasi. Anda dapat menulis, menggambar, dan menorehkan volume komik dalam seminggu.

Di sisi lain, serial animasi biasanya membutuhkan persiapan dan kerja berbulan-bulan untuk memproduksi setiap episodenya.

Contoh Manga

1. One-Punch Man

One-Punch Man adalah salah satu manga paling populer di kalangan penggemar internasional.

Manga bertema superhero komedi ini menampilkan Saitama, sang protagonis yang tidak pernah terlihat keren.

Di sisi lain, dia adalah yang terkuat dari semua karakter di manga ini dan memiliki kekuatan serba guna untuk mengalahkan musuh mana pun (sekuat apa pun) dengan satu pukulan.

Contoh Anime

1. Historical – Rose of Versailles

The Rose of Versailles tidak dianggap sebagai anime sejarah terlepas dari berapa umur seri ini (debutnya pada tahun 1979)

tetapi karena keseluruhan plot berputar di sekitar Revolusi Prancis dan merupakan putaran yang menarik pada kisah ikonik Marie Antoinette.

Bertempat di Istana Versailles, ceritanya mengikuti seorang wanita bangsawan Paris yang tumbuh sebagai anak laki-laki bernama Oscar Francois de Jarjeyes karena ayahnya sangat membutuhkan ahli waris laki-laki.

Mana yang lebih baik, manga atau anime?

Perbedaan Anime Dan Manga , tidak tahu Tergantung orangnya dan ceritanya. Keduanya bisa sangat erat kaitannya, karena banyak manga telah dianimasikan, termasuk Black Butler, Attack on Titan, dan Dragon Ball, yang menelurkan serial animasi Dragon Ball Z.

Tidak ada genre, tetapi novel grafis dan anime Jepang sangat unik. Beberapa penggemar akan menyukai manga, beberapa penggemar akan menyukai anime.

Banyak orang akan menyukai keduanya. Satu hal yang pasti, manga dan anime sangat populer di kalangan penonton di Jepang dan di seluruh dunia.

Akhir Kata .

Artikel diatas membahas tentang Perbedaan Anime Dan Manga , semoga membantu , terimakasih

Leave a Comment