Mengerjakan tugas kuliah bukanlah hal yang mudah bagi kita-kita mahasiswa yang unyu, innocent, dan tak berdosa ini. Namun, yang namanya dosen, selalu ngasih kita tugas melewati kemampuan mahasiswanya. Mungkin biar mahasiswanya kelak bisa jadi lebih jago dari dosennya kali ya.

Yang namanya tugas, bentuknya kan ada macam-macam, ada yang tugas kelompok ada juga tugas individu. Nah, yang tugas kelompok nggak jarang tuh yang namanya tunggu-tungguan. Tungguin si katakanlah Mawar, ngelarin bab 1 lah, nungguin si katakanlah Zebrah, nyelesain ngeprint lah, alhasil tugasnya jadi nggak maksimal dan jadi sekadar “Yaudahlah yah, yang penting ngumpulin dan dapat nilai.”

Namun, tahukah kamu? Dari semua kegilaan seputar ngerjain tugas, ternyata di zaman yang serba modern ini udah banyak loh aplikasi-aplikasi dan situs tertentu yang bisa ngebantu kita untuk menyelesaikan tugas dengan hasil yang lebih maksimal.

Penasaran? Check it out!

 

Google Drive

Google Drive. (Sumber: theinquirer)

Google Drive. (Sumber: theinquirer)

Aplikasi yang bisa kamu buka dari pojok kanan atas Gmail ini kini juga tersedia untuk smartphone loh! Kamu udah bisa search di Playstore atau Apple Store dengan kata kunci “Google Drive” dan nikmati berbagai keajaiban yang disediakan oleh aplikasi bawaan dari Google ini.

advertisement

Apa aja sih fungsinya? Banyak, mulai dari bikin makalah, presentasi sampai bikin tugas-tugas pakai Microsoft Excel juga bisa! Loh, lalu bedanya apa dong sama Microsoft Office yang biasa?

  1. Kamu dan teman bisa ngerjain 1 file yang sama dari tempat yang berbeda. Bisa langsung diedit kalau teman kamu salah nulis.
  2. Bisa autosave! Lagi asik-asiknya ngerjain tugas, tiba-tiba mati lampu? Tenaaang file kamu aman di Google Drive.

 

Terus bisa apa lagi? Banyak! Lebih jelasnya, kamu nonton sendiri deh video di bawah ini:

 

Todoist

Todoist. (Sumber: alternativeto)

Todoist. (Sumber: alternativeto)

Seminggu ini banyak tugas dan bingung mau kerjain yang mana? Tenang, nih, kenalin sama teknologi yang namanya Todoist. Aplikasi yang bikin kamu bisa nge-list tugas-tugas kamu, bisa ngasih reminder kapan deadline, dan yang terpenting, bisa kamu buka di mana saja! Di komputer, laptop, bahkan smartphone!

Nggak hanya itu, kamu juga bisa kasih pembagian tugas dengan teman-teman kamu! Gimana caranya? Nonton deh video di bawah ini:

advertisement

 

Skype

Skype. (Sumber: Skypoe

Skype. (Sumber: Skype)

Ini nih, aplikasi lawas yang hampir semua cewek punya. Cuma, biasanya cewek-cewek pake ginian buat lucu-lucuan sama besties-nya, atau  ngobrol-ngobrol blushing lucu sama pacar, gebetan, atau LDR-annya.

Padahal, dengan Skype, kamu bisa conference call dengan teman satu kelompok untuk ngobrolin tugas kamu.

Gimana caranya? Yuk nonton lagi.

 

 

Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder. (Sumber: phonearena)

Easy Voice Recorder. (Sumber: phonearena)

Capek nyalin penjelasan dosen yang panjang lebar di kelas? Sekali-sekali nggak ada salahnya kamu duduk di depan dan nyalain aplikasi Easy Voice Recorder di meja kamu, lalu rekam deh semua penjelasan dosen. Kamu bisa dengarkan ulang rekamannya dan catat lagi di rumah atau di kosan sambil nyemil Nyam-Nyam. Perlu diketahui aplikasi ini hanya tersedia di smartphone. Jadi, jangan sampai deh kamu ngabisin waktu buat nge-Googling sana-sini buat cari aplikasi yang bisa diinstall di komputer atau laptop kamu.

Cara pakenya gimana? Simak video di bawah ini:

 

Simple Mind

Simple Mind. (Sumber:play.google)

Simple Mind. (Sumber: play.google)

Pusing tugasnya banyak tapi lupa apa aja perintilannya? Coba sekarang kamu duduk manis dan tarik napas dalam-dalam, lalu breakdown semua tugas-tugas kamu menggunakan aplikasi Simple Mind.

Aplikasi Simple Mind merupakan aplikasi yang melatih kamu untuk melakukan teknik penjabaran tugas dengan metode MindMap. Ha? Apaan tuh?

Mind Map atau bahasa Indonesia bisa juga disebut “Peta Pikiran” merupakan suatu metode untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas, atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier. Mind Map pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.

Metode Mind Map digagas dan dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog Inggris, yang meyakini bahwa penggunaan Mind Map tidak hanya mampu melejitkan proses memori tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan menganalisis, dengan mengoptimalkan fungsi belahan otak.

Nah, lalu cara pakai Simple Mind ini gimana?  Nih, ada videonya:

 

 

Aplikasi yang tidak hanya tersedia untuk smartphone ini juga menyediakan versi desktop. Jadi, kamu juga bisa mem-breakdown tugas-tugas kamu dengan lebih mudah di laptop atau komputer kamu.

Nah, setelah nyobain semua aplikasi di atas, kita dapat jamin bahwa kehidupan perkuliahan kamu akan jaaauuuuh lebih teroganisir dengan rapih. Sungguh, dengan mengoptimalkan aplikasi-aplikasi ini kamu bisa mewujudkan aneka ragam keajaiban! Suwer!

—

Masih soal IT nih, ada yang share pengalaman ketika ia menjadi mahasiswa Fasilkom di sini: “Ya Begini Nasib Jadi Anak Fasilkom UI“.

Yuk, bagikan ulasan ini ke Facebook, Twitter dan LINE kamu supaya semakin banyak teman kamu yang terbantu dengan teknologi!



[reaction_buttons]