Program Studi Ekskursi Geografi (PSEG) 2010 Universitas Indonesia


0


PSEG 2010
“Geografi Peduli, Geografi Beraksi”
Pengantar

Mahasiswa adalah sekelompok orang yang beruntung karena dari ratusan juta jumlah rakyat Indonesia, hanya 2% saja yang dapat mendapatkan gelar itu. Mahasiswa juga sekelompok orang-orang yang cerdas dan senantiasa beraktivitas berdasarkan intelektual serta moral.

Mahasiswa FMIPA UI pada khususnya merupakan sekelompok mahasiswa yang dilahirkan untuk menjadi pioneer sains bangsa. Maka dari itu, wajiblah kita untuk memajukan sains bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Setiap tahun, Departemen Geografi FMIPA UI menerima mahasiswa baru melalui berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia. Seiring berjalannya waktu, mahasiswa baru memerlukan suatu sarana untuk mengenal lebih jauh dan sekaligus membuka wawasan dalam bidang keilmuan Geografi. Bidang keilmuan Geografi yang dimaksud tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga dilakukan di luar kelas yang disebut dengan laboratorium alam.

Kegiatan yang dilakukan di alam bebas ini diharapkan mampu memperkenalkan sebagian dari ruang lingkup studi geografi. Sehingga nantinya mahasiswa baru bisa lebih mengetahui gambaran nyata objek-objek geografi secara langsung dan gambaran bagaimana kerja para geograf jika berada di lapangan, tidak hanya berupa teori yang diberikan di dalam kelas.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat jalinan persaudaraan antar keluarga besar Departemen Geografi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa sosial kita untuk memberikan sesuatu yang berguna kepada warga sekitar.Untuk sebuah perubahan mari kita mulai hari ini…

Apa itu PSEG?

PSEG (Program Studi Ekskursi Geografi) merupakan salah satu kawah candradimuka bagi mahasiswa Geografi Universitas Indonesia. Mengapa saya mengimplementasikannya kegiatan ini sebagai kawah candradimuka? Bagaimanakah korelasi dua hal tersebut? Akan saya utarakan selayang pandang mengenai kegiatan PSEG.

Program Studi Ekskursi Geografi merupakan sebuah nama kegiatan yang sebelumnya bernama Pra Studi Ekskursi Geografi. Dengan bergantinya nama dan substansi tersebut, maka muncullah inovasi bagi kegiatan ini, tidak hanya semata-mata malam keakraban antara peserta, panitia dan alumni.

Merupakan sebuah moment yang menjadikan mahasiswa baru untuk benar-benar menjadi mahasiswa Geografi yang menjadikan alam ini sebagai sahabat dan laboratorium, mampu berkomitmen, mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

PSEG merupakan candradimuka untuk hidup langsung di alam terbuka, merasakan sejuknya udara gunung, dingin, hujan, interaksi dengan masyarakat. Selain itu juga, sebagai laboratorium geomorfologi, handasah, hidrologi, geografi penduduk dan disiplin ilmu Geografi yang lainnya.

Jika di kelas, hanya tahu ciri2 punggungan,patahan, meander maka kita akan meneliti secara langsung di alam. PSEG juga sebagai sarana untuk belajar manajemen hidup di alam,belajar manajemen perjalanan,belajar manajemen diri. Sebagai sebuah kesempatan emas untuk berkenalan langsung dengan alumni,mengenal keluarga besar Geografi. Dengan alumni kita bisa tahu dan tidak usah takut akan sebuah paradoks, mau jadi apa kuliah di Geografi .dan mereka telah sukses membuktikannya dan siap digantikan oleh kita sebagai lokomotif penggerak bangsa.

Sebuah inovasi di tahun 2010/2011 adalah Geografi Peduli dan Geografi Beraksi. Sudah saatnya kita mengabdikan diri kepada masyarakat dan Geografi mampu menjawab permasalahan yang ada, karena Geografi merupakan ilmu yang dahsyat, mother of science. Berbangga dan bersyukurlah kuliah di GEOGRAFI.Kami tunggu kontribusi di PSEG 2010

PSEG bukan acara PSADG!!!! PSEG adalah kegiatan resmi dari Departemen Geografi

LANDASAN KEGIATAN

  1. Undang-Undang Dasar 1945
  2. Tri Dharma Perguruan Tinggi
  3. Surat Keputusan Ketua Departemen Geografi Fakultas MIPA Universitas Indonesia Nomor : 012/PT.02.FMIPA.7/C/2005 tentang Program Studi Ekskursi Geografi
  4. Program kerja Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa HMDG UI 2010

TUJUAN KEGIATAN

  • Memahami kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dalam penciptaan alam semesta.
  • Menambah ilmu pengetahuan dan membuka wawasan mengenai bidang geografi.
  • Meningkatkan motivasi dalam mencapai prestasi.o Mempererat tali persaudaraan keluarga besar Departemen Geografi.o Menumbuhkan rasa solidaritas kepada sesama.
  • Menumbuhkan rasa bangga menjadi mahasiswa geografi.
  • Membekali mahasiswa mengenai objek kajian geografi.o Memberikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat sekitar.

BENTUK KEGIATAN

Sebagai implementasi dari muatan-muatan yang dibawa, maka jabaran bentuk kegiatan PSEG tahun 2010 ini adalah :

  • Materi pengenalan lingkup ilmu Geografi
  • Observasi objek ilmu Geografi
  • Outboundo Diskusi ilmiaho Simulasi & games
  • Bakti sosial
  • Ramah Tamah dengan Keluarga Besar Geografi
  • Pembuatan laporan hasil seluruh kegiatan PSEG 2010 bagi peserta (for PIMNAS 2011).

Program Studi Ekskursi Geografi (PSEG) 2010 akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Januari 2011 di desa Parakan Salak, Parakan Salak, Sukabumi, Jawa Barat.

Salah satu dari rangkain acara PSEG kali ini adalah simulasi dan pengenalan Pra Kuliah Lapang Geografi. Di lokasi PSEG ini terdapat berbagai macam obyek studi Geografi dalam geomernya masing-masing. Terdapat obyek geomorfologi, hidrologi, geologi, ekologi lingkungan, geotermal. Obyek tersebut antara lain sungai yang mengapit lokasi PSEG. Dalam kajian sungai, maka bisa dianalisa orientasi sungai melalui peta dengan metode rescection maupun intersection, jenis sungai, bentukan, jenis aliran, nama sungai, morfologi sungai, batuan, lereng, debit, penampang sungai.

Di lokasi juga bisa diteliti jenis tanah dan tebal solum, geologi di daerah tersebut. Selain itu juga terdapat kajian tutupan vegetasi dan simulasi perhitungan dengan metode transek dan persebarannya. Nantinya juga akan simulasi penggunaan helling untuk mengukur kemiringan lereng, trekking & navigasi dengan GPS. Semakin ke atas kita akan menemui objek yang cukup menarik yaitu Cipanas, Kawah Anjing, Kawah Citaman, kolam lumpur air panas dan air terjun.

So, banyak hal-hal seru yang hanya akan kamu temukan di PSEG 2010. Begitu besar ciptaan Allah yang harus kita syukuri. Dan dalam PSEG akan ada Geografi Peduli sebagai wujud kepedulian Geografi pada lingkungan dan masyarakat dan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Buktikan bahwa kita adalah anak Geografi yang peduli dan bermanfaat bagi semua.

Dan yang paling penting akan ada Ramah Tamah Keluarga Besar Geografi UI. Di sini, kita akan merasakan menjadi bagian dalam sebuah keluarga. Kita mengenal alumni Geografi yang sudah berkecimpung di mana-mana dan sebagai relasi atau link kekeluargaan yang sangat kita butuhkan baik sekarang maupun nanti. Dalam PSEG ini, kita secara ceremonial diterima menjadi bagian dari Keluarga Besar Geografi UI.

Sipakah berkontribusi untuk Geografi tercinta!!!

Akses menuju lokasi PSEG:
Akses dari pintu keluar tol Ciawi:
naik angkutan warna biru jurusan Sukabumi-turun di pertigaan Parakan Salak-Naik Angkot warna merah jurusan Parakan Salak-berhenti di sub terminal angkot Parakan Salak-naik ojek/motor menuju lokasi (Camp)

Akses via kereta:
naik kereta dari st bogor sore hari sekitar pukul 5, naik kereta bumi geulis jurusan sukabumi-turun di stasiun Parung kuda-Naik Angkot warna merah jurusan Parakan Salak-berhenti di sub terminal angkot Parakan Salak-naik ojek/motor menuju lokasi (Camp)

untuk lokasi PSEG bisa dilihat di http://zona-geo.blogspot.com/2010/12/lokasi-pseg-2010.html

Peta Online Lokasi PSEG 2010

View Lokasi PSEG 2010 in a larger map


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Wido Cepaka Warih
Mahasiswa Geografi Universitas Indonesia Semester 5 Alumni PIMNAS XXIV 2011 Makassar Penerima Besiswa KSE Unggul 2012 "Riset, travelling, tracking"

5 Comments

Leave a Reply

  1. Hai kak, saya maba geo ui 16.
    terimaksih atas tulisannya, sangat membantu
    mau tanya dong kak. apa setiap tahun lokasi PSEG selalu sama ?
    Terimakasih, dan salam kenal