Seminar Online FKM UI Seri 9: Departemen K3 Luncurkan Buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri”

Buku Konsep Dasar Toksikologi Industri ini dapat membantu mahasiswa kesehatan masyarakat maupun pekerja industri. Buku ini membahas gambaran hal-hal yang substansif sebagai gambaran dasar jika ingin mempelajari hal-hal terkait toksikologi.


-1
-1 points

Halo, Anak UI! Tahu gak, kalau dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tidak pernah terpisah dengan bahan-bahan kimia? Namun, tanpa kita sadari, dosis yang berlebihan tersebut dapat bersifat beracun atau toksik. Peran tenaga kesehatan, termasuk dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja sangat dibutuhkan dalam mengelola hal ini. Untuk itu, lahirlah buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri” yang diharapkan dapat membantu mahasiswa kesehatan masyarakat maupun pekerja industri.

FKM UI. (Sumber: Kesmas-ID)

Buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri” ini diluncurkan berbarengan dengan Seminar Online Seri 9 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, pada Selasa (2/5/2021) pukul 09.30 WIB. Peluncuran buku ini dihadiri oleh Prof. Dr. dr. L. Meily Kurniasidjaja, M.S., Sp.Ok. dan Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D., (Guru Besar Departemen K3 FKM UI), Indri Hapsari Susilowati, S.K.M, M.K.K.K. Ph.D (Kepala Departemen K3 FKM UI), dan Prof. Dr. fr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc. (Dekan FKM UI).

Memahami Prinsip Kesehatan Masyarakat

Buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri” membahas mengenai mengelola bahan-bahan toksikan dengan selamat dan sehat. Selain untuk tenaga pendidikan dan pekerja industri, Prof. Sabarinah juga berharap bahwa buku-buku dan karya ilmiah FKM UI dapat digunakan masyarakat luas untuk memahami prinsip kesehatan masyarakat.

“Sudah satu tahun pandemi COVID-19 berlalu. Kami tidak lelah menyampaikan prinsip kesehatan masyarakat yang terdiri dari pencegahan primer, sekunder, tersier. UI mendorong karya-karya ilmiah agar prinsip-prinsip tersebut dapat diketahui masyarakat secara luas.”

Terlahir Dari Beberapa Modul Dosen

Sumber: Youtube IT FKMUI

Buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri” ditulis oleh empat penulis utama, yaitu Prof. Dr. dr. L. Meily Kurniasidjaja, M.S., Sp.Ok., Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D., Mila Tejamaya, S.Si., M.O.H.S., Ph.D., dan Doni Hikmat Ramdhan., S.K.M., M.K.K.K., Ph.D. Terdapat juga kontributor yang turut berkontribusi dalam buku ini, yaitu Dr. dr. Iqbal Mochtar, M.P.H., M.K.K.K., Dipl.Card., D.Occ.Med., Ike Pujiriani, S.K.M., M.K.K.K., dan Abdul Kadir, S.K.M., M.Sc.

Penulisan buku ini bermula sejak tahun 2007. Menurut Prof. Meily, sebagai dosen, mereka menganggap toksikologi adalah mata ajar yang “kering”. Padahal, semua orang dengan “terpaksa” hidup berdampingan dengan bahan kimia karena tidak bisa hidup tanpa bahan kimia di sekitar.

Karena adanya keresahan itu dan kebutuhan pengetahuan akan Toksikologi, beberapa dosen terpacu untuk membuatnya. Akhirnya, dibentuk juga beberapa modul-modul yang kemudian menjadi cikal bakal dari lahirnya buku ini.

“Buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri”, memang agak berat dan paling lama dalam pengerjaannya, namun kami bersyukur karena banyak yang membantu.”

Bahaya Kimia Toksikan Yang Ditentukan Dosis

Sumber: Youtube IT FKMUI

Buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri” terdiri dari 7 Bab, yaitu: Pengantar Toksikologi Industri; Pejanan, Dosis, dan Hubungan Dosis-Respons; Efek Toksik dan Efek Kesehatan; Absorpsi, Distribusi, Metabolisme, dan Ekskresi (ADME); Target Organ; Genotoksisitas dan Karsinogenisitas; dan Metode Uji Toksisitas.

Dalam menjelaskan buku ini, Prof. Meily menyampaikan bahwa yang menentukan bahaya kimia toksikan adalah dosis. “Contohnya botox yang sangat mematikan dimana digunakan untuk menghilangkan keriput di wajah, namun dengan dosis yang kecil. Cairan infus yang terlalu banyak bisa tidak baik untuk paru-paru.”

Sumber: Unsplash

Kesehatan bertanggungjawab terhadap penggunaan toksikan atau bahan kimia secara selamat. Inilah asal muasal dari buku ini. Meskipun awalnya digunakan untuk memudahkan mahasiswa namun, buku ini juga dapat digunakan dan bermanfaat dalam bidang industri.

***

Buku “Konsep Dasar Toksikologi Industri” ini menurut dr Iqbal Mochtar, salah satu kontributor, merupakan buku yang membahas gambaran hal-hal yang substansif sebagai gambaran dasar jika ingin mempelajari hal-hal terkait toksikologi.

Meskipun mungkin masih terdapat banyak keterbatasan dalam buku ini, namun para penulis berharap bahwa buku ini dapat memberikan pengetahuan-pengetahuan baru bagi pembacanya, yaitu mahasiswa, tenaga kesehatan atau tenaga pendidik, pekerja industri, dan yang lainnya. Kita doakan bersama agar buku ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semuanya, ya!

BACA JUGA: Ciptakan Buku Saku, Mahasiswa FKM UI Sosialisasi Pencegahan COVID-19


Like it? Share with your friends!

-1
-1 points

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
1
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. More of Ameni's Articles | Connect with her on LinkedIn

0 Comments

Leave a Reply