Permohonan Maaf atas Hilangnya Data anakUI.com Selama Bulan Mei 2010


0

Teman-teman semua, pada hari Jum’at minggu lalu, anakUI.com mengumumkan (di Facebook dan Twitter) bahwa kami sedang melakukan otak-atik teknis server untuk memindahkan data antar server. Hal ini perlu dilakukan supaya performa anakUI.com lebih bagus lagi ke depannya.

Server sudah pindah, dengan performa yang jauh lebih baik lagi. Tapi, ternyata kami melakukan kesalahan saat proses migrasi server. Kesalahan yang bikin anakUI.com selama beberapa hari terakhir ini tidak dapat diakses. Lebih fatal lagi, kesalahan ini membuat semua data di anakUI.com selama bulan Mei 2010 hilang!

Iya, semua postingan, berita, informasi kegiatan, dsb, selama bulan ini, juga semua data anggota anakUI.com yang mendaftar selama bulan Mei 2010, hilang semua.

Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas kejadian ini, juga untuk semua kerugian yang mungkin terjadi akibat kehilangan data ini. Ini terjadi karena kecerobohan kami, dan benar-benar di luar perkiraan kami.

Kronologis Kejadian

Jadi gini ceritanya (long story made short). Hari Jum’at 21 Februari lalu anakUI.com mau pindahan server (lagi), supaya bikin anakUI.com lebih mantep performanya. Nah, tapi proses migrasi itu terlalu buru2. Saat membackup data yang lama, kami nggak mengecek dulu, langsung dimasukin ke server yang baru.

Selain itu, secara terburu-buru pula, server yang lama langsung dinonaktifkan (data yang lama menjadi langsung hilang). Tujuan dinonaktifkan ini tadinya supaya proses migrasi lebih cepat.

Salahnya kami adalah karena buru-buru itu. Buru-buru, karena pada hari Jum’at siang kemarin, tim yang melakukan migrasi anakUI.com dikejar jadwal untuk berangkat ke luar kota, sehingga tidak sempat melakukan pengecekan menyeluruh seperti yang biasa dilakukan.

Setelah server barunya siap diakses pada Jum’at malam, kami pun membuka anakUI.com untuk mengecek hasil migrasi. Ternyata yang ada di sana, tulisan terbarunya hanya di November 2009. Artinya data 6 bulan dari November-Mei 2010 hilang!

Saat mengecek data yang saya backup tadi sebelum pindahan, ternyata memang datanya pun cuma sampai November 2009. Artinya proses migrasi nggak sempurna. Karena saya ga cek dulu sebelum server dinonaktifkan, data anakUI.com terbaru tidak bisa diambil lagi.

Selama hari Sabtu-Rabu ini kami mencoba menyelamatkan data, mencari data anakUI.com sebaru mungkin. Itulah mengapa selama beberapa hari terakhir ini anakUI.com tidak dapat diakses terlebih dahulu.

Akan tetapi, data terakhir yang masih bisa diselamatkan adalah data backup otomatis bulanan pada awal Mei 2010. Data tersebutlah yang digunakan, sehingga dengan berat hati, data selama Mei 2010 hilang tak berbekas.

Bener-bener kesalahan kami di anakUI.com yang tidak siap atas kondisi seperti ini, dan tidak siap backup juga. Biasanya ada backup otomatis, tapi entah mengapa backup itu nggak jalan, jadi data terbarunya nggak bisa diambil.

Epilog

Ini bener-bener jadi pengalaman berharga untuk kami ke depannya agar lebih berhati-hati, mempersiapkan backup setiap hari, dan mempersiapkan anakUI.com dari semua kemungkinan terburuk.

Mudah-mudahan teman-teman anakUI semua bisa memaafkan kesalahan kami ini.

Salam,

Admin anakUI.com

NB: akan ada sedikit kejutan dalam beberapa hari ini. Teman-teman semua harus berpartisipasi, karena ini menentukan gimana anakUI.com ke depannya

Update 2 Juni 2010

Alhamdulillah, berkat bantuan Febi, alumni Fasilkom 2003 yang menyelamatkan data anakUI.com selama bulan Mei 2010 dari Google cache, data komentar dan tulisan di anakUI.com tidak hilang semuanya. Akan tetapi, data user yang mendaftar itu tetap hilang dan tidak bisa dikembalikan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

4 Comments

Leave a Reply

  1. Um…

    cuma pengen saran..

    mungkin untuk data2 postingan bisa dicari di google cache.

    Seharusnya semua postingan di blog sudah ada cache-nya.. ya .. berharap sih ada…

    moga bisa kembali datanya, minimal postnya.

  2. Sdkt msukan nih. Dulu klo gk slh di akhr taun anakui.com prnah minta pndapat ttg ‘fitur apa saja yg perlu dtambah’ dan saya ingat byk ide dr tman2, salah satunya sya ks ide fitur chat kyk shoutmix gt. Hmm… Mana nih follow up nya? Hehe

    utk kjadian yg skrg ini saya bs mmaklumi kok aplg kan anakui.com sifatnya free bukan premium jd yaaa saya sbg user dan visitor tdk bgtu drugikan hehe… Jaya trz anakui.com

  3. Wah,sangat disesalkan ya..Tapi apa boleh buat. Oh ya saran dari #1 bisa dipertimbangkan tuh..

  4. #1 havban
    makasih banyak buat masukan dan bantuannya!
    sekarang sedang dalam proses recovery..
    makasih banyak! 🙂

    #2 buL
    makasih banyak buat pengertiannya.. jadi terharu T_T 😀
    kalo yg masukan chatting itu, humm, masih dipertimbangkan ya 🙂

    #3 Wahyu Awaludin
    makasih banyak. sedang dalam proses pengembalian data 🙂