Sekilas Tentang SIAK-NG: Apa dan Bisa Ngapain Aja Ya?

Mahasiswa UI tidak akan terlepas dari SIAK NG sampai ia wisuda.  Nah, teruntuk kamu mahasiswa baru atau calon mahasiswa UI, wajib banget nih untuk tahu seputar SIAK NG ini. Yuk kepoin.


0

Mahasiswa UI pastinya sudah tidak asing dengan nama SIAK NG, karena SIAK NG adalah hal yang selalu “ditemui” terutama saat menuju pergantian semester. Nah, buat kamu mahasiswa baru atau bua yang kepo SIAK NG itu apa kamu bisa simak ulasan berikut.

SIAK NG merupakan singkatan dari Sistem Informasi Akademik Next Generation UI, sebuah situs yang disediakan oleh Universitas Indonesia  yang berfungsi untuk berbagai hal yang berkaitan dengan sistem akademik di Universitas Indonesia. Jadi, untuk mahasiswa UI sendiri pastinya tidak bisa terlepas dari SIAK NG ini.  Jadi, buat kamu mahasiswa baru wajib banget untuk tahu seputar SIAK NG ini. Lantas apa saja sih yang bisa dilihat dan dilakukan di SIAK NG ini?

1. Pengumuman dan Informasi

Jika kamu buka pada bagian home di SIAK NG kamu bisa melihat berbagai informasi maupun pengumuman soal  hal-hal yang berkaitan dengan akademik sesuai dengan fakultas kamu. Informasi yang ada pun bermacam-macam mulai dari berbagai kegiatan dan teknis pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan di fakultas seperti rangkaian orientasi untuk mahasiswa baru, pelatihan, tes, dan lain-lain.

Selain itu, terdapat juga berbagai pengumuman termasuk pengumuman asisten mahasiswa untuk mata kuliah fakultas, lho! Jadi, di situs ini kamu bisa update berbagai informasi dari fakultas kamu.

2. Jadwal Kuliah

Di situs ini, kamu juga bisa mengetahui informasi mengenai mata kuliah apa saja yang ada baik sesuai dengan fakultas maupun departemen kamu. Penjelasan yang diberikan juga lengkap mulai nama mata kuliah yang ada, jumlah SKS, waktu, semester, hingga ruangan dan terkadang nama dosen yang mengajar mata kuliah tersebut.

Selain itu, di jadwal kuliah ini juga sudah terbagi menjadi berbagai segmentasi termasuk kelas internal dan juga kelas eksternal. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui mata kuliah apa saja yang ada untuk nantinya kamu ambil saat semester baru dan juga kamu bisa mengatur jadwal kuliah kamu agar tidak terjadi bentrok dengan kelas untuk mata muliah lainnya.

BACA JUGA: 7 Cara Belajar Efektif Solusi Bagi Para Pecinta SKS

3. SIAK WAR

siak war
Sumber: rufindhi

Sudah tidak asing bukan dengan istilah siak war? Nah buat kamu yang pernah mendengar ini, SIAK WAR sendiri dilakukan di situs SIAK NG ini. Adapun SIAK WAR ini adalah istilah untuk kita melakukan pengisian jadwal kuliah untuk semester  berikutnya. Ini adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan dengan menggunakan situs SIAK NG.

Di sini kamu akan melakukan mulai dari pengisian IRS hingga IRS tersebut disetujui oleh dosen pembimbing kamu yang akhirnya nantinya menjadi jadwal kuliah tetap kamu untuk semester berikutnya. Dengan pengisian jadwal menggunakan sistem seperti ini, pastinya setiap orang akan memperoleh kelas sesuai dengan kuota yang tersedia.

BACA JUGA: Mau Menang SIAK WAR? Jangan Lupa 4 Hal Berikut!

4. Informasi Akademik Pribadi

Hal lain yang bisa kamu lihat pada SIAK NG ini adalah ringkasan mengenai informasi akademi diri kamu. Mulai dari data diri hingga IP dan IPK kamu pada setiap semester. Kamu juga bisa melihat grafik yang sudah disediakan untuk IP dan IPK tersebut. Selain itu kamu juga bisa melihat status pembayaran kuliah kamu apakah ada tagihan atau tidak berikut nominalnya. Jika kamu sudah memasuki tahun akhir, kamu juga akan melakukan pendataan mengenai seminar dan skripsi kamu pada situs ini.

Itulah beberapa diantaranya hal-hal yang bisa kamu lakukan pada situs SIAK NG, situs wajibnya anak anak UI. Jangan lupa cari tahu lebih banyak lagi ya untuk menunjang akademis kamu di UI!

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK Unik di SIAK-NG


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply