(Seminar Mahasiswa Berprestasi 2011) Pribadi Setyanto: Penting Manfaatkan Potensi di UI


0

Juri kompetisi mahasiswa berprestasi tingkat Universitas Indonesia (UI) dan nasional, Pribadi Setyanto mengungkapkan bahwa memiliki semangat berprestasi adalah penting bagi mahasiswa Universitas Indonesia. Pribadi hadir sebagai pembicara pada acara Seminar Mahasiswa Berprestasi 2011 pada Sabtu, 12 November 2011 bersama Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Arman Nefi, S. H, MM.

Pada acara yang diadakan di Auditorium Gedung M, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI, Kampus Baru Depok Pribadi mengungkapkan, “Saya rasa memanfaatkan seluruh pontensi anda adalah wajib di UI, karena fasilitas, pengelolaan, dan pendidikan sudah disiapkan dengan sangat baik. Wajib hukumnya buat anda untuk berprestasi. Yah, apes-apesnya jadi mapres (mahasiswa berprestasi) lah.” Selain itu, ia mengungkapkan pentingnya berkontribusi di dunia kampus, “Percayalah berbuat, berbuat, berbuat itu tidak merugikan anda. Percayalah, berkontribusi itu tidak membuat anda miskin, malah semakin menguntungkan anda.”.

Pribadi berbicara dalam kapasitasnya untuk membeberkan apa saja syarat untuk menjadi mahasiswa berprestasi tingkat UI. Sementara, Arman mewakili pihak rektorat untuk memberi arahan cara membuat Curriculum Vitae (CV) yang memenuhi standar dewan juri kompetisi ini.

Arman mengungkapkan bahwa memiliki kontribusi dan mampu dokumentasikannya dalam bentuk CV adalah unsur penting untuk menjadi mahasiswa berprestasi, “Kalau dari bahasa Inggris dan makalah, terutama pada tingkat tiga atau lima besar, angkanya tidak begitu besar, sangat tipis. Sehingga, faktor CV itu memang paling menentu. Kalau CV itu skornya memang besar.”

Wakil Rektor yang merupakan alumni Fakultas Hukum UI ini mengungkapkan bahwa ada beberapa indikator penting untuk memenangi kompetisi mahasiswa berprestasi, termasuk seberapa tinggi tingkat kegiatan akademis dan non akademis yang dilakukan mahasiswa, “Periksa kembali, bahwa kita cuma boleh membatasi lima (kegiatan) pada setiap item yang dinilai. Tentu saja kalau skalanya internasional lebih besar, dong, daripada skalanya nasional. Kalau skalanya universitas, tentunya lebih besar, dong, daripada tingkat departemen”.

Acara yang dihadiri oleh 77 mahasiswa ini merupakan proyek dari Departemen Pendidikan dan Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia. Project Officer (PO) seminar, Achmad Afrizal (FH 2010) mengungkapkan perhatian BEM UI pada kompetisi ini, “Banyak anak-anak UI yang tahu indikator penilaian, tapi dari mulut-mulut. Untuk memberikan informasi kredibel, kita kasih indikator dari juri dan rektorat.”

Seminar Mahasiswa Berprestasi 2011 terdiri dari dua acara yang diselingi dengan pagelaran musik dan makan siang dari panitia. Seminar pertama yang berjudul “Serbar-Serbi Mapres” kemudian dilanjutkan dengan talkshow “Sharing Bersama Mapres dan Alumni UI” yang menghadirkan Andreas Senjaya, Juara 2 Mahasiswa Berprestasi UI dan Riza Perdana Kusuma, alumni UI yang sekarang menjadi General Manager (GM) PT. Garuda Indonesia. Acara ini dimulai pukul 9.30 WIB dan berakhir pukul 16.30 WIB.

(Ahmad Tombak Islam Al Ayyubi, Komunikasi FISIP 2010)


Like it? Share with your friends!

0
Ahmad Tombak Islam Al Ayyubi
Cogito, ergo sum (I am thinking, therefore I am)

2 Comments

Leave a Reply

  1. wah, bang arman sejak kapan jd wakil rektor bidang kemahasiswaan? Dan emangnya ada struktur itu di wakil rektor ya?

    Terakhir yg gw tahu, dia kasubdit penalaran dan prestasi mahasiswa (gatau nama struktur benernya apa), di bawahnya mas kamar sbg direktur kemahasiswaan..