Permohonan Maaf Atas Down-nya anakUI.com


0
Error
ilustrasi (cc/flickr/Nick J Webb)

Dear teman-teman semua,

Kami di anakUI.com benar-benar minta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Sejak Jum’at, 7 Januari 2011 hingga barusan, anakUI.com kita ini nggak bisa diakses.

Kronologis

Hari Jum’at, 7 Januari 2011 sekitar pukul 13.00, website anakUI.com tiba-tiba tidak dapat diakses. Setelah dicek ke pengelola server, malamnya dikabari bahwa ada problem power di servernya.

Ada kabar buruk, bahwa data-data tidak dapat diselamatkan dari hardisk server, karena hardisk-nya error sehingga data-datanya corrupt. Sehingga bisa dibilang semua data di anakUI.com (postingan, komentar, data user yang sudah daftar, gambar-gambar, dsb) hilang.

Hilangnya data di anakUI.com

Ada dua jenis data yang ada di anakUI.com: database, dan file. Database menyimpan data-data yang berbentuk teks seperti postingan, komentar, dan data-data pendaftar di anakUI.com. File berisi gambar-gambar, disain, dan layout.

Karena data hilang, tentu saja harus dibalikin dari backup (cadangan) yang kita punya. Masalahnya, backup database yang kita miliki terakhir itu tertanggal 3 Januari 2011. Artinya, postingan-postingan, komentar-komentar, dan data pendaftar mulai tanggal 4 januari itu hilang musnah.

Backup terakhir untuk file yang berupa disain dan layout itu bertanggal 22 Desember 2010. Untungya tidak terlalu banyak perubahan yang ada di disain anakUI.com sejak tanggal itu hingga 3 Januari 2011.

Lebih parah, backup terakhir untuk data yang berupa gambar itu adalah bulan Agustus 2010,Β  sehingga kita kehilangan data-data gambar yang di-upload di anakUI.com sejak pertengahan tahun lalu.

Recovery data

Data database postingan sejak tanggal 4 Januari 2011 bisa diambil dari cache Google, jadi tidak ada yang hilang. Akan tetapi, data anggota yang terdaftar selama 4 hari (4 Januari – 7 Januari 2011) terpaksa hilang. Data komentar-komentar yang masuk di range tanggal itu juga hilang.

File-file gambar terpaksa di-upload ulang dari hardisk kami, namun belum semua gambar di-upload ulang. Jadi masih ada beberapa gambar terutama dari postingan bulan Oktober 2010 yang masih hilang.

Tindak lanjut

Untuk mencegah terjadinya kehilangan data seperti ini, kami akan melakukan backup lebih sering lagi. Selain itu, kami sedang mempertimbangkan untuk menyewa jasa backup berbayar dari pihak ketiga yang reliabel seperti dari VaultPress.

Data yang masih bisa di-recover adalah data komentar. Setiap ada komentar yang masuk di tulisan kalian, kalian akan mendapatkan email notifikasi. Kami mohon bantuannya kepada penulis tulisan-tulisan berikut ini untuk memforward email notifikasi komentar tersebut ke admin [at] anakui.com. Kami akan mengentri manual komentar-komentar yang masuk tersebut.

  1. Surat dari Direktur Kemahasiswaan UI Perihal Sengketa PEMIRA IKM UI 2010
  2. Demi Selembar KTP, Idealismeku Tergadai
  3. Jurusan Ilmu Perpustakaan, Pemenang Festival Budaya FIB UI 2010 (dan Liputan Fesbud 2010)
  4. Ayo, anakUI Menuju Imagine Cup 2011 di USA!
  5. Ketetapan DPM UI: Hakim Konstitusi MM UI 2010/2011 Diberhentikan Tidak Hormat
  6. Dahsyatnya Kecepatan Download Koneksi Hotspot UI!
  7. Sebuah Rahasia Umum: Kita Tertipu Kapitalisme!
  8. Mendongkrak Semangat dan Kualitas Belajar: Part 2
  9. RAHASIA! Trik Gaji Minimal 20 Juta Freshgraduate…

Sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

7 Comments

Leave a Reply

  1. Sebenernya pake cron job cPanel plus sedikit script backup bisa kok bang Ilman buat backup otomatis. Bisa ditentuin periode backupnya.

    Tapi make vaultpress oke juga. Banyak jalan menuju Roma. Hehe…

    1. kita ga pake cPanel soalnya πŸ˜€

      ada backup otomatisnya sih, tapi yang aman kan dikirim ke remote FTP server, bukan di server sendiri. remote FTP server itu juga butuh biaya..

      lagi nunggu antrean buat dapetin VaultPress nih, masih beta, jadi jatah dari mereka sehari cuma 60 doang yg bisa daftar..

      1. Hoo… I see. Linux shell ya?
        Saya biasanya backup otomatis (mysql dan file direktori) langsung send ke email, gak ke server. Pakenya email Yahoo yg unlimited storage… πŸ˜†

        Lumayanlah, pengeluaran bisa ditekan πŸ˜›

      2. Lihat dari PTR anakui.com memang tidak memakai *** di cek port ga welcome hehe… πŸ˜› Anakui.com menggunakan *** dengan akses ****.

        Dilihat dari segi fitur punya 1 dedicated ip dan menurut data host dari neohost, server menggunakan vps bukan share host apa lagi dedicated server.

        Menurut saya, ditaruh di server sendiri tidak jadi masalah tinggal dibantu saja dengan .htaccess.

        Maaf mas mimin klo saya sok tau, cuma seorang maba yang berasal dari pariwisata 2010 dan bukan anak fasilkom cuma ingin berbagi :'(

        1. maaf ya komentarnya ada yg disensor, kalo lgsg ketahuan pakenya apa, nanti bisa dibrute force, kalo ga tahu pake apa, setidaknya kan penjahat cyber harus nyari2 dulu hehe.. πŸ˜€

          backup ga boleh ditaro di server sendiri, kalo servernya crash dan datanya hilang, data backupnya juga hilang dong (yg kemarin kejadian tuh kaya gini) πŸ˜‰

          anyway hebat euy, bukan anak Fasilkom bisa tahu hal2 teknis kaya gini.. saluut! πŸ™‚

        2. Setau saya jika masalah seperti itu pihak hosting seharusnya menyediakan dual bakup. Modelnya kaya singkron dari server satu ke server satu lagi. Tapi jika ga ada fitur seperti itu ya saya bingung. hehe πŸ™‚

          Catatan ya saya dapatkan dari pihak hosting : “Anda bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan VPS beserta backup data VPS Anda karena secara default kami tidak membantu pengelolaan ataupun backup data VPS Anda”

          Weleh tetep semangat aja mas mimin πŸ˜‰ Sisi server jika memakai 1Gb ditembak tetep down tapi kalau promblem kaya ke hardwarenya haduh ga bisa apa2 juga.

          Sejauh ini aman kok anakui.com hanya ada plugin yg ‘dipaksakan’ mungkin bisa jadi bug nantinya, ga kompetibel dengan wp yg dipakai soalnya.