Danau yang ada di ui konon merupakan resapan air terbesar di jakarta, dan urat nadi lalulintas air di kota depok. (Nah lho?) jadi kalo mau depok kemarau selama 7 turunan, 4 keluarga dan 12 suku, so… minum aja tuch danau sampai habis. dan dijamin depok jadi gurun dan menurut pakar ke-air-an danau, rasa air danau UI kecut dan baunya amis banget. Namun kalau dari kandungannya, danau ui tajir dengan jasad renik, khususon ganggang hijau dan biota laut kayak ikan sapu-sapu yang menurut “investigasi” sering dipake buat bahan somay & bakso ikan diwilayah depok…?? (what?)hiii…..

Berbicara secara ilmiah danau ui masuk danau jenis “Eutropik” sebutan untuk danau yang dangkal dan kaya akan kandungan makanan, karena fitoplankton sangat produktif. Ciri-cirinya adalah airnya keruh, terdapat bermacam-macam organisme, dan oksigen terdapat di daerah profundal. Danau oligotrofik dapat berkembang menjadi danau eutrofik akibat adanya materi-materi organik yang masuk dan endapan. Perubahan ini juga dapat dipercepat oleh aktivitas manusia, misalnya dari sisa-sisa pupuk buatan pertanian dan timbunan sampah kota yang memperkaya danau dengan buangan sejumlah nitrogen dan fosfor. Akibatnya terjadi peledakan populasi ganggang atau blooming, sehingga terjadi produksi detritus yang berlebihan yang akhirnya menghabiskan suplai oksigen di danau tersebut.

Pengkayaan danau seperti ini disebut “eutrofikasi”. Eutrofikasi membuat air tidak dapat digunakan lagi dan mengurangi nilai keindahan danau. itulah yang terjadi di danau UI secara keseluruhan.

oh ya sebentar berangkat dari KONON…..katanya UI tuh dulunya suatu daerah yang berupa sawah yaitu sekitar Fakultas Ilmu Budaya dan Pusat Studi Jepang. Selain itu ada yang berupa semak belukar yaitu tanah sekitar fakultas Psikologi dan lainnya agak sereum nie, Whats that??…KUBURAN!!! hyaaa….konon yang sekarang jadi gedung fakultas Mipa, lapangan Hockey dan sekitar Menara air. (wah pantas tuch…pas pulang jalan kaki abis MPK olahraga sorean magrib lewat menara air itu..hihiii..gmn gtu..)

Kembali kepada topik khusus kita yaitu tentang danau, yupz… Danau ui!! Seperti yang pertama kali disinggung bahwa danau UI sangat vital sekali kiprahnya bagi DKI dan depok. Nah bagi temen-temen yang belum tau, UI memiliki 6 danau besar. kenapa ada kata besarnya? (untuk menghindari polemik yang sering terjadi di antara civitas UI yang mengatakan lebih dari 6 danau di UI). karena memang ada danau-danau kecil. Hal yang menarik adalah danau-danau itu diberi nama Danau Salam, Ulin, Puspa, Mahoni, Agathis, dan Kenanga. (Lho?? apanya yang menarik??)..yach sebagian yang tahu pasti sudah tahu akan keunikan dari nama-nama tersebut.

Ayoo jawab apa keunikannya..?? oh ya bagi yang belum tahu letak-letak danau itu..

advertisement
  1. Kenanga -> dibatasi oleh MUI-balairung-gd.science park (inkubator bisnis UI)
  2. Aghatis -> dibatasi PNJ-lapangan olahraga/hockey-lab parang topo
  3. Mahoni -> diapit FIB-FT+FE (yang ada jembatan texas)
  4. Puspa -> yang paling deket dengan FE tapi tepat berada di luar lingkar jalan UI. (di sekitar dalam hutan)
  5. Ulin -> kelanjutan dari danau puspa ke arah timur (arah asrama UI)
  6. Salam -> paling dekat dengan asrama, resto mang engking.

Kalo mengupas dari asal nama2 nya, itu nama-nama ilmiah dari pohon2 yang telah setia berada di UI. sebagai bukti coba saja sekali-kali mengadakan “perjalan hutan” sambil liat-liat nanti bakalan nemu deh semua jenis pohon itu. Selain itu, menurut data yg sahih dan bisa dipercaya UI dahulu berupa kebun karet yang ditanam. (banyak kan tuch karet-karet yang disadap getahnya ma tukang2 itu..) Yang menarik lagi adalah mereka yang menanamnya dulu ternyata anak2 UI sendiri saat awal2 UI pindah dari jakarte ke Depok.

Setelah tadi bercerita konon,,Nah sekarang “legenda”..danau UI-nya. Biasanya kan di indonesia kayak akan suatu ledenda, misalnya tangkuban perahu, pantai selatan, danau toba….Na legenda danau UI..Apa coba??? hm…. karena danau Ui itu adalah buatan maka hampir2 gak ada tuh legenda kayak “sangkuriangnya Tangkuban Perahu” atau “Nyi Blorong Pantai selatan”..tapi jangan kecewa dulu biarpun bergitu danau UI tidak kalah dengan legenda cinta,, (lho?? ) Yupz…dari dulu sampai sekarang danau UI masih laku keras sebagai objek wisata untuk menghabiskan waktu dengan sang pacar..alias pacaran dipinggir danau. hehe…eh..

Ada juga nie yang agak serem yaitu legenda soal mahasiswi fakultas teknik UI yang meninggal pas berangkat wisuda. Tidak tau deh cara meninggalnya gimana yang jelas dari investigasi penulis (halah..!!) didapatkan kalau anak perempuan itu tidak rela mati sebelum wisuda. Nah kemudian setiap tahun UI wisuda, selalu ada penampakan dia. Namun sekali lagi uniknya…(selalu aja ada yang unik) yaitu hantu ini penampakannya normal, gak pake ngesot atau bedarah2 kayak di TV2. mengkin karena si hantu ribet dan kagok aja kalo pake konde ama toga trus harus jalan ngesot (he..bcanda denk..). Oh ya katanya lagi dia biasa menampakkan saat ada wisudawan yang mengenakan toga sedang berdiri dipinggir danau rektorat dan kadang2 dia ikutan foto juga (mungkin doi mau upload di fesbuk kali ye..hehe..)

yach segitu dulu aja artikel dari ane… silakan pilah-pilah mana legenda, mitos ataupun fakta. semua tercampur sengaja demi kenikmatan wacana, hehe..peace!! (^_^)

sumber :

  1. ui.ac.id, data danau ui, map peta UI
  2. tanya2 sana sini , baca2 atas bawah, denger2 ini itu, liat2 kiri kanan
  3. and thanks to “cyril” sang sumber yang serba tau…


[reaction_buttons]

advertisement