Selain Klinik Satelit, Kamu Bisa Konsultasi Psikologis Di Sini Lho!

Kamu gak perlu bingung jauh-jauh mencari layanan psikologis untuk dirimu maupun keluarga. Ternyata, di lingkungan UI pun tersedia layanan psikologis yang terbuka untuk umum. Jadi, kamu gak perlu heran kalau ketika kamu datang ke sini, kamu akan melihat pasien yang ada memiliki latar belakang yang beragam.


0

Akhir-akhir ini, aku sebagai anak psikologi cukup prihatin melihat banyaknya teman mahasiswa yang mengeluh tentang kesehatan mental yang dimilikinya. Baik karena adanya gangguan yang sudah lama mereka miliki maupun karena gangguan kesehatan mental yang dimiliki orang di sekitar mereka. Keluhan ini muncul sebelum dan selama masa pandemi COVID 19. Pandemi yang muncul tiba-tiba ini juga dapat memburuk kesehatan mental mereka dan keluarga karena adanya ketetapan untuk  di rumah aja. Kecemasan dan gangguan lainnya bisa muncul karena mereka dipaksa untuk  tinggal di rumah dan mereka tidak terbiasa akan hal itu. Ada dari mereka yang  memiliki masalah dengan orang di rumah, atau masalah kesehatan mental pada umumnya, sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka karena mereka tidak tahu kemana mereka harus bercerita. Duh, gimana ya?

Apakah kamu sudah pernah mencoba layanan konseling psikologi?

Sumber: Depok Pos

Teman-teman, jujur saja, datang ke psikolog memang masih dijadikan stigma oleh masyarakat luas. Bahkan anak UI sekali pun masih enggan untuk menggunakan layanan ini. Takut dicap gila, salah satunya. Gak heran karena adanya stigma ini, mahasiswa cuma mau datang ke psikolog untuk konsultasi saat semuanya sudah cukup parah. Padahal, layanan ini seharusnya sudah bisa digunakan untuk kalian yang mulai merasa tidak bisa melakukan kegiatan dengan produktif karena stres, tidurnya tidak teratur, atau bahkan sekedar konsultasi IPK kalian yang turun. Jadi, kalian tidak perlu takut psikolog yang melayani kalian akan mengabaikan kalian karena permasalahan kalian dianggap sepele. Lagian, UI kan sudah menyediakan tempat dan tenaga ahli untuk mahasiswanya. Masa gak kalian manfaatin?

Kebanyakan mahasiswa UI pastinya tahu, bahwa di klinik satelit mahasiswa UI bisa menggunakan jasa psikologis berupa konseling mahasiswa secara cuma-cuma. Tetapi gak sedikit juga yang merasa layanan di klinik satelit kurang memuaskan, ya tentunya karena jumlah tenaga profesional yang terbatas sehingga membuat mahasiswa harus menunggu lama untuk mendapatkan layanan ini. Padahal, mereka hanya bisa pergi ke klinik di sela-sela jam kosong perkuliahan. Hal ini yang membuat mahasiswa harus berpikir dua kali untuk menggunakan layanan psikologis di klinik satelit. Apalagi, layanan di klinik ini sepertinya terbatas untuk mahasiswa UI saja,

Tenang aja temen-temen, kamu gak perlu bingung jauh-jauh mencari layanan psikologis untuk dirimu maupun keluarga. Ternyata, di lingkungan UI pun tersedia layanan psikologis yang terbuka untuk umum. Jadi, kamu gak perlu heran kalau ketika kamu datang ke sini, kamu akan melihat pasien yang ada memiliki latar belakang yang beragam. Mulai dari anak-anak sampai lansia.

BACA JUGA: Narsistik, Saat Semuanya Tentang Mereka

Wah di mana tuh? Kok gue baru tahu?

Kenalan yuk dengan klinik terpadu Psikologi UI. Klinik ini adalah klinik yang bertujuan untuk memberikan pelayanan psikologi yang komprehensif, profesional, dan terintegrasi dengan masyarakat luas. Terus-terus, bagaimana dengan tenaga profesional yang bekerja di sini?

Kamu gak perlu lagi meragukan kredibilitas dari psikolog yang bertugas di klinik ini. Psikolog-psikolog yang praktek di sini telah memiliki izin praktek dari Himpunan Psikologi Indonesia. Kalau kamu gak percaya, kamu bisa cek langsung izin praktek mereka di internet jadi kamu gak perlu takut psikolog kamu psikolog abal-abal yang malpraktek, kayak yang waktu itu sempet heboh tuh.

Di sini kita bisa dapetin layanan aja?

Nah, di Klinik Terpadu Psikologi UI, terdapat banyak layanan psikologi yang bisa kamu gunakan. Antara lain:

  • Konseling dan psikoterapi untuk individu (anak-anak dan dewasa) yang mencakup berbagai masalah psikologis seperti gejala depresi, kecemasan, masalah dalam hubungan personal, masalah perilaku, akademik, perkawinan, serta pengasuhan
  • Pemeriksaan psikologis, diantaranya : Tes kematangan sekolah, Tes inteligensi (IQ), Tes minat bakat (SMP-SMA), pemeriksaan untuk anak-anak berkebutuhan khusus.
  • Kerjasama dengan berbagai institusi untuk pemeriksaan psikologis dan Tes Potensi Akademik untuk kebutuhan seleksi dan asesmen.

Tuh kan banyak banget. Kalau kamu tertarik dan merasa membutuhkan layanan yang ditawarkan, kamu bisa langsung datang ke Fakultas Psikologi UI Kampus Depok. Klinik ini terletak di bagian belakang fakultas bersebelahan dengan ATM BTN dan BNI. Emang agak tersembunyi sih, tapi kamu bisa tanya dengan pak satpam yang berjaga di tempat parkir. Atau mahasiswa yang berseliweran di area fakultas. Pasti dikasitau kok!

BACA JUGA: 7 Tanda Kamu Ada Dalam Toxic Relationship dan Alasan Kenapa Kamu Harus Mengakhirinya

Oh ya bagaimana prosedur pendaftarannya? Apakah rumit buat yang baaru pertama kali daftar?

Sumber: klinik psiko ui

Saat kalian datang ke Klinik Terpadu, kalian akan menemui ruangan yang mirip dengan klinik pada umumnya. Kalian harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di resepsionis. Untuk pendaftaran, kamu harus mengisi secara lengkap biodata dan keluhanmu dan juga jangan lupa sediakan uang sebesar Rp.20.000 untuk biaya administrasi. Setelah itu kamu bisa duduk di sofa-sofa yang disediakan di ruang tunggu. Oh ya, ada juga lho ruang bermain untuk anak.

Setelah tiba giliranmu, kamu bisa masuk ke dalam ruangan-ruangan kecil yang sudah disediakan untuk kamu berkonsultasi dengan psikolog. Di ruangan ini, kamu gak perlu takut kepanasan karena ada AC yang cukup dingin, lalu terdapat juga dua buah kursi dan meja untuk kamu berkonsultasi dengan psikolog. Kamu harus menyediakan waktu minimal satu jam setiap sesinya, tergantung dengan masalah yang kamu miliki. Kalau kamu berkenan untuk melanjutkan sesi di keesokan harinya atau di minggu berikutnya dan kamu merasa psikolog yang kamu temui pertama kali itu kurang dalam memahami masalahmu, kamu bisa kok berganti psikolog di sesi berikutnya. Nemu psikolog yang pas itu sama dengan nyari pacar nih guys, cocok-cocokan!

Terakhir nih, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan?

Tentunya, tarif yang dikenakan di Klinik Terpadu Psikologi UI jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya konsultasi psikologi di luar sana. Selain untuk administrasi, kamu hanya harus membayar sebesar Rp.125.000/jam untuk konsultasi dengan mahasiswa praktek, sementara kalau kamu ingin konsultasi dengan psikolog, tarif yang dikenakan adalah Rp.170.000/jam. Hmm.. terjangkau banget kan?

Untuk meyakinkan dirimu, kamu bisa baca-baca dulu di internet pendapat mereka yang sebelumnya telah menggunakan layanan psikologis di sini, lalu pendapat mereka yang menggunakan layanan psikologis di luar UI. Yang mana yang menurutmu paling cocok bisa kamu pilih. Semoga membantu!

BACA JUGA: Anak UI, Kalau Kalian Sakit, Begini Caranya Berobat di PKM


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Cindy

Cindy is a psychology student who is also a passionate writer and book reader.

0 Comments

Leave a Reply