PRESS RELEASE CENS UI 2013


0

CENS UI 2013: GREAT AUDIENCE, GREAT SPEAKER, GREAT THEME, AND GREAT PEOPLE

            The 11th CENS UI (Civil Engineering National Seminar Universitas Indonesia) 2013 telah sukses diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil FTUI pada hari Selasa (12/11). Seminar yang mengangkat tema “Revitalization of Marine Transportation Infrastructure to Increase the Economic Growth of Indonesia” ini bertempat di Rafflesia Grand Ballroom, Balai Kartini, Jakarta.

Secara umum, acara seminar ini terbagi dalam 3 sesi dimana pada sesi pertama terdapat paparan mengenai perlunya revitalisasi pelabuhan di Indonesia untuk menciptakan kesetaraan moda transportasi laut antar daerah di Indonesia. Sedangkan  pada sesi kedua, para pembicara membahas mengenai peran sistem pelayaran dan pengangkutan barang yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Selanjutnya, pembahasan pada sesi terakhir adalah mengenai kesiapan Indonesia dalam memiliki sistem transportasi laut yang terintegrasi untuk menumbuhkan sektor perekonomian makro.

CENS UI pada tahun ini diisi oleh pembicara dari berbagai perusahaan dan instansi yang terkait dengan tema seminar yang diangkat. Pembicara yang hadir mewakili instansi-instansi berikut:  BAPPENAS RI (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia), Kementerian Perhubungan RI, KHI (Krakatau Hoongovens International) Pipe Industries, Pelindo II, Jurnal Maritim, INSA (Indonesian National Shipowners Association), MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia), dan INCAFO (Indonesia Cabotage Forum). Peserta dari seminar ini terdiri dari mahasiswa dan kalangan profesional serta akademisi dengan total peserta sebanyak 189 orang.

Selain mengadakan seminar, pada rangkaian acara CENS tahun ini juga diadakan kompetisi Call For Paper dengan tema “Optimalisasi Infrastruktur Transportasi untuk Menunjang Ekonomi Makro yang Efisien’. Kompetisi ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan pada akhirnya terpilih 3 tim dengan karya tulis terbaik. Pemenang dari kompetisi tersebut adalah tim Yudhistira dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya selaku juara pertama dengan karya tulis yang berjudul “ Dual Monorail System (Almost): Sistem Transportasi Baru dengan Konsep Penggunaan Kereta Monorel Ganda Guna”. Selanjutnya, Desa Team dari Politeknik Negeri Jakarta meraih juara kedua dengan karya tulis yang berjudul “Optimalisasi Infrastruktur Transportasi untuk Menunjang Ekonomi Makro” dan juara ketiga diraih oleh Viny Sonia dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan karya tulis yang berjudul “Kajian Sosial Ekonomika Barang untuk Mengoptimalkan Perekonomian di Provinsi Lampung, Sumatera Selatan”.

Great Audience, Great Speaker, Great Theme, and Great People. Saya sangat berharap semua yang hadir dan menyaksikan acara seminar ini dapat berkontribusi dalam membantu perkembangan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya pada bidang transportasi maritim yang sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi makro Indonesia.”, tutur Radityo Andjaringrat Adhi selaku Project Officer CENS UI 2013.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply