Rangking UI 2008: 287 Dunia!


0

Dilansir dari situs www.topuniversities.com, pada tahun 2008 ini Universistas tercinta kita, Universitas Indonesia, menduduki peringkat 287 dari sekitar 400 universitas sejagad raya yang diteliti secara pasti. Di situsnya sendiri, ada 500 lebih universitas yang diteliti, namun yang dapat dipertanggung jawabkan datanya hanya sampai peringkat 400. Pada tahun pertama kali dilakukan peringkat universitas oleh QS, 2005, UI menempati urutan 420. Kemudian naik drastis 170 peringkat pada tahun 2006 (250). Pada tahun 2007 peringkat UI kembali turun ke posisi 395. Ini berarti, pada tahun ini, UI naik kembali 108 peringkat menjadi 287.

Bagaimana dengan kampus asal Indonesia yang lain? dari pengamatan penulis, hanya ada dua kampus asal indonesia lain yang secara konsisten bersaing ketat menduduki peringkat 500 besar yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Adapun universitas lain, seperti Universitas Airlangga dan Universitas Dipenegoro hanya masuk di tahun-tahun tertentu saja.

Pada tahun 2005, ITB menduduki peringkat 408,lebih tinggi 12 peringkat dari UI. Kemudian pada 2006 menduduki peringkat 258 (8 peringkat di bawah UI). Pada tahun 2007, posisi ITB terjun bebas menempati peringkat 369 (26 peringkat di bawah UI). Kemudian pada tahun ini menanjak ke posisi 315, masih 28 peringkat di bawah UI.

UGM sendiri pada tahun 2005 menempati urutan 341 (jauh di atas UI (selisih 79) dan ITB (selisih 67) ), kemudian menanjak naik menjadi 270 pada tahun 2006 (di bawah UI (selisih 20) dan ITB (selisih 12)). Pada tahun 2007, UGM terjun bebaas ke posisi 360 kemudian pada tahun ini menanjak naik kembali ke posisi 316, tepat 1 posisi di bawah ITB dan 29 peringkat di bawah UI.

Kesimpulannya, Pada tahun 2005, UGM unggul telak dari UI dan ITB. Pada tahun 2006, giliran UI memimpin tipis atas ITB dan UGM. Pada tahun 2007, UGM kembali memimpin. Kemudian pada tahun ini, giliran UI yang kembali memimpin.

Jika diperhatikan, ketiga universitas di atas memiliki kecenderungan yang sama dari tahun ke tahun. ketika satu universitas turun, maka yang lainnya pun ikut turun, begitupun sebaliknya. Fenomena ini membuat penulisa bertanya-tanya, kenapa bisa seperti ini? dan sebenarnya, atas dasar apa mereka merangking universiitas yang ada. Penulis benar-benar tidak bisa menemukan jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan pertama. Namun pertanyaan kedua, dapat ditemukan jawabanya di situs yang sama.

Ada enam poin penting penilaian yang dilakukan:

  1. Penilaian yang diberikan oleh akademisi universitas kepada universitas lain dimana suatu universitas dilarang untuk menilai universitas masing-masing.
  2. Penilaian yang diberikan oleh pihak pegawai universitas kepada universitas lain.
  3. Rasio kehadiran mahasiswa dan kegiatan belajar mengajar
  4. Banyaknya publikasi internasional yang dihasilkan (paper, jurnal)
  5. Proporsi penyediaan fakultas internasional
  6. Banyakan mahasiwa asing yang mengikuti perkuliahan.

dari poin-poin di atas, kita bisa memperkirakan, pada poin mana yang kira-kira paling berkontribusi meningkatkan dan menurunkan rangking universitas di atas dari tahun ke tahun.

terlepas dari angka 200-an yang harusnya tidak terlalu membanggakan. Dengan kecenderungan UI yang selalu di atas dua kampus saingan terberatnya, sebagai yang berjaket kuning, kita patut untuk bangga! )

semangat para mahasiswa! kapan ya masuk 100 besar????

sumber: www.jaketkuning.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Khairul Umam AL Batawy
Khairul Umam, saat ini sedang menjalani kuliah di Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia (semester 5, 2007). menjalani aktivitas sehari-hari sebagai mahasiswa sekaligus enterpreneur muda.. harapannya, agar kelak menjadi yang terbaik sesuai harapan orang tuanya melalui namanya, khairul umam (umat-umat terbaik). Semoga Allah memudahkan jalanku dalam mewujudkannya.. amien..

8 Comments

Leave a Reply

  1. ah.. yellow jacket mah nyampah aja..
    orang gw aja masuk sini gak ada bedanya…
    di tambah kita sering kalah dalam kompetisi
    baik dalam bidang ekonomi, politik, teknologi maupun sains…
    lebih parahnya kita sering juga kalah sama universitas-universitas swasta… huft…
    terus apa tuh arti rangking.. kalau rata-rata orang yang di hasilkan performanya hancur???
    sebenarnya gw malu makai ni jacket kuning.. yang katanya universitas terbaik tetapi hanya menyampah saja….
    buat temen-temen UI jangan gede kepala deh sama jakun kita…
    itu hanya sampah…
    SAMPAH………….

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals