Semarak Lingkungan Hidup 2013

Semarak Lingkungan Hidup 2013 merupakan program kerja dari Environmental Health Student Association (Envihsa) bidang Pengabdian Masyarakat, Departemen Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Semarak Lingkungan Hidup 2013 diselenggarakan sebagai salah satu ajang pelajar/ mahasiswa Jabodetabek dalam mengekpresikan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui ajang kreativitas. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas perihal pengelolaan sampah dengan metode bank sampah.  Semarak Lingkungan Hidup 2013 juga dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Kegiatan dalam Semarak Lingkungan Hidup 2013  dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Talkshow Inspiratif
2. Environmental Art Work Competition
3. Pameran Hasil Daur Ulang Sampa

Talkshow Inspiratif

Talkshow ini mengangkat tema “Garbage Bank: Turning Trash to Cash for Better Environment”. Dalam talkshow ini akan disajikan pembahasan mengenai pengelolaan sampah dengan metode bank sampah serta praktik pemanfaatan sampah untuk kehidupan sehari-hari oleh para tokoh-tokoh lingkungan yang ahli dalam bidangnya. Talkshow ini diselenggarakan untuk memberikan inspirasi dan pengetahuan kepada setiap peserta mengenai pentingnya pengeolaan dan pemanfaatan sampah sebagai bahan yang bernilai ekonomis.

Desain dan Produk Tempat Sampah Terintegrasi

Lomba yang diadakan berupa lomba membuat desain dan produk jadi tempat sampah yang kreatif, inovatif, dan ideal. Lomba ini diikuti oleh individu/ perkelompok sebanyak 3-5 orang dengan sasaran pelajar SMA/SMK dan mahasiswa se-Jabodetabek. Lomba ini merupakan salah satu ajang kreativitas pelajar dan mahasiswa sebagai bentuk implementasi kepedulian mereka terhadap lingkungan, khususnya sampah.

Desain Stiker Pemilahan Sampah

Lomba yang diadakan berupa lomba disain stiker mengenai pemilahan sampah. Lomba ini diikuti oleh perorangan dan hasilnya akan dicetak dan ditempel pada tempat-tempat sampah di lingkungan sekitar UI. Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terhadap kegiatan talkshow yang akan diadakan. Selain itu, lomba ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta kepedulian mahasiswa dan masyarakat mengenai pentingnya membuang sampah sesuai jenisnya.

Pameran Hasil Ulang Daur Sampah

Kegiatan ini merupakan pameran produk inovatif daur ulang sampah hasil dari kreasi masyarakat Situ Pladen, Depok, Jawa Barat dalam upaya memperkenalkan barang hasil daur ulang sampah.  Pameran ini diselenggarakan sebagai bentuk output kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang telah diberikan Envihsa FKM UI kepada masyarakat Situ Pladen. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemanfaatan sampah, serta adanya penjualan produk dalam upaya peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat Situ Pladen.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA