Prihatin, Kalau Memang Ada Korupsi di UI


0

Saya baru baru ini mendengar siaran langsung mengenai korupsi di UI. Nara sumbernya Dr.Ratna Sitompul (Dekan Fakultas Kedokteran UI), Effendi Ghazali (pengamat komunikasi/alumnus UI yang adalah juga pembimbing Thesis Angelina Sondakh)) dan Maruli Gultom (Rektor Universitas Kristen Indonesia/UKI) sebagai pembanding.

Pertama-tema, saya sebagai alumnus UI prihatin. Jika benar, maka kebanggaan UI sebagai universitas terkemuka di Indonesia tercoreng dengan segelintir oknum yang lebih mementingkan materi. Harapan semula menjadikan UI sebagai fondasi moral, intelektual dan tempat pengajaran moral, idealisme, luluh lantak. Untuk itu harus diselesaikan masalahnya secepat mungkin ke KPK. Sehingga mahasiswa bisa mengetahui bahwa yang dilakukan selama ini di UI tidak baik untuk ditiru.Kita boleh saja memajukan UI di bidang materi, tetapi harus juga bisa mempertanggungjawabkannya dengan jujur, terbuka dan transparan.

Kedua, saya meminta Ibu Chandra Motik, sebagai Ketua ILUNI UI  bersikap membantu almamaternya yang berada dalam krisis dan di mana saya juga adalah anggota ILUNI FHUI, di samping  tetap memihak kepada kebenaran,kejujuran dan keadilan serta UI tetap menjadi kebanggaan semua orang. Di tempat itulah dididik kader-kader bangsa untuk meneruskan perjuangan menuju kebenaran, keadilan dan kejujuran.

Ketiga, jika berdasarkan fakta yang saya dengar dari Dekan FKUI secara langsung telah terjadi ketertutupan oleh Pimpinan UI dalam hal informasi. Sepertinya komunikasi yang dilakukan dari “atas” ke “bawah”, bukan dari “bawah ke “atas.” Hal ini sungguh-sungguh menodai demokrasi dan keterbukaan di masa era reformasi sekarang ini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Dasman Djamaluddin
Dasman Djamaluddin, SH.M.Hum is Biographer and Historian. I also a Executive Director of Research 11 March Order (Supersemar), Executive Director of Election Research in Indonesia (Local) and Leader of Law and Human Rights Division of ICMI Depok City. As a journalist, in December, 1992, I went to Rusia, Jordania and Iraq. In September 2014, to Iraq again.Please look at: http://dasmandj.blogspot.com and http://dasmandjamaluddinshmhum.blogspot.com

2 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals