Ada apaan sih rame-rame? Pada mau kemana?

Mungkin mereka mau jadi supporter, mendukung fakultas tercinta bertanding dalam kancah Olimpiade UI. Yap, masa-masa ketegangan antarfakultas telah kembali, OLIM UI telah datang kembali. Seru, ye? Iyalah, itu event se-UI loh, pertarungan antarfakultas dalam hal olahraga. Siapa yang paling kompak, siapa yang paling berbakat, siapa yang paling banyak pendukungnya.

Oh iya, supporter itu selalu penting. Gak seru kalo gak ada suporter. Tarkam aja ada supporternya, makanya Tarkam sering berakhir ricuh. Nah, sebelum kamu turun langsung jadi salah satu tifosi yang membela fakultas kamu, perhatikan hal-hal berikut ini.

BACA JUGAAlasan Kenapa Maba UI Harus Ikut Event-Event di Kampus

 

advertisement

 

Self-accomodating

Self-accomodating via olimpiadeui

Self-accomodating via olimpiadeui

Kamu supporter, kan? Kamu gak dapet minum. Enak aja, emangnya kamu atlet? Kalo atlet ya minumnya disediain, ada tim medis juga buat mereka kalo kenapa-kenapa. Nah, kamu sebagai supporter ya harus mengakomodasi diri sendiri nih dalam hal ini. Apalagi kalau kamu bertamu ke fakultas lain. Pastikan kamu bawa duit karena kamu gak bisa seenaknya ngutang terus baru balik lagi taun depan pas OLIM UI selanjutnya. Itu jahat namanya, bukan ngutang.

Pastikan kamu punya minum, dan pastikan juga kamu punya paket internet just in case kamu bosen nunggu pertandingan yang ternyata ngaret. Eits, jangan bawa makanan. Itu beginner’s mistake. Itu makanan bakal abis bukan sama lu. Pasti ada yang minta. Jadi supporter itu harus punya rasa solidaritas, termasuk kedalamnya berbagi makanan.

 

Versus

Jangan sampai salah duduk via deporbemvokasiui

Jangan sampai salah duduk via deporbemvokasiui

Kedua, kamu harus tau ini lawannya siapa, pake baju yang mana, suporternya duduk di sebelah mana. Kalau kamu gak tau lawannya siapa, kehadiran kamu dipertanyakan, sebenernya ini orang mau dukung apa emang nyasar aja ke sini gegara gak punya temen? Terus baju yang mana, supaya kamu gak teriak kesenengan saat seseorang ngegolin, ternyata fakultas kamu kebobolan. Kan lucu.

Dan jangan pernah nyasar ke bangku suporter lawan. Kamu akan pergi dan tak kembali nantinya. Entah digebukin, atau kamu cewek cantik dan diajak kenalan ama anak fakultas sebelah.

advertisement

 

Kamu Dukung Apa Sih?

Jangan asal teriak, tau dulu istilah-istilah dalam olahraga via olimpiadeui

Jangan asal teriak, tau dulu istilah-istilah dalam olahraga via olimpiadeui

Kamu harus ngerti olahraganya. Emang sih, sebenernya ini gak wajib, tapi ya penting banget untuk tau apa yang terjadi. Kan gak lucu kamu marah-marah karena lawannya offside padahal mereka lagi tanding voli? Atau kamu teriak smash padahal kamu lagi dukung anak basket. Atau kamu teriak nyemangatin padahal kamu lagi nonton pertandingan catur. Ayolah, Bung!

 

Tau Yel-yel

Tau yel-yel fakultas kamu, juga yel-yel lawan via olimpiadeui

Tau yel-yel fakultas kamu, juga yel-yel lawan via olimpiadeui

Yaa ini penting, biar euforia jadi tifosi fakultas itu berasa menjulur dari ujung kepala ampe ujung kaki. Yel-yel itu penting dan terkadang lucu, dan kamu bisa berasa kompak sama temen sefakultas cuma gara-gara yel-yel loh. Bonding dengan hanya tereak gak keruan. Nah, yel-yel yang harus kamu tau gak dari fakultas kamu, tapi yel-yel supporter lawan juga. Jangan sampe kamu dan temen-temen supporter malah bengong dengerin yel-yel mereka, “Hah? Mereka bilang apaan dah?”

 

Tau Kapan Harus Pergi

Tau Kapan Harus Pergi via freddysetiawan

Tau Kapan Harus Pergi via freddysetiawan

Ini untuk kamu yang gak biasa nonton pertandingan. Ada beberapa waktu tertentu yang memungkinkan kamu untuk pergi dan selain itu kamu gak boleh pergi dulu. Ada tiga waktu tertentu yang tepat bagi kamu untuk pergi kalau emang mendesak. Pertama, ketika udah pasti kalah. Ya, ketika fakultas kamu udah pasti kalah, dan kamu bukan supporter yang maniak banget, boleh kok pergi. Paling dikatain pengkhianat kalo ada yang liat. Kedua, kalo udah pasti menang. Ya, buat apaan lagi nonton? Buat apa nyemangatin? Kan udah menang… #jumawa.

Ketiga, adalah ketika kamu udah mencium bau-bau konflik yang akan segera merebak memenuhi tempat. Kamu lebih baik segera menyelamatkan diri dalam hal ini, tapi jangan khawatir, kalo OLIM UI, harusnya supporternya gak rusuh, kan semua Anak UI, masa iya anarkis satu sama lain. Katanya terpelajar.

 

Nah, gimana? Udah siap nonton kan? Eittss, share dulu tulisan ini via Facebook, Twitter, dan Line supaya yang lain juga bisa siap-siap sebelum jadi supporter.