Kadang dan gak bisa dipungkiri, menjadi mahasiswa adalah hal yang melelahkan. Kamu harus berhadapan dengan tugas, tugas, dan tugas every single day. Dan yang paling menyebalkan adalah saat semua tugas kamu sekarang harus dikerjakan secara digital. Terkadang memudahkan sih memang, ketimbang harus nulis tangan sampe 20 halaman (or worse). Tapi, capek gak sih?

Sometimes menulis paper gak semudah yang dibayangkan, we also have to deal with some technical issues kayak rata kiri-kanan yang seringkali berubah gegara salah pencet. Belum lagi kalau musti bolak balik ngubah setting-an language karena ada istilah tertentu yang ada dalam bahasa tertentu dan Microsoft Word kesayangan kita seringkali melakukan auto-correct di tempat-tempat yang tidak kita inginkan. Somehow, that things, membuat kita jadi mengenal kesalahan-kesalahan kecil sampe-sampe kita hapal dan eventually berhasil mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut. Dan terkadang ketika kita udah tahu banyak seputar hal teknis di Microsoft, membuat kita merasa, “Alright, I’m the exper of microsoft now.”

You know what? The truth is, you still not an expert on microsoft-things. Yep, kenyataannya masih banyak hal-hal lainnya yang seringkali pop-up muncul mendadak di saat kamu lagi fokus-fokusnya ngerjain tugas kamu and that’s pretty annoying!

advertisement

But now, kamu gak perlu khawatir lagi karena setelah kamu baca artikel ini, you will, eventually, be an expert of Microsoft Word! Dimana kamu akan merasa seperti magician saat kamu ngerjain tugas dan teriak “WOW! Ternyata bisa ya begitu!?”

Gak percaya? Well, thank me later, but you NEED to figure this out:

BACA JUGA: 5 Situs Ini Dapat Lancarkan Tugas Kuliahmu!

advertisement

 

Buat Format Tugas yang Sama

"Lho, kok format yang tadi malah berantakan?" via skilledup

“Lho, kok format yang tadi malah berantakan?” via skilledup

Sebagian tugas mungkin memiliki format penulisan yang berbeda, dan sebagian lagi memiliki format penulisan yang sama. Terutama jika kamu mengambil mata kuliah yang berbeda namun dengan dosen yang sama.

Pada tugas pertama kamu akan menghabiskan waktu lama untuk mengatur format teks, paragraf, spasi, jenis dan ukuran font, padding dan margin. Dan akan sangat melelahkan jika kamu harus mengulang lagi pengaturan yang sama untuk tugas lain dan kamu lakukan lagi untuk lainnya, dan you will end up spending your time on formatting. Biasanya, sebagian mahasiswa mengakalinya dengan mengerjakan isinya terlebih dahulu lalu melakukan formatting pada tahap terakhir (finishing). Namun, tentu saja hal ini akan membuatmu kehilangan pengaturan yang mendetail seperti istilah-istilah yang harus dicetak miring dan sebagainya karena kamu melakukan formatting secara terburu-buru karena tugas udah keburu mau dikumpul.

advertisement

Well, sekarang, kamu gak perlu lagi mengalami nightmare dan jantungmu dapat berdegup secara tenang saat mengerjakan tugas karena sekarang dengan Ms Word, kamu dapat menyimpan format tugas tertentu dan hanya dengan menekan tombol tertentu – swoof! – tugasmu akan terformat secara otomatis.

Penasaran? Intip caranya di sini.

 

advertisement

 

Cut & Paste

Ms Word punya trik citu gampang buat Copas via Asunow

Ms Word punya trik citu gampang buat Copas via Asunow

Saat mengerjakan suatu teori tertentu, terkadang kamu harus menuliskan sejarah dan latar belakang teori tersebut dalam tugasmu. Dan ketika tugasmu memiliki 20 halaman lebih, akan sangat memusingkan jika kamu harus mencari-cari lagi sejarah yang sudah kamu tuliskan di halaman-halaman depan untuk kamu copy atau cut ke beberapa halaman di bagian isi. Pastinya, kamu akan kerepotan bolak-balik ke halaman yang berbeda.

Sekarang, Ms. Word punya cara yang lebih memudahkanmu untuk melakukan hal tersebut, intip di sini.

 

Auto-correct

Pusing sama auto-correct? via framepool

Pusing sama auto-correct? via framepool

Nah, ini yang paling musingin. Some say hanya dengan mengganti kata-kata tertentu dalam menu auto-correct atau mengubah setting-an bahasa kamu akan sedikit terbantu untuk mengatasi auto-correct. Well, actually that’s not really helps.

What will actually helps you for correcting the auto-correct? Kamu cukup memperbaiki setting-an yang perlu kamu sesuaikan dengan proofing tools. Lihat di sini cara untuk mempelajarinya.

 

Comparison

Gak repot lagi buka banyak file Ms Word via studentlounge

Gak repot lagi buka banyak file Ms Word via studentlounge

Capek gak sih ketika kita harus buka multiple Ms Words file untuk ngebuka-buka referensi dan kita juga harus multitasking ngetik ini-itu? Dan hal itu bakal jadi makin annoying kalau PC atau Laptopmu ikutan gampang ngehang kalau kebanyakan buka file dalam satu waktu. Nah, loh!

Sekarang, keajaiban akan terjadi saat kamu tahu kalau kamu bisa buka dua Ms Words file secara berdampingan, so kamu bisa buka referensi dan mengetik tugas secara bersamaan! Gak percaya? Intip caranya di sin.

 

Shortcuts

Kamu bisa bikin shortcut sendiri! via bloggermakemoney

Kamu bisa bikin shortcut sendiri! via bloggermakemoney

Yeah, we know Ms. Words have a lots of shortcuts! Problem is, MANA ADA YANG HAPAL SETIAP SHORTCUT!?

Bahkan ketika kamu udah terlalu sering bekerja dengan Ms. Words, you still can forgot shortcut yang biasa kamu gunakan.

Now, untuk memudahkan kamu mengingat, dengan Ms. Words, kamu BISA BIKIN SHORTCUT-mu sendiri. Yup, BISA! Kamu bisa assign tombol apa pun yang mudah kamu ingat untuk menggantikan fungsi copy, paste, dan other shortcuts functions! Here’s how.

 

Same Words

Dan akhirnya kamu ngerasa jago Ms Word via asunow

Dan akhirnya kamu ngerasa jago Ms Word via asunow

Ketika kamu sadar kamu harus mengetik kata yang berulang kali, akan sangat melelahkan jika kata itu memiliki pengejaan huruf yang merepotkan seperti: Mississippi, perseverance, atau.. Succedaneum (ok, I don’t know what that is).

Point is, kamu gak perlu lagi mengetik berulang kali jika kamu harus mengulang kata tersebut dalam paper yang kamu buat. Selalu ada cara yang lebih mudah untuk hal-hal yang menyebalkan, ini salah satunya.

So, have you now become the expert of Ms Words? At least you have, between your friends!

Sudah saatnya sekarang kamu bersemangat untuk ngerjain tugas-tugas kamu karena every hard work will always come in handy at last!

Kamu punya jurus rahasia tersendiri mengerjakan tugas dengan Ms. Words? Share pengalamanmu di comment box dan yuk, bagikan artikel ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu!