UI Model United Nations Club (UI MUN Club) telah menyelesaikan salah satu tugasnya sebagai UKM yang mewadahi ketertarikan mahasiswa UI di dalam MUN dengan terlaksananya Grand General Assembly. Tepat pada tanggal 19 Mei 2012, UI MUN Club mengadakan simulaisPBB selama satu hari di mana semua mahassiwa UI dapat berpartisipasi. Dengan mengusung tema “The Great Migration”, lebih dari 50 delegasi telah memperdebatkan apakah Bumi masih menjadi planet yang layak atau apakah komunitas internasional harus pindah ke Kepler 22B.

Setelah melalui perdebatan yang panas dan pemungutan suara atas dua resolusi, konferensi tersebut diakhiri dengan persetujuan bahwa Bumi harus ditinggalkan. Simulasi konferensi yang lebih bersifat “Just for Fun” ini memang menaruh setting pada tahun 2050. pada akhir simulasi, Tika Sartikia–delegasi Rusia–terpilih mendapatkan penghargaan honorable mention, sedangkan Sindhu Partomo–delegasi RRC–terpilih sebagai the most outstanding delegate.Penghargaan Best Delegate dan Best Position Paper┬ásendiri direbut oleh Goh Andika, Delegasi Palau.

Pada akhir simulasi, terdapat pula beberapa peserta yang terpilih untuk mengikuti seleski wawancara pemilihan Delegasi UI untuk Asia Pacific International MUN yang akan diadakan di Bangkok bulan September nanti. Peserta Grand GA juga mendapatkan pencerdasan tentang beberapa seleksi Delegasi UI untuk beberapa MUN, seperti IndonesiaMUN, OxfordMUN, dan WorldMUN.

Pada akhir acara, panitia pemilihan Delegasi UI untuk HNMUN 2013 juga mengungumkan 6 delegasi yang terpilih untuk mempersiapkan diri mereka bersaing dalam HNMUN 2013. Hanifah Ahmad, ketua panitia seleksi UI for HNMUN, mengatakan bahwa jika tahun 2012 UI mengirimkan 20 Delegasi untuk HNMUN, tahun 2013 UI hanya akan mengirimkan 9 delegasi (6 delegasi yang terseleksi dari lebih 100 pendaftar) dan 3 delegasi yang juga merupakan alumni HNMUN 2012.

6 delegasi tersebut adalah Tanita Hamid (FHUI 2011), Adlini Ilma Ghaisany (HIUI 2009), Roderick Sibaran (FEUI 2009), Rino Nugraha (FKUI), Nicko Arie (Sos 2009), dan Rizki Yuniarini (HIUI 2009). diharapkan dengan latihan intensif selama 9 bulan ini Universitas Indonesia akan mendapatkan penghargaan dalam ajang MUN yang paling tua dan paling bergengsi ini.



advertisement