Rekap Acara Grand Closing Pemira IKM UI 2020, Ini Calon Yang Terpilih

Pemira tahun ini menjadi seru karena seluruh rangkaian acaranya mulai dari pengambilan berkas, verifikasi, eksplorasi, debat calon, kampanye, hingga pemungutan suaranya dilakukan secara daring. Penasaran siapa calon terpilih dalam pemira tahun ini? Yuk simak artikel ini


0

Telah berlangsung Grand Closing Pemira IKM UI 2020,  pada Sabtu malam  26 Desember kemarin. Acara dilangsungkan secara daring di platform Zoom dan ditonton oleh banyak anggota IKM UI.

Dalam acara grand closing ini, warga UI mulai mengisi ruangan Zoom pada pukul 19.00, dan dimulai pada pukul 19.30. Selain menjadi penutup rangkaian pesta demokrasi pemilihan raya di UI tahun 2020, acara grand closing ini juga menjadi tempat sidang penetapan hasil pemungutan suara yang telah dilakukan sebelumnya yaitu pada tanggal 21-24 Desember kemarin.

Pemira tahun ini menjadi seru karena seluruh rangkaian acaranya mulai dari pengambilan berkas, verifikasi, eksplorasi, debat calon, kampanye, hingga pemungutan suaranya dilakukan secara daring. Praktis hal ini menjadi lebih fleksibel karena warga UI tidak perlu repot-repot mengisi data diri. Cukup membuat akun dan melakukan e-voting tanpa terbatas ruang dan waktu.

BACA JUGA: Kelewatan Nonton Grand Launching Pemira IKM UI 2020? Ini Rekap Acaranya

Acara dimulai dengan membaca doa dan pemutaran lagu Indonesia Raya beserta Genderang UI. Selanjutnya, ada sambutan dari Project Officer Pemira IKM UI 2020 yaitu Fariz Rizaldi dari Fakultas Teknik. Pada sambutannya ia menyampaikan laporan acara Pemira tahun ini. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Pak Tito selaku Direktur kemahasiswaan UI.

Setelah sambutan berlangsung, ada penampilan dari Doremipa yang membawakan penampilan lagu berjudul Pemuda dengan teknik acapella. Kemudian di segmen selanjutnya yaitu ada kesan-pesan yang disampaikan oleh Zaki Zamzmi selaku MWA UI Unsur Mahasiswa tahun 2020, Fawzi Muhtadi selaku ketua DPM UI tahun 2020, dan Fajar Adi Nugroho selaku ketua BEM UI 2020. Pada segmen ini, mereka menyampaikan mengenai apa saja hal yang mereka pelajari selagi menjabat di tahun ini, serta harapannya kepada pemimpin selanjutnya.

Acara yang dihadiri oleh 280 orang via platform Zoom ini dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai harapan IKM UI kepada pemimpin yang terpilih, lalu disusul dengan games Kahoot berhadiah bagi lima orang dengan skor teratas. Tak hanya itu, acara grand closing ini turut dimeriahkan dengan penampilan standup comedy oleh tiga orang mahasiswa UI yaitu Andre dari jurusan Ilmu Aktuaria, Arfi dari jurusan Ilmu Hukum, dan Lazuardi dari FKM.

Sebelum menuju ke segmen sidang penetapan hasil suara, ada video kesan pesan oleh peserta pemira yaitu calon MWA, paslon 1, dan paslon 2 BEM UI yang menyampaikan pendapatnya dan apa saja yang mereka pelajari selama Pemira tahun ini berlangsung.

Lalu tibalah pada saat sidang penetapan hasil pemungutan suara Pemira IKM UI 2020. Sidang tersebut dipimpin oleh Pimpinan Majelis Sidang dan dihadiri oleh semua calon, penanggung jawab IT-UI Pak Astha, dan juga tim penanggung jawab sistem e-voting.

BACA JUGA: Anak UI Wajib Tahu 6 Rangkaian Acara Pemira IKM UI Meski Tahun Ini Dilaksanakan Daring

Sidang diawali dengan pembacaan tata tertib dan mengecek kehadiran seluruh peserta sidang. Selanjutnya para peserta sidang dipersilahkan mengecek suaranya masing-masing. Setelah itu ada pengecekan perbandingan data antara yang dimiliki oleh Pemira UI dan juga pihak DSTI yaitu pak Astha.

Jumlah suara MWA adalah sebanyak 10.143 suara dan untuk BEM adalah sebanyak 10.579 suara. Panitia Pemira menyatakan bahwa setiap suara yang masuk ke dalam database bersifat anonim. Selain itu jika terdapat perubahan pada sistem, warga UI dapat mengecek suara melalui fitur cek suara dengan menggunakan token.

Tibalah pada saat penghitungan jumlah suara, calon MWA UI UM atas nama Ahmad Naufal Hilmy mendapatkan jumlah suara sebesar 7.802 jumlah suara, untuk pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM UI jumlah suara yang masuk untuk paslon 1 atas nama Leon – Yogie adalah 5.789, dan untuk paslon 2 atas nama Kevin – Putmal adalah 4.781 suara.

Hasilnya, Pimpinan Majelis Sidang menetapkan Ahmad Naufal Hilmy sebagai calon MWA UI UM terpilih tahun 2021, dan pasangan Leon – Yogie sabagai pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM UI terpilih 2021. Selanjutnya ada sambutan sekaligus penutup dari wakil rektor bidang kemahasiswaan UI yaitu Prof Haris, dan closing statement dari Project pemira IKM UI 2020 Fariz Rizaldi. Acara ditutup dengan pidato singkat dari masing-masing pemenang suara.

Semoga dengan adanya pemimpin yang baru ini, dapat menghadirkan UI yang lebih baik lagi untuk semua kalangan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply