Pertama Kali, Universitas Indonesia Gelar Wisuda Daring

Situasi pandemi yang tak kunjung reda membuat Universitas Indonesia menyelenggarakan upacara wisuda tahun akademik 2019/2020 secara virtual. Bagaimana perayaan wisuda virtual yang pertama kali di UI ini? Yuk simak


0

Ada yang beda dengan perayaan wisuda tahun ini. Dikarenakan situasi pandemi yang tak kunjung reda, Jumat lalu (16/10/2020), Universitas Indonesia menyelenggarakan upacara wisuda tahun akademik 2019/2020 secara virtual. Wisuda virtual yang dibagi menjadi dua tahap yakni pada Jumat (16.10) dan Sabtu (17/10) diikuti oleh 2.717 lulusan program sarjana regular, 219 lulusan program sarjana kelas internasional, 826 lulusan program sarjana paralel, 127 lulusan program sarjana ekstensi, serta 896 lulusan Pendidikan Vokasi. Sebanyak 2.773 diantaranya merupakan lulusan dengan predikat cum laude.

Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro memberikan kata sambutan dalam perayaan wisuda tersebut. Dalam pidatonya, Prof. Ari mengatakan bahwa lulusan UI harus memiliki 10 kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.

10 keterampilan yang harus dimiliki lulusan Universitas Indonesia adalah: kemampuan melakukan sintesis permasalahan dan solusi dari masalah yang kompleks. Kedua, berpikir secara kritis. Ketiga, berpikir kreatif. Keempat, mengelola orang dan kelima adalah kemampuan koordinasi dengan orang lain. Selanjutnya, mahasiswa juga harus memiliki kecakapan emosional, kemampuan mengambil keputusan, berorientasi pada layanan, kemampuan bernegosiasi dan terakhir adalah kemampuan untuk beradaptasi berdasarkan proses kognitif dalam menghadapi hal baru dan lingkungan yang dinamis.

“Pada era disrupsi seperti saat ini, perguruan tinggi harus melakukan transformasi dan juga inovatif sehingga bisa menghasilkan outcome lulusan yang mampu beradaptasi, tangguh, berintegritas, dan juga kompeten. Selain itu, lulusan juga harus memiliki pandangan maju ke depan dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan domestik dan juga global,” ujar Prof. Ari pada upacara wisuda virtual Universitas Indonesia melalui streaming Youtube Universitas Indonesia, Jumat (16/10).

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Universitas Indonesia selaku salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia terus berkomitmen dalam melakukan berbagai inovasi dan program guna menjawab tantangan di masa depan. UI tetap melakukan pembelajaran secara penuh dengan mengadaptasi kurikulum metode pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler agar mahasiswa memiliki 10 keterampilan utama yang dibutuhkan di dunia kerja.

Prof. Ari melanjutkan, Universitas Indonesia selaku universitas terkemuka di Indonesia dan dunia akan terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang berkualitas unggul dan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah pendidikan tinggi global. Teknologi informasi dan komunikasi juga terus ditingkatkan pemanfaatannya untuk menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar.

BACA JUGA: 6 Tips Agar Cepat Dapat Kerja Meski Kamu Baru Lulus Kuliah

Berbagai inovasi dilakukan UI untuk memadukan kemajuan teknologi informasi dengan kurikulum yang lebih relevan bagi masyarakat, seperti mengadakan berbagai mata kuliah ‘kekinian’ yang membahas tentang digital, big data dan energi. Selain itu, UI juga mengintensifkan e-learning dalam proses pembelajaran sehingga keberadaan UI selaku sumber ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa saja, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Prof. Ari mengajak seluruh wisudawan, mahasiswa, dan sivitas akademika Universitas Indonesia untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan inovasi sebagai dharma bakti kepada negara, sehingga Indonesia mampu menjadi bangsa yang mandiri dan berdaya saing tinggi, baik di era pandemi saat ini maupun pada masa pasca pandemi kelak.

“Perjuangan kita masih panjang. Masih banyak hal yang harus kita tingkatkan agar UI menjadi perguruan tinggi unggulan di tingkat Asia yang mampu berkontribusi dalam memberikan solusi atas masalah dan tantangan nasional maupun global,” imbuhnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals