Beberapa waktu belakangan ini, cukup sering terdengar istilah “Start-Up” atau yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti usaha rintisan. Istilah startup awalnya booming dari suatu daerah di selatan San Fransisco hingga California, Amerika Serikat. Istilah tersebut menjadi julukan karena disana terdapat banyak perusahaan yang bergerak di bidang komputer dan semi konduktor. Namun, saat ini startup tidak hanya berkembang di Amerika Serikat saja, berbagai negara mulai berlomba-lomba menumbuhkan startup lokal, termasuk Indonesia.

Geliat pertumbuhan startup di tanah air yang sangat pesat, didukung juga oleh pemerintah yang giat mempromosikan usaha rintisan (startup) melalui internet. Bukan hanya itu, kini bermunculan bermacam-macam ekosistem penunjang startup, mulai dari coworking space, inkubator, hingga event coaching. 

BACA JUGA: Setelah Lulu, Lebih Cocok Kerja di Startup atau Corporate, Ya?

 

Chandra Hamzah, dalam acara #KitaMakara di Anomali Cafe via Chandra Hamzah Untuk ILUNI UI

Chandra Hamzah, dalam acara #KitaMakara di Anomali Cafe via Chandra Hamzah Untuk ILUNI UI

Tren positif ini disambut oleh Chandra Hamzah, advokat dan mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini juga adalah kandidat Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI), dengan menginisiasi program entrepreneurship bagi alumni UI. Program yang bertajuk #StartupBooster ini sebagai bagian dari agenda #KitaMakara yang akan menjadi one-stop-solution bagi para alumni UI yang ingin memulai karier mereka sebagai entrepreneur.

Chandra ingin membangun sebuah komunitas startup yang terdiri dari para alumni UI, sebagai bagian dari misi ‘pulang kampus’ agar terbangun simbiosis mutualisme dari alumni UI yang telah berhasil di bidang bisnis dengan mereka yang baru saja akan memulai. Melalui program kerja #StartupBooster ini akan dibentuk wadah berupa coworking space, event Startup Meetup, pembentukan komunitas startup, konsultasi dan fasilitasi pendaftaran  merek, serta MOOC (Massive Online Open CourseOnline Coaching.

advertisement
Hadir juga Ari Juliano Gema dalam acara yang diadakan 10 Juni 2016 kemarin via Ari Juliano Gema

Hadir juga Ari Juliano Gema dalam acara yang diadakan 10 Juni 2016 kemarin via Ari Juliano Gema

Coworking Space dihadirkan sebagai wadah berkumpul bagi para alumni UI untuk dapat melakukan sharing pengetahuan dan pengalaman di dalamnya. Di dalam Coworking Space ini akan dilakukan serangkaian event Startup Meetup yang memungkinkan para alumni UI bertatap langsung dengan para expert di bidangnya. Lebih jauh lagi, MOOC Online Coaching akan menghadirkan beberapa alumni UI untuk melakukan coaching dengan berbagai topik relevan, seperti pembuatan business model dan plannning, funding sampai dengan Branding dan Go To Market. Tak berhenti di situ saja, tentunya di akhir program, para alumni bisa merasakan experience bagaimana membangun sebuah startup dari awal.

Program Startup Meetup ini adalah pengalaman real bagi para alumni UI yang ingin memulai terjun menjadi entrepreneur. Mereka juga dilibatkan dalam proses, pengembangan, serta ide bisnis yang akan berhasil atau tidak.

Mengambil momen bulan Ramadhan, Jumat 10 Juni 2015, Chandra telah meluncurkan event pertama, yaitu launching #KitaMakara #Coworking Space yang diadakan di Anomali Cafe Menteng, Jl. Teuku Cik Di Tiro No. 52.

Dalam acara digelar talkshow bertema “Saatnya Gali Jurus Start-Up Branding sambil Ngabuburit dan Berjejaring sesama Alumni UI” dengan pembicara Deputi Bidang Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi-Badan Ekonomi Kreatif RI Ari Juliano Gema,  Director INDONESIA CHANNEL & Pengajar di Departemen Komunikasi – FISIP UI Eman Sulaeman Nasim, serta beberapa pembicara yang juga aktif di bidang startup business.



[reaction_buttons]

advertisement