Seminar Nasional Rescuing Our Culture BEM FIB UI 8 Desember 2009


0

Seminar Budaya

Departemen Kajian Budaya BEM FIB UI mengundang anda sekalian untuk menghadiri seminar nasional Rescuing Our Culture dan launching Jurnal Budaya Kohesi. Pada Selasa, 8 Desember 2009 pukul 10:30 s.d 17:30 wib di Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Kampus baru Depok. Free entry & certificate. info lihat di kohesi.org

Deskripsi

Masih lekang dalam benak tindakan klaim sepihak Malaysia terhadap beberapa kekayaan intelektualitas bangsa Indonesia. Reog Ponorogo yang di sana disebut Barongan, Batik, dan yang terakhir ini Tari Pendet tak luput dari daftar kekayaan budaya Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga serumpun itu. Ketika tindakan klaimisasi itu terjadi, serentak rakyat bereaksi. Mengecam, mengutuk, dan mengungkit-ungkit jasa bangsa Indonesia yang telah diberikan kepada Malaysia dulu. Akan tetapi, perlahan kasus ini mendingin dan tak ada tindak lanjut yang berarti, baik yang dilakukan oleh pemerintah ataupun masyarakat yang notabene-nya adalah subjek dalam mempertahankan budaya Indonesia.

Jika kita melihat fenomena ini lebih jauh, siapakah yang bertanggung jawab? Apakah Malaysia mengemban kesalahan sepenuhnya karena sudah mengklaim beberapa hasil kebudayaan Indonesia? Atau sebaliknya, kesalahan terletak pada bangsa Indonesia yang tidak menjaga hasil kekayaan intelektualitasnya, sehingga demikian mudahnya “dicuri” oleh bangsa lain? Semua pertanyaan tersebut tidak dapat dijawab secara sporadis. Perlu sebuah kajian mendalam dan sistematis hingga kita bisa memastikan bahwa kita adalah pemilik sah kebudayaan itu atau sebaliknya.

Mahasiswa sebagai motor penggerak intelektualitas sudah seharusnya memberikan kontribusi nyata dalam menyelamatkan budaya yang menjadi identitas peradaban bangsa. Kajian dan pemikiran kritis mahasiswa adalah bentuk konkrit dalam membuka pemahaman masyarakat akan pentingnya budaya. Tidak ada waktu untuk menunda, terlebih berleha-leha dan terlena begitu saja dengan fasilitas dan kemudahan hidup yang tersedia di depan mata. Budaya kita dalam bahaya, dan dapat “diambil” oleh siapapun kapan saja.

Oleh karena itu, Departemen Kajian Budaya Badan Eksekutif Mahasiswa FIB UI 2009 sebagai departemen yang memfokuskan diri pada hal-hal yang berkenaan dengan budaya mengundang anda sekalian untuk hadir dalam seminar nasional Rescuing Our Culture dan Launching Jurnal Budaya Kohesi volume 1 sebagai manifestasi atas akumulasi kesadaran untuk memperkuat ketahanan nasional melalui kajian dan telaah ilmiah.

Adapun acara ini akan diselenggarakan pada

Hari/tanggal: Selasa, 8 Desember 2009
Waktu : 10:30 s.d 17:30 WIB
tempat : Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia kampus baru Depok.

Dalam seminar ini akan ada dua sesi talkshow dengan masing-masing topik:

1. Persoalan Paten Budaya dan Implikasinya bagi Keutuhan Nasional.

pembicara:
– Hokky Situngkir (Presiden Bandung FE Institute)
– Hartojo Wignjowijoto (Chairman Lembaga Studi Kapasitas Nasional).
– Dr. Bachtiar Alam (Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia).

2. Prospek Pendidikan Bermuatan Lokal dalam Menjaga Budaya Bangsa.

pembicara:
– Prof.DR. Fasli Jalal (Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional)
– Prof. Arief Rachman (Pakar Pendidikan)
– Dr. Bambang Wibawarta (Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia)
– Dr. Lucia Mursitolaksmi Royanto (Pengajar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia).

Selanjutnya rangkaian acara seminar akan ditutup dengan launching Jurnal Budaya Kohesi volume pertama yang merupakan jurnal mahasiswa pertama di FIB UI. Serta akan dilakukan pula pembagian penghargaan terhadap 12 orang kontributor tulisan dalam penyusunan jurnal yang berasal dari mahasiswa seluruh Indonesia.

Seminar dibuka gratis untuk mahasiswa dan pelajar seluruh Indonesia, pemerhati budaya, praktisi dunia pendidikan, dan masyarakat umum. Dapatkan pula sertifikat untuk peserta yang mengikuti seminar sampai akhir acara. Free entry and certificate.

info lengkap dapat hubungi:
1. Nila Rahma (project Officer) 085640336342
2. Dimas Prasetyo (Sekertaris Umum) 021 23745370
3. Wahyu Awaludin (Public Relation) 085697910069

atau kunjungi website kami di Kohesi.org


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Dimas Prasetyo Muharam
masih kuliah di sastra Inggris UI sampai insya allah tahun 2011 nanti. Punya hobi menulis, blogging, web programming, dan main catur. Visit blog pribadi saya di http://www.dimasprasetyo.net serta kegiatan komunitas kami di alamat http://www.kartunet.com

2 Comments

Leave a Reply