Press Release Seminar Nasional Kewirausahaan


0

“Wirausaha Sosial”

Pelepas Dahaga di Tengah Padang Pasir yang Tandus

 

Depok – Yayasan Semangat Membangun Indonesia Hebat bersama Social Enterprise Academy Dompet Dhuafa telah menyelenggarakan acara Seminar Nasional Kewirausahaan dan ForumGroup Discussion (FGD) pada tanggal 26 Oktober 2013. Acara yang juga dilaksanakan atas kerjasama dengan BEM Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini diadakan di Auditorium Fakultasi Psikologi UI dihadiri oleh 160 peserta.

Acara yang dibuka pada pukul 09.00 itu mengahadirkan 3 pembicara sebagai pelaku kewirausahaan social, adalah Zainal Abidin “Bang Jay Teroris” selaku Direktur Socieal Enterprise Academy Dompet Dhuafa. Pembicara kedau adalah Zulfikar Alimuddin yang merupakan Ketua Dewan Pembina dan pendiri Semangat Membangun Indonesia Hebat. Pembicara terakhir adalah Prof. Dr. Ir. H Musa Hubeis, Ms., Dipl. Ing., DEA yang merupakan guru besar Institute Pertanian Bogor (IPB).

Menurut Ayub As Ari sebagai ketua pelaksana, acara ini diadakan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat umum dan mahasiswa tentang Kewirausahaan Sosial dan perannya sebagai alternatif solusi mengatasi masalah kebangsaan. Dan diharapkan kewirausahaan sosial dapat menjadi platform baru pembangunan indonesia menjadi Bangsa Hebat-Bangsa Mulia.

Seminar Nasional dengan Tema Revitalisasi Potensi Masyarakat Indonesia Melalui Social Enterprise Menuju Indonesia Hebat-Bangsa Mulia ini diawali oleh pemaparan Bapak Zulfikar Alimuddin yang menyampaikan tentang peran individu dalam proses pelaksanaan kewirausahaan Social. Dikaitkan pula dengan kondisi masyarakat sosial Indonesia pada saat ini dimana permasalahan yang muncul tidak bisa diselesaikan dengan aktivitas sosial murni (social philathopy). Salah satu sifat Social Enterprise adalah adanya kesinambungan dan keberlanjutan (sustainability) adalah solusi yang dianggap tepat untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh Indonesia saat ini.

Materi kedua disampaikan oleh Prof. Musa Hubeis dengan mengangkat topik : peran UKM dalam rangka pelaksanaan socail enterprise di masyarakat. Dari penjelasan yang disampaikan oleh beliau dapat dilihat betapa Social Enterprise dapat menjadi salah satu solusi bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat. Berbeda secara umum dengan bisnis murni dan bisnis social. Dan sangat mungkin dilaksanakan bahwa UKM pun berperan dalam proses kewirausahaan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Acara Seminar Nasional diakhiri oleh penyampaian pembicara ketiga yaitu Bang Zainal Abidin “Jay Teroris” yang memaparkan tentang semangat wirausaha dan trik-trik berwirausaha. Selain itu Bang Jay juga memaparkan tentang evoluasi social philanthropy pada proses pelaksanaan kewirausahaan sosial. Acara yang diakhiri pada pukul 12.00 ini dilanjutkan dengan Forum Group Discussion yang membahas 4 tema berbeda yaitu : Efek wirausaha sosial pada peningkatan ekonomi. Kedua, Penguatan permodalan rakyat untuk membangun keseimbangan ekonomi. Ketiga, Pengembangan jiwa wirausaha di kalangan pemuda dan masyarakat umum dan terakhir adalah Platform pembangunan desa berbasis kolaborasi. (Ari)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply