Mengenal Lebih Dekat 3 Peminatan di Sastra Indonesia UI

Kali ini Anak UI akan memberikan ulasan mengenai tiga peminatan yang ada di Sastra Indonesia UI. Sebelumnya, peminatan itu bidang yang akan digunakan sebagai dasar fokus untuk tugas akhir—fyi, di Sastra Indonesia UI sudah nggak ada skripsi dan diganti dengan tugas akhir. Peminatan ini dimulai pada semester tiga dan setiap semesternya terdapat satu mata kuliah (matkul), kecuali pada semester tujuh terdapat dua matkul peminatan. Nah, kalau masih awal-awal, kalian boleh memilih lebih dari satu matkul peminatan untuk mengisi jumlah SKS. Namun, ketika mengerjakan tugas akhir, kalian harus fokus pada satu peminatan tertentu.


0

Mengenal 3 Peminatan di Sastra Indonesia UI. Pada artikel berkenalan dengan Sastra Indonesia UI, telah dijelaskan sekilas mengenai Sastra Indonesia UI dan kegiatan mahasiswanya. Selain itu, pada artikel profesi jurusan Sastra Indonesia juga telah dijelaskan mengenai prospek kerja dari jurusan Sastra Indonesia. Kira-kira, kalian masih bingung nggak sama jurusan yang satu ini?

Kalau masih bingung, kali ini Anak UI akan memberikan ulasan mengenai tiga peminatan yang ada di Sastra Indonesia UI. Sebelumnya, peminatan itu bidang yang akan digunakan sebagai dasar fokus untuk tugas akhir—fyi, di Sastra Indonesia UI sudah nggak ada skripsi dan diganti dengan tugas akhir. Peminatan ini dimulai pada semester tiga dan setiap semesternya terdapat satu mata kuliah (matkul), kecuali pada semester tujuh terdapat dua matkul peminatan. Nah, kalau masih awal-awal, kalian boleh memilih lebih dari satu matkul peminatan untuk mengisi jumlah SKS. Namun, ketika mengerjakan tugas akhir, kalian harus fokus pada satu peminatan tertentu.

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut adalah tiga peminatan yang ada di Sastra Indonesia UI.

1. Sastra

Sumber gambar: pixabay.com

Namanya juga jurusan sastra, pastinya ada peminatan sastranya, dong. Sebagai dasar untuk memilih peminatan sastra, terdapat empat mata kuliah wajib yang harus diikuti, yaitu Pengantar Kesusastraan, Pengkajian Prosa Indonesia, Pengkajian Puisi Indonesia, dan Pengkajian Drama Indonesia. Prosa, puisi, dan drama itulah yang akan menjadi sumber data dari tugas-tugas matkul peminatan nanti.

Nah, matkul peminatan sastra yang ada di Sastra Indonesia UI itu ada enam, yaitu Sastra Anak, Sastra Melayu Tionghoa, Gender dalam Sastra, Sosiologi Sastra Indonesia, Sastra Bandingan, dan Sastra Populer. Kalau kalian mau fokus di peminatan sastra untuk tugas akhir, semua matkul tersebut harus kalian ambil setiap semesternya. Serunya, sastra ini bisa dianalisis dengan berbagai pendekatan loh, seperti sosiologi, psikologi, sampai analisis gender.

BACA JUGA: Peminatan-peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi UI yang Harus Kamu Tahu

2. Linguistik

Sumber gambar: pixabay.com

Linguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang bahasa, mulai dari unsur terkecil hingga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum kalian memutuskan untuk memilih peminatan ini, ada beberapa matkul wajib yang harus kalian ambil. Matkul tersebut antara lain Pengantar Linguistik Umum, Fonologi Bahasa Indonesia, Morfologi Bahasa Indonesia, Sintaksis Bahasa Indonesia, Semantik dan Pragmatik Bahasa Indonesia, dan Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Masing-masing ilmu tersebut dapat diterapkan pada data penelitian untuk tugas akhir.

Sama seperti peminatan sastra, ada enam matkul peminatan yang harus kalian ambil jika ingin fokus di peminatan linguistik. Matkul-matkul tersebut antara lain Bahasa Isyarat Indonesia, Bahasa-bahasa di Indonesia, Pengantar Sosiolinguistik, Pengantar Leksikografi, Pengajaran Bahasa, dan Pengantar Dialektologi. Selama mengerjakan tugas akhir dari masing-masing matkul, nggak menutup kemungkinan kalau kalian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Antconc, Language Explore, dan SPSS.

3. Filologi

Sumber gambar: pixabay.com

Last but not least, peminatan ketiga yang ada di Sastra Indonesia UI yaitu filologi. Filologi adalah ilmu yang berusaha mengungkapkan hasil budaya bangsa melalui kajian bahasa pada peninggalan dalam bentuk tulisan. Sedehananya, filologi ini mempelajari isi dari naskah-naskah klasih, baik dari segi sastra maupun linguistiknya.

Matkul wajib yang harus kalian ambil jika ingin mendalami filologi yaitu Pengantar Sastra Klasik, Kemahiran Membaca Naskah Klasik, dan Pengkajian Naskah Klasik. Uniknya, pada semester satu kalian akan mendapat matkul Ikhtisar Tata Bahasa Arab sebagai dasar untuk membaca aksara Jawi yang terdapat dalam naskah klasik. Jadi, bisa dibilang kalau peminatan ini memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran karena harus berhadapan dengan naskah kuno.

Sementara itu, sama seperti peminatan lainnya, ada enam matkul peminatan yang harus kalian ambil. Matkul-matkul tersebut antara lain Sastra Wayang, Tradisi Sastra Nusantara, Bahasa Melayu Klasik, Pokok dan Tokoh Sastra Klasik, Sastra Sejarah, dan Sastra Lisan. Sedikit bocoran, kalau kalian akan mengambil peminatan ini, kalian akan sering berkunjung ke Perpustakaan Nasional untuk mencari naskah klasik, loh.

BACA JUGA: 5 Tempat di UI Ini Ramah untuk Kamu yang Introvert

***

Nah, itulah tadi sedikit ulasan mengenai tiga peminatan yang ada di Sastra Indonesia UI. Masih banyak matkul seru yang bisa kalian dapatkan di Sastra Indonesia UI. Kalau kalian punya pertanyaan atau saran ulasan mengenai Sastra Indonesia UI, kalian bisa tulis di kolom komentar, ya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Mahasiswi Sastra Indonesia UI 2017 yang gemar berkhayal dan menuangkannya dalam tulisan. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.blogspot.com ya.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals