Berita singkatnya: Selamat buat Muchdlir Zauhariy (Johar), FE/Akuntansi/2006, Mapres Utama UI 2009, karena telah berhasil menjadi Mapres Utama Nasional 2009 dan ‘mengembalikan’ kejayaan mahasiswa UI di tanah air!

Berita panjangnya:Perhelatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional kembali digelar. Pada tahun ini Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Departemen Pendidikan Nasional mengehelat pemilihan tersebut dalam rangkaian acara Pemilihan Akademisi Berprestasi 2009. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini selain dilakukan pemilihan mahasiswa dan dosen berprestasi, DIKTI juga menggelar pemilihan laboran berprestasi, kepala program studi berprestasi, tenaga akademisi berprestasi dan juga pustakawan berprestasi. Total ada 15 finalis di setiap pemilihan tersebut yang bertanding dalam acara yang dihelat selama 5 hari dari tanggal 27-31 Juli di Jakarta tersebut. Perbedaan lainnya, DIKTI juga mengundang seluruh peserta seleksi pemilihan akademisi berprestasi di keenam bidang tersebut, sehingga total ada sekitar tiga ratusan akademisi dari seluruh penjuru Tanah Air.

Total peserta dalam pemilihan mahasiswa berprestasi nasional tahun ini mencapai 84 orang. Sedangkan ke-15 finalis yang lolos ke seleksi akhir adalah:

  1. DM Ria Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta),
  2. Achmad Syauqi (Universitas Islam Sultan Agung Semarang),
  3. Eko Heriyanto (Universitas Negeri Semarang),
  4. Muchdlir Zauhariy (Universitas Indonesia),
  5. Halim Raemon Ciakaren (Universitas Kristen Petra Surabaya),
  6. R. Ahmad Anggi Hakim (Universitas Brawijaya),
  7. Michelle Ayu Chinta K. (Universitas Gadjah Mada),
  8. Galih Nugroho (Institut Pertanian Bogor),
  9. Utri Fitria (Universitas Muhammadiyah Palembang),
  10. Tya Arizona (Universitas Padjajaran),
  11. Gede Putra Kartika Wijaya (Universitas Udayana),
  12. I Kadek Darsika Aryantha (Universitas Pendidika Ganesha),
  13. Anika Sedyaning Wikanti (Universitas Islam Indonesia),
  14. Ekachaeryanti Zain (Universitas Hasanuddin), dan
  15. Steven Tandean (Universitas Sumatera Utara).
Finalis Mapres Nasional 2009

Finalis Mapres Nasional 2009

Rangkaian seleksi untuk mapres dilakukan secara paralel pada tanggal 27-28 Juli lalu. Sedangkan tahapan tes yang harus dilalui oleh para finalis meliputi psikotes, wawancara ekstrakurikuler, tes bahasa Inggris dan presentasi karya tulis. Setelah melalui penilaian yang ketat dan panjang, dewan juri yang terdiri dari satu orang koordinator dan 15 juri anggota akhirnya memilih Muchdlir Zauhariy (Universitas Indonesia) sebagai juara 1, Eko Heriyanto (Universitas Negeri Semarang) sebagai juara 2, dan Ekachaeryanti Zain (Universitas Hasanuddin) sebagai juara 3. Dalam Malam Penganugerahan Akademisi Berprestasi 2009 yang digelar pada tanggal 29 Juli 2009, Universitas Indonesia juga meraih juara 3 untuk pemilihan dosen berprestasi 2009. atas nama Prof. DR. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM.

KIRI KE KANAN-Johar-Eko-Eka

KIRI KE KANAN-Johar-Eko-Eka

KIRI KE KANAN- Ibu Illah Sailah (Direktur Akademik DIKTI)-Johar-Bapak Fasli Jalal (Dirjen DIKTI)-Ibu Riri (dosen berprestasi UI)

KIRI KE KANAN- Ibu Illah Sailah (Direktur Akademik DIKTI)-Johar-Bapak Fasli Jalal (Dirjen DIKTI)-Ibu Riri (dosen berprestasi UI)

Acara pemilihan akademisi berprestasi 2009 ini juga diisi oleh berbagai kegiatan lain di luar kompetisi seperti diskusi dengan Dirjen DIKTI Prof. Fasli Jalal, training motivasi, diskusi dengan semua peserta terkait dengan isu pendidikan, pelatihan ESQ oleh Ary Ginandjar, dan juga wisata pendidikan ke Taman Mini Indonesia Indah.

advertisement

Diharapkan melalui penyelenggaraan acara ini, nantinya akan tercipta akademis-akademisi Indonesia yang berkulitas, yang nantinya akan mampu memberikan dan berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan Indonesia khususnya dan Indonesia umumnya.

Penutup-OOT: Johar itu juga aktif nulis di anakUI.com lho.. Liat aja tulisan2nya. Jadi, rajin nulis di anakUI.com insya Allah membuka jalan ke berbagai kegiatan prestasi 🙂



[reaction_buttons]