Saimala Joang “Saatnya Ukir Sejarahmu”

Saimala Joang adalah acara tahunan yang diadakan oleh mahasiswa-mahasiswa Lampung yang tergabung dalam salah satu paguyuban terbesar di Universitas Indonesia, Sai Mahasiswa Lampung (Saimala). Acara yang mengusung tagline “Saatnya Ukir Sejarahmu” ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan informasi secara akurat mengenai Universitas Indonesia, serta sebagai media penyalur pengetahuan bagi siswa-siswi di Provinsi Lampung untuk berkompetisi dalam simulasi ujian masuk perguruan tinggi. Tidak hanya itu, dengan mengusung tema ‘Joang’ dan dengan tagline “Saatnya Ukir Sejarahmu”, acara ini juga bertujuan untuk membangkitkan jiwa perjuangan para siswa untuk mengukir sejarahnya sendiri seperti perjuangan keras yang telah terukir dalam sejarah bangsa Indonesia.

Rangkaian acara Saimala Joang ini terbagi menjadi tiga acara, yaitu:
– Roadshow

Kegiatan roadshow ini berupa sosialisasi mengenai sistem penerimaan mahasiswa di Universitas Indonesia untuk tahun 2014, lingkungan kehidupan kampus UI, serta mempublikasikan rangkaian acara Pre-event dan Main Event. Dalam kegiatan ini disisipi pemberian motivasi kepada siswa sekolah menengah atas, khususnya kelas 12 dalam menghadapi Ujian Akhir nasional dan tes seleksi masuk perguruan tinggi.

Kegiatan roadshow ini akan diadakan ke ± 50 sekolah menengah atas di Provinsi Lampung, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, selama kurang lebih tiga minggu yang dimulai pada 6 Januari 2014 hingga 24 Januari 2014.

advertisement

– Pre-event

Pre-Event merupakan kegiatan yang berupa kompetisi non-akademik yang akan diikuti oleh pelajar sekolah menengah di Provinsi Lampung. Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Denny Sumargo sebagai bintang tamu. Rangkaian kegiatan Pre-event yang berlangsung dari tanggal 20 Januari 2014 hingga 25 Januari 2014 tersebut antara lain:

 Kompetisi Basket  Modern Dance  Kabaret  Fotografi
 Band  Solo Vokal  Lomba Menulis  Film Pendek

– Main Event

Kegiatan Main Event merupakan kegiatan utama dari acara tahunan Saimala. Rangkaian acara Main Event ini diselenggarakan dalam satu hari yaitu pada tanggal 2 Februari 2014. Kegiatan pada Main Event tersebut antara lain:

1. Try Out

advertisement

Adalah sebuah simulasi kemampuan akademik untuk menyosialisasikan seleksi masuk perguruan tinggi kepada siswa SMA di Provinsi Lampung. Simulasi ini akan mengevaluasi dan mengukur kemampuan akademik sebelum menjalani seleksi masuk perguruan tinggi. Hasil kegiatan ini dapat menjadi pertimbangan bagi peserta untuk memilih jurusan yang diinginkan dan cerminan dari kemampuan diri sendiri dalam menghadapi seleksi perguruan tinggi.

2. Bedah Kampus UI

Kegiatan Bedah Kampus UI dilaksanakan setelah peserta mengikuti kegiatan Try Out. Bedah Kampus UI diaplikasikan dengan stand – stand yang memuat informasi fakultas, mulai dari info jurusan, akademis, jurnal riset, lembaga-lembaga kemahasiswaan, fasilitas, hingga info beasiswa yang ada di Universitas Indonesia.

Acara ini terbuka untuk diikuti oleh seluruh pelajar sekolah menengah yang ada di Provinsi Lampung dan bertujuan untuk memfasilitasi para pelajar untuk semakin mengenal Universitas Indonesia.



[reaction_buttons]