Press Release SALAM UI & Lembaga Dakwah Kampus se-UI: Aksi Sambut Obama “Special Message for Obama”


0

Depok, 10 November 2010

Aksi Lembaga Dakwah Kampus Nasional SALAM UI dan Lembaga Dakwah Fakultas se-UI hari ini merupakan aksi damai dengan tujuan untuk mengutarakan aspirasi mengenai realisasi janji-janji yang pernah dinyatakan Obama pada saat berpidato di Kairo, Mesir pada tahun 2009. Obama merupakan presiden dari ras lain pertama di AS dan pernah mendapatkan hadiah nobel perdamaian mengutarakan janji-janji komitmen untuk lebih menciptakan kedamaian di dunia.

Aksi SALAM UI pada kesempatan kali ini adalah menagih realisasi dari janji tersebut. Poin-poin utama yang ingin kami tuntut untuk perealisasian tersebut adalah :

1. Realisasi penolakan/pemberhentian pembangunan pemukiman Yahudi di Palestina.

Obama pernah mengatakan bahwa pemerintah Amerika menolak pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat. Namun sampai detik ini, sampai aksi ini berlangsung tidak ada realisasi yang konkrit atas pernyataan yang dikeluarkan. Ini bukan hanya masalah agama, namun juga masalah soaial humanis dan juga neo colonialism dimana satu bangsa (Palestina) terusir dari tanahnya sendiri oleh bangsa Yahudi (Israel).

2. Realisasi penarikan pasukan AS dari Afganistan dan Irak.

Menuntut realisasi pernyataan Obama sebelum menjadi presiden AS untuk menarik secara bertahap pasukan AS dari Afganistan dan Irak. Pada kenyataannya sekarang meskipun sudah bertahap, namun sejak pelantikan Obama tahun 2009 awal sampai sekarang (masa 2 tahun) tidak ada perubahan jumlah pasukan AS yang signifikan. Ini bukan hanya menimbulkan masalah bagi penduduk setempat, namun bagi tentara AS yang dengan jumlah yang sangat besar mengalami gangguan psikologis (stress berat, gangguan jiwa, dll).

3. Pemerintah Indonesia harus memiliki kedaulatan yang kuat agar tidak diintervensi dalam masalah ekonomi dan pertahanan.

Pemerintah Indonesia harus menjadi pemerintah yang tidak terintervensi dalam masalah ekonomi dan pertahanan. Karena kita bukan negara boneka negara lain. Kita ingin menjadi bangsa yang mandiri tanpa ada dependensi dengan negara lain manapun.

4. Pembuktian komitmen Obama untuk menjalin hubungan baik dengan dunia Islam.

Obama sebagai pemimpin negara adidaya sampai sekarang masih saja belum melakukan perilaku yang menandakan keinginan untuk memperbaiki hubungan dengan dunia Islam. Janji-janji yang telah diutarakannya yang masih saja belum terealisasi malah makin menambah citra bahwa Obama masih belum ada komitmen untuk memperbaiki hubungan itu. Alih-alih, kepercayaan umat Muslim kepada Obama pun akan luntur bahkan mungkin akan hilang seluruhnya.

CP : Alvin (087882206862); Agung (085715300855)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
SALAM UI

Salam UI kependekan dari Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia yang merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang keagamaan Islam. UKM ini resmi berdiri di bawah naungan Kemahasiswaan UI dan menjalankan kegiatannya dalam rangka mewadahi aktivitas Islam di Universitas Indonesia. Salam UI didirikan pada tanggal 28 Oktober 1998 sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa dibawah Direktur Kemasiswaan UI. Salam UI juga disebut sebagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK) karena merupakan representasi lembga dakwah yang diakui eksistensinya oleh Rektorat di tingkat universitas. Didirikannya Salam UI tak lepas dari momentum reformasi yang menginginkan perubahan di segala bidang, yang imbasnya juga mempengaruhi perubahan kelembagaan yang ada di kampus UI.

11 Comments

Leave a Reply

  1. (Alvin Prasetyadi, FIB’08, Korlap Aksi Salam, 11/11-2010)oke-oke, teman-teman yang mendengar kalo aksi Salam UI itu menolak kehadiran Obama itu TIDAK BENAR!Salam tidak masuk dlm koridor menerima atau menolak,tp memberikan PESAN realisasi janji terkait dunia Islam yg hanya kosmetik politik saja.

    ini beberapa alasan kenapa kami bergerak:
    pertama, aksi kami bukan aksi pesanan,murni aspirasi kami dan realita keadaan di dunia.
    kedua,keberhakan kami memberikan aspirasi sah-sah saja, sejauh kami melakukan dengan cara yang baik dan mencerminkan intelektualitas mahasiswa, pihak keamanan mengapresisasi aksi kami.
    ketiga,penyampaian pertanggungjawaban Obama dari kampanye maupun pdato politik terkait dunia Islam adalah menjadi PR besar ummat muslim yang peduli, dan kami memanfaat moment ini sebagai penyampaiaan aspirasi,dengan media-walau banyak yang memelintir berita-sebagai corong aliran aspirasi kami.
    keempat, sebagai tuan rumah, pemuda muslim UI, meminta pertanggunggjwaban terkait 4 hal:
    1. realisasi penarikan pasukan di Iraq dan di Afghan, sperti janji kampanye dia sebelum menjadi Presiden,tapi smpai sekarang tdk ada langkah konkrit!
    2.realisasi penghentian pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat Palestina, sperti pada pidato politik Obama di Gedung Putih sebagi penyikapan AS!
    3. Indonesia harus berdaulat di negerinya sendiri. bayangkan!!rektor UI tdk punya hak mnunjuk mahasiswnya untuk hadir diacar kampusnya sendiri, mahasiswa terusir di kampusnya sendiri hanya untuk kehadiran sseorang dalam temo 30mnit!Obama hanya hadir terkait agenda Ekonomi dan Pertahan, mana empati saat Indonesia terkena musibah besar, jelas sekali tujuan utamanya apa!
    4. menagih janji kampanye Obama terkait perbaikan hubungan dunia Islam dg AS. kemana aje dia pas ada orang gila yang mau bakar alquran dan penentangan pembangunan masjid di negara yang mngagungkan demokratisasi dan kebebasan??

    semoga para pemuda dapat berpikir kritsis, hari ini hari pahlawan, pahlawan kita bukan hanya memperjuangkan hak2 Indonesia tp juga berperan aktif dalam menciptakan perbaikan dunia kala itu, kala Indonesia berdaulat, kala Indonesia terhormat di mata dunia.

  2. menurut saya pribadi obama dan sekutunya pantas untuk diterima kalau saya meninjau dari sudut nasionalisme. tapi hati nurani saya sebagai muslim tetap menolak kedatangannya. “umat muslim itu seperti satu tubuh, jika sakit sedikit maka sakit semuanya” bukankah obama pemimpin sebuah negeri yang tentaranya membantai muslim lainnya? memperkosa muslimah di penjara afganistan? menelanjangi tawanan di timur tengah? jadi pantaskah kita masih tuntut janjinya? sedangkan dia tidak akan pernah puas sampai para muslim kembali murtad? dan pembakaran al Qur’an yang telah dilakukan dan di upload di youtube. gak pantas kita minta janjinya ubtuk al quran yang sudah terbakar. mungkin sih jihad harus dilakukan atas al quran yang sudah dibakar. tapi ya wallahua’lam duh maaf nih terbawa emosi

    1. halah, ngomong tanpa bukti. kalo mahasiswa malu-maluin ni statment. pantes aja menyembunyikan identitas. hayo diskusi terbuka.

  3. Salam UI dan Lembaga Dakwah Fakultas se-UI akan mengadakan kajian terkait kedatangan, pidato, Obama yang akan disinergiskan terkait mahasiswa, Indonesia, dan Islam. tunggu publikasinya. kalau ada sempalan dan pertanyaan, waktunya kamu-kamu hadir di agenda tersebut. Salam mahasiswa, Salam Inteletualitas. Salam (Benar-benar) UI

      1. dan terjadilah sebuah lingkaran kebencian…kenapa kalo islam emang agama damai ga memutuskan rantai permusuhan itu??