Ringankan Tugas Kuliah Kamu Dengan Aplikasi-aplikasi Ini

Aplikasi-aplikasi ini wajib kamu coba, guna ngeringanin tugas kuliah kamu. Ini salah satu cara manfaatin kecangihan teknologi untuk membantu kehidupan para mahasiswa.


0
Aplikasi kece yang bisa ringanin tugas kuliah kamu
Aplikasi kece yang bisa ringanin tugas kuliah kamu

Mengerjakan tugas kuliah bukanlah hal yang mudah bagi kita-kita mahasiswa yang unyu, innocent, dan tak berdosa ini. Namun, yang namanya dosen, selalu ngasih kita tugas melewati kemampuan mahasiswanya. Mungkin biar mahasiswanya kelak bisa jadi lebih jago dari dosennya kali ya.

Yang namanya tugas, bentuknya kan ada macam-macam, ada yang tugas kelompok ada juga tugas individu. Nah, yang tugas kelompok nggak jarang tuh yang namanya tunggu-tungguan. Tungguin si katakanlah Mawar, ngelarin bab 1 lah, nungguin si katakanlah Zebrah, nyelesain ngeprint lah, alhasil tugasnya jadi nggak maksimal dan jadi sekadar “Yaudahlah yah, yang penting ngumpulin dan dapat nilai.”

Namun, tahukah kamu? Dari semua kegilaan seputar ngerjain tugas, ternyata di zaman yang serba modern ini udah banyak loh aplikasi-aplikasi dan situs tertentu yang bisa ngebantu kita untuk menyelesaikan tugas dengan hasil yang lebih maksimal.

Penasaran? Check it out!

 

Google Drive

Google Drive. (Sumber: theinquirer)
Google Drive. (Sumber: theinquirer)

Aplikasi yang bisa kamu buka dari pojok kanan atas Gmail ini kini juga tersedia untuk smartphone loh! Kamu udah bisa search di Playstore atau Apple Store dengan kata kunci “Google Drive” dan nikmati berbagai keajaiban yang disediakan oleh aplikasi bawaan dari Google ini.

Apa aja sih fungsinya? Banyak, mulai dari bikin makalah, presentasi sampai bikin tugas-tugas pakai Microsoft Excel juga bisa! Loh, lalu bedanya apa dong sama Microsoft Office yang biasa?

  1. Kamu dan teman bisa ngerjain 1 file yang sama dari tempat yang berbeda. Bisa langsung diedit kalau teman kamu salah nulis.
  2. Bisa autosave! Lagi asik-asiknya ngerjain tugas, tiba-tiba mati lampu? Tenaaang file kamu aman di Google Drive.

 

Terus bisa apa lagi? Banyak! Lebih jelasnya, kamu nonton sendiri deh video di bawah ini:

 

Todoist

Todoist. (Sumber: alternativeto)
Todoist. (Sumber: alternativeto)

Seminggu ini banyak tugas dan bingung mau kerjain yang mana? Tenang, nih, kenalin sama teknologi yang namanya Todoist. Aplikasi yang bikin kamu bisa nge-list tugas-tugas kamu, bisa ngasih reminder kapan deadline, dan yang terpenting, bisa kamu buka di mana saja! Di komputer, laptop, bahkan smartphone!

Nggak hanya itu, kamu juga bisa kasih pembagian tugas dengan teman-teman kamu! Gimana caranya? Nonton deh video di bawah ini:

 

Skype

Skype. (Sumber: Skypoe
Skype. (Sumber: Skype)

Ini nih, aplikasi lawas yang hampir semua cewek punya. Cuma, biasanya cewek-cewek pake ginian buat lucu-lucuan sama besties-nya, atau  ngobrol-ngobrol blushing lucu sama pacar, gebetan, atau LDR-annya.

Padahal, dengan Skype, kamu bisa conference call dengan teman satu kelompok untuk ngobrolin tugas kamu.

Gimana caranya? Yuk nonton lagi.

 

 

Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder. (Sumber: phonearena)
Easy Voice Recorder. (Sumber: phonearena)

Capek nyalin penjelasan dosen yang panjang lebar di kelas? Sekali-sekali nggak ada salahnya kamu duduk di depan dan nyalain aplikasi Easy Voice Recorder di meja kamu, lalu rekam deh semua penjelasan dosen. Kamu bisa dengarkan ulang rekamannya dan catat lagi di rumah atau di kosan sambil nyemil Nyam-Nyam. Perlu diketahui aplikasi ini hanya tersedia di smartphone. Jadi, jangan sampai deh kamu ngabisin waktu buat nge-Googling sana-sini buat cari aplikasi yang bisa diinstall di komputer atau laptop kamu.

Cara pakenya gimana? Simak video di bawah ini:

 

Simple Mind

Simple Mind. (Sumber:play.google)
Simple Mind. (Sumber: play.google)

Pusing tugasnya banyak tapi lupa apa aja perintilannya? Coba sekarang kamu duduk manis dan tarik napas dalam-dalam, lalu breakdown semua tugas-tugas kamu menggunakan aplikasi Simple Mind.

Aplikasi Simple Mind merupakan aplikasi yang melatih kamu untuk melakukan teknik penjabaran tugas dengan metode MindMap. Ha? Apaan tuh?

Mind Map atau bahasa Indonesia bisa juga disebut “Peta Pikiran” merupakan suatu metode untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas, atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier. Mind Map pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.

Metode Mind Map digagas dan dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog Inggris, yang meyakini bahwa penggunaan Mind Map tidak hanya mampu melejitkan proses memori tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan menganalisis, dengan mengoptimalkan fungsi belahan otak.

Nah, lalu cara pakai Simple Mind ini gimana?  Nih, ada videonya:

 

 

Aplikasi yang tidak hanya tersedia untuk smartphone ini juga menyediakan versi desktop. Jadi, kamu juga bisa mem-breakdown tugas-tugas kamu dengan lebih mudah di laptop atau komputer kamu.

Nah, setelah nyobain semua aplikasi di atas, kita dapat jamin bahwa kehidupan perkuliahan kamu akan jaaauuuuh lebih teroganisir dengan rapih. Sungguh, dengan mengoptimalkan aplikasi-aplikasi ini kamu bisa mewujudkan aneka ragam keajaiban! Suwer!

Masih soal IT nih, ada yang share pengalaman ketika ia menjadi mahasiswa Fasilkom di sini: “Ya Begini Nasib Jadi Anak Fasilkom UI“.

Yuk, bagikan ulasan ini ke Facebook, Twitter dan LINE kamu supaya semakin banyak teman kamu yang terbantu dengan teknologi!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

2 Comments

Leave a Reply

  1. Boleh bangga tapi waspada : INI PANDANGAN USA TERHADAP TNI

    Ada sesuatu yang istimewa dalam acara Talk Show di TV ABC 13, Texas.
    Acara tersebut bekerjasama dengan Universitas Dallas, Texas.
    Tapi yang menarik, acara tersebut justru menyangkut militer Indonesia.
    Karena dalam wawancara tersebut dihadirkan narasumber yang cukup kompeten.
    Talk Show di TV ABC 13 Texas menghadirkan para jenderal purnawirawan USA dan British.

    Talk Show dihadiri Jenderal (purn) Mike Jackson (pemimpin pasukan Inggris saat menyerbu Irak), Jenderal (purn) Tommy Franks (pemimpin Delta Forces saat Operasi Badai Gurun), Jenderal (purn) Peter Pace (mantan Jenderal US Marine dan Kepala Staf Gabungan US) serta Mahasiswa dari Universitas Dallas.

    Ada seorang mahasiswa Universitas Dallas bertanya tentang penempatan Marinir USA di Australia. Maka jawaban dari Jenderal tersebut cukup mencengangkan buat pemirsa semua…

    Bertanya : “Apakah penempatan US MARINE berindikasi akan ada serangan USA ke Indonesia suatu saat nanti?”

    Jend. Peter Pace : ”Saat ini ada 3 kekuatan besar MARINIR dunia, dan Indonesia berada pada posisi ke 3.”
    “Penempatan US MARINE hanya untuk stabilitas kawasan di Asia Tenggara, jangan bermimpi USA berencana menyerang Indonesia meski USA pimpinan NATO. Tidak pernah terpikir oleh pemimpin USA untuk menyerang Indonesia.”

    Presenter TV ABC 13, Hannah, menambahkan pertanyaan : “USA pernah terlibat konflik di kawasan Asia Timur Jauh, kenapa Indonesia begitu diperhitungkan?”

    Jend.Tommy Franks : ”Kita pernah punya pengalaman pahit di Vietnam dan Korea, dan semua pemimpin USA sadar siapa dibalik kedua negara Asia yang pernah terlibat konflik dgn kita”.
    “Indonesia adalah guru bagi Vietnam dan Korea Utara saat berperang melawan USA.”

    Jend. Peter Pace : “Kita sering berlatih dengan Indonesia. Kita sadar bagaimana kemampuan pasukan khusus Indonesia, pasukan kita sering kewalahan dalam setiap latihan perang dengan Indonesia”

    Jend. Tommy Franks : “Saat operasi pembebasan sandera di pesawat yang dibajak di Bangkok Thailand, Delta Force memantau operasi tersebut. Operasi berjalan sukses dan sangat efektif.”
    “Hal lain yang tidak dimiliki oleh pasukan negara lain, anda akan terkejut bila mendapati satu mata pelajaran yang takkan didapat di pendidikan elite militer manapun, yakni pendidikan gerilya.”

    Jend. Mike Jackson : ”Doktrin militer Indonesia sudah dipakai di beberapa negara Asia bahkan Afrika karena Indonesia memang diminta melatih beberapa negara Asia dan Afrika.”
    “Meski Indonesia kekurangan senjata, tidak mungkin mudah menaklukkan Indonesia karena jika perang terjadi bukan hanya militernya ya g maju perang tapi rakyatnya juga pasti turut membantu untuk menghabisi lawan.”
    “SAS sudah pernah merasakan saat berhadapan dengan aliansi tentara Indonesia dan rakyat indonesia. Jadi jangan pernah anggap ringan dengan Indonesia”, ungkap Jenderal Mike Jackson.

    Seorang mahasiswi juga bertanya tentang kekuatan Asia di mata Militer Internasional …Apa jawaban mereka? Lagi-lagi Indonesia jadi sorotan.

    Jend. Mike Jackson : “Indonesia dalam waktu dekat akan jadi sebuah negara yang militernya sangat besar dan sulit tertandingi”.

    Jend. Peter Pace : “Indonesia memiliki semuanya dan kalau itu diopersionalkan maka Indonesia akan melampaui India dan Cina dalam perkembangan militer”.

    Jend. Tommy Franks : “Sebagai orang yang pernah memimpin pasukan khusus, saya tahu banyak rahasia teknik militer yang tidak ditunjukkan dalam latihan perang bersama.”
    “Ada satu pasukan khusus Indonesia yang jarang mengadakan latihan bersama yaitu AU. Pasukan khusus AU Indonesia adalah satu-satunya pasukan dengan kualifikasi Korps Pasukan Khas TNI-AU di Asia dan katanya terlengkap di dunia.”
    “Kalau saat ini banyak negara terutama yang tergabung dalam NATO mengadakan hubungan dagang militer dengan Indonesia, itu sebuah kebijakan yang tepat, karena kalau tidak akan sangat membahayakan posisi NATO di Asia, karena Indonesia memiliki konsep Non Blok.”
    “Ke depan saya harapkan tidak ada sanksi atau embargo yang dijatuhkan kepada Indonesia, karena itu dapat menimbulkan kerawanan di kawasan itu