Press Release Pekan Komunikasi 2014


0

PEKAN KOMUNIKASI 2014

“MEDIA FUTURE CULTURE”

 

Besarnya animo peserta yang kian meningkat dari tahun ke tahun membuat Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI bertekad untuk terus melanjutkan event Komunikasi terbesar di Indonesia ini. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007, Pekan Komunikasi telah menjadi magnet bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi di seluruh penjuru Indonesia. Kurang lebih 100 universitas tidak pernah absen mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dalam Pekan Komunikasi UI.

Berkaca dari kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, Pekan Komunikasi hadir kembali dengan mengusung warna berbeda. Melalui tema “Media Future Culture” Pekan Komunikasi 2014 mengajak generasi muda untuk tidak terbuai oleh kemajuan digital yang semakin nyata. Tak hanya menyuguhkan tema segar, di tahun ke-8 ini Pekan Komunikasi juga menawarkan berbagai rangkaian kegiatan menarik.

Adverstising War atau lebih dikenal dengan sebutan AdWar merupakan salah satu mata acara yang mewakili peminatan periklanan (advertising). Melalui tema “Everywhere is The Media: Find The Hidden Treasure” AdWar ingin mengajak generasi muda untuk mengeksplorasi media baru secara lebih mendalam. Adapun rangkaian kegiatannya terdiri dari lomba “Look Around!”, seminar “The Power of Storytelling in Digital World”, “Garbage In Garbage Out (GIGO)”, “The Common Obstacle Advertising Must Face on The Road to Its Objective”, dan juga workshop “Storytelling Class”, “Crafting Class”, serta yang terakhir “Strategy Class”. Tak hanya menyajikan tema menarik, rangkaian kegiatan tersebut diisi pula oleh para pakar yang pasti dapat menambah wawasan peserta AdWar mengenai dunia periklanan.

PR Vaganza merupakan mata acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para penyuka dunia kuhamasan. Tahun ini melalui temanya “Digital Nation”  PR Vaganza berusaha menggali lebih dalam pelaksanaan fungsi sosialisasi hubungan masyarakat dalam institusi pemerintah melalui teknologi digital. Rangkaian kegiatannya terdiri dari, lomba “Go Nation (Government and Netizen Campaign Competition)!”, seminar “Let The Top Talks: Unravel Their Latest Plan”, “Eyes and Ears in One Click: Type Your Thought and Make People Accord”, “Flick with A Click: Reveal The Super Power in The Tip of Your Finger”, workshop “How to Utilize Social Media to Maximize Your Public Relations Campaign?”, serta company visit ke perusahaan terkemuka, Telkomsel. Namun disamping kegiatan-kegiatan tersebut PR Vaganza memberikan kejutan bagi para peserta dengan adanya The Recruit Roadshow oleh Maverick Indonesia dan kedatangan Bapak Julian Aldrin Pasha sebagai pembicara di salah satu seminar yang diadakan.

Selanjutnya ada Media Matters yang tahun ini membawakan tema “DNA (Digital Native Analysis) of Indonesia”. Melalui tema tersebut Media Matters ingin mengajak para mahasiswa untuk dapat bersikap kritis terhadap fenomena media digital dewasa ini. Bagaimana caranya? Kali ini Media Matters membawakan tiga rangkaian kegiatan, yaitu Pop Research Compettition dengan tema “Pemanfaatan Dunia Digital dalam Konteks Infrastruktur dan Demografi Indonesia”, seminar “Media Baru: Pedang Bermata Dua Bagi Demokrasi?”, serta tak ketinggalan company visit ke perusahaan riset dan penelitian media terbesar, Nielsen. Melalui Media Matters generasi muda dapat menyuarakan gagasan dan aksinya dengan cara mengkritisi, namun memiliki arti.

 

 

Kemudian bagi para jurnalis-jurnalis muda, Journalight merupakan acara yang tidak boleh dilewatkan. Dengan mengusung tema “The Journey of Solo Journalist”, Journalight berusaha mengajak para peserta untuk mencari angle yang unik dalam pengemasan berita dengan penggunaan multimedia yang maksimal. Adapun rangkaian kegiatannya adalah, lomba travel blog dengan tema “Digitalize the Equator”, seminar “Travel Journalism: Tell Your Stories with Multimedia”, workshop “Learning by Traveling: Discover Indonesia”, serta company visit ke perusahaan media terkemuka di Indonesia, Kompas TV dan cetak. Journalight menghadirkan beberapa pembicara yang tidak asing lagi di telinga kita, salah satunya Trinity seorang travel blogger yang kerap menjadi inspirasi bagi travel blogger lainnya.

Lalu mata acara Create and Broadcast atau lebih dikenal dengan CreaBo, kali ini mengambil tema “Capability of Creator”. Rangkaian kegiatannya terdiri dari festival film “Bring Your Own Industrial Movie”, lomba desiain program tv, lomba InstaVideo, serta seminar-seminar berkualitas, yaitu seminar “Produksi Tayangan Televisi Saat Ini & Yang Akan Datang”, “Konvergensi & Penyiaran Digital”, dan “Hari Ini: Itu Lagi, Itu Lagi. Betulkah?”. Keseluruhan rangkaian kegiatan ini dijamin akan menambah wawasan peserta mengenai dunia perfilman dan broadcasting. Jujur Prananto yang kita kenal sebagai penulis naskah film paling fenomenal tahun 2000-an, “Ada Apa dengan Cinta?”, pun akan turut mengisi salah satu seminar CreaBo yang pasti akan sangat menarik.

Terakhir dan paling ditunggu-tungga adalah Commweekend, yaitu malam puncak apresiasi kepada para peserta, khususnya pemenang Pekan Komunikasi 2014. Tahun ini Commweekend mengajak para peserta untuk bernostalgia ke era tahun 40-an melalui tema “Back to 40s”. Di akhir rangkaian acara Pekan Komunikasi 2014, peserta akan diajak merayakan kemenangan bersama dengan melakukan tarian swing. Selain itu akan ada penampilan stand-up comedy dari comic terkemuka Indonesia Ge Pamungkas, serta penampilan-penampilan musik lainnya yang tak kalah heboh.

Seluruh rangkaian acara Pekan Komunikasi 2014 tersebut akan berlangsung dari tanggal 21-25 April 2014 bertempat di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok. Masing-masing kegiatan akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah tersedia. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi Ajeng Putriandini di nomor telepon 0812-1366-6153.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply