Review Sennheiser Momentum True Wireless 3

anakui.com – Earbud Sennheiser Momentum True Wireless 3 sedikit lebih kecil dan sedikit lebih murah, menjadikannya pembelian yang lebih baik. Generasi ketiga ini merupakan Momentum True Wireless paling kompetitif hingga saat ini. Tapi bukan berarti tidak ada persaingan.

Spesifikasi Sennheiser Momentum True Wireless 3

Spesifikasi
Ukuran: tidak ditentukan
Berat: 0,21 ons (per kecambah)
Masa pakai baterai (nominal): 7 jam (ANC mati); 24 jam (casing pengisi daya dengan ANC mati)
Jangkauan Bluetooth: Tidak ditentukan
ANC: ya
Tahan air: Ya (peringkat IPX4)

Kelebihan

  • + Suara seimbang, informatif dan persuasif
  • + Peredam bising yang bagus
  • + Desain kompak
  • + Opsi kontrol yang bagus

Kekurangan

  • – Beberapa akan menginginkan lebih banyak kehadiran bass.
  • – Tidak ada koneksi multipoint

Dua generasi pertama dari Sennheiser’s Momentum true wireless premium earbuds terdengar hebat dan memiliki peredam bising yang hebat. Tetapi ukurannya besar, masa pakai baterainya biasa-biasa saja, dan harganya terlalu mahal.

Untuk generasi ketiga ini, Sennheiser telah mengecilkan dan merapikan earbud, dan menurunkan harga ke tingkat yang dapat bersaing dengan saingannya yang paling sederhana. Daya tahan baterai bagus. Opsi kontrolnya luas dan andal, dan aplikasinya bagus.

Pembatalan kebisingan, terutama terkait angin, sangat kompetitif. Dan suaranya adalah kombinasi dari perhatian yang hiruk pikuk terhadap detail, pendekatan ritme dan tempo yang naturalistik, dan nada suara yang sangat menyenangkan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang performa earbud nirkabel sejati generasi ke-3 ini.

Harga dan Ketersediaan

  • Harga bersaing
  • Tiga pilihan warna

Sennheiser Momentum True Wireless 3 berharga Rp. 3,7 jutaan dan tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, dan grafit. Ini adalah harga yang lebih terjangkau daripada Momentum True Wireless 2 yang dirilis, namun tetap merupakan harga premium.

Nama terbesar dan paling jelas seperti Bose, Sony, dan Apple semuanya memiliki model dalam pertarungan khusus ini. Jadi ‘lebih murah dari sebelumnya’ tidak membuat Sennheiser lolos begitu saja.

Desain Sennheiser Momentum True Wireless 3

  • Desain lebih ringan dan tidak terlalu besar dari produk sebelumnya
  • Driver dinamis 7mm

Desain Sennheiser yang benar-benar nirkabel selalu dicirikan sebagai agak besar dan tidak sedap dipandang. Itu sebabnya semua orang selalu berpikir seperti itu. Jadi, berita positifnya adalah Momentum True Wireless 3 16% lebih kecil dari model yang digantikannya.

Dengan berat masing-masing 0,21 ons, mereka jauh dari earbud paling ringan. Tetapi faktor bentuknya secara keseluruhan lebih lembut dan tidak terlalu menonjol dibandingkan pendahulunya. Tampilannya secara keseluruhan lebih bersahaja daripada Momentum True Wireless 2 sebelumnya.

Jadi jika menyangkut ‘desain’, TW3 harus dianggap sebagai peningkatan. Meskipun penutupnya sangat rapi, Sennheiser telah menemukan ruang untuk setiap driver dinamis jangkauan penuh ‘TrueResponse’ 7mm.

Kenyamanan dan Kecocokan

  • Cocok untuk pemakaian lama
  • Cocok aman

Momentum True Wireless 3 sangat ringan, beratnya hanya 0,21 ons. Bentuk ergonomis didukung oleh penstabil karet pada setiap earbud (paket mencakup dua pasang ukuran berbeda).

Dipasangkan dengan pilihan eartip silikon sangat mudah untuk mendapatkan kenyamanan yang pas, aman, dan benar-benar nyaman. Setelah selesai, Sennheiser akan membuat nyaman selama berjam-jam. Dan berkat peringkat IPX4, Anda dapat tetap nyaman dalam segala kondisi realistis.

Kontrol Sennheiser Momentum True Wireless 3

  • Kontrol sentuh yang andal
  • Aplikasi kontrol yang berguna dengan banyak fitur

Setiap earbud memiliki permukaan sentuh kapasitif, terbukti responsif dan andal. Sangat mudah untuk membahas dasar-dasarnya (putar/jeda, volume naik/turun, lewati maju/mundur, jawab/akhiri/tolak panggilan, dan putar melalui opsi peredam bising).

Tidak ada asisten suara bawaan di sini dan akibatnya tidak ada kata bangun. Namun, jika memanggil asisten asli pemain, interaksinya sama-sama dapat diandalkan. Aplikasi Smart Control Sennheiser yang luar biasa memberi banyak pilihan.

Sobat dapat dengan mudah menyesuaikan pengalaman Momentum True Wireless 3 dengan mengesampingkan kontrol sentuh dan memilih preferensi peredam bising default (Adaptif, Nonaktif, Anti-Angin, atau Transparansi).

Ada beberapa preset EQ, opsi untuk membuatnya sendiri menggunakan equalizer tiga band. Kemampuan untuk membuat zona suara yang secara otomatis menyesuaikan pengaturan earbud berdasarkan zona tempat sobat berada.

Kualitas Suara

  • Suara yang berwawasan dan seimbang
  • Kadang-kadang, bass terdengar agak terlalu sopan dan tidak memiliki pukulan.

Seperti halnya semua headphone dengan penyesuaian EQ di aplikasi kontrol, sobat dapat menyesuaikan suara Momentum True Wireless 3 dan menyimpan parameter ke preset pribadi. Ini adalah alat yang berguna untuk menyesuaikan keluaran suara dengan selera.

Tetapi sebagian besar pengujian ini memiliki pengaturan EQ yang disetel ke ‘datar’, seperti yang dimaksudkan oleh teknisi Sennheiser. Mendengarkan file Tidal Masters dari “Turn Your Lights Down Low” oleh Bob Marley & The Wailers menceritakan banyak hal tentang sikap Sennheiser secara keseluruhan. .

TW3 adalah pendengar yang tenang dan waspada, mampu mendorong tempo mundur yang lambat ke depan sambil memaksimalkan karakteristik ritme berombak. Panggung suara yang mereka buat luas, terbuka lebar, dan terstruktur dengan baik.

Sehingga setiap elemen rekaman memiliki banyak ruang siku untuk melakukan tugasnya tanpa hambatan. Sepanjang rentang frekuensi Sennheiser menyimpan sejumlah informasi yang memuaskan. Ini bekerja sangat baik untuk transien, tetapi dalam semua situasi TW3 memberi tahu dengan tepat apa yang terjadi.

Midrange khususnya penuh dengan informasi, sehingga vokal yang khas menjadi sangat jelas melalui earbud ini. Ujung atas rentang frekuensi hanya menggelinding sedikit, dan ujung bawah sedikit pendek dari jenis pukulan yang dianggap penting oleh banyak pendengar.

Tetap saja, keseimbangan tonal keseluruhan dinilai sangat baik, dan semua elemen mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Terdengar benar. Ubah suasana sedikit dengan aliran 16-bit/44.1kHz dari “Silkworm” Giant Swan ini. Semua hal positif tetap utuh.

Bahkan keseragaman performa keseluruhan yang tidak pernah diberikan saat berhadapan dengan laptop – penganan headphone seperti ini – beberapa kekurangannya cukup terlihat. Di luar kotak, Momentum True Wireless 3 sangat sopan dan bijaksana sehingga sobat bahkan tidak perlu repot merekam.

Akibatnya, nadanya terdengar agak kabur padahal mata seharusnya tertuju pada batangnya. Ujung bawah adalah pelakunya. Ini bertekstur, detail, dan menikmati ekstensi yang layak, tetapi tidak cukup berhasil atau memiliki tujuan yang cukup.

Menggunakan EQ untuk memasukkan lebih banyak bass tidak akan membantu. Basis menjadi lebih dominan, tetapi tidak menjadi lebih keras.

Pembatalan Kebisingan dan Mode Transparansi

  • ANC yang efektif dengan ketahanan yang kuat terhadap kebisingan angin
  • Sedikit perubahan pada gelombang suara saat noise cancelling diaktifkan

Pembatalan kebisingan sangat kompetitif, dan pengaturan anti-angin yang tersedia di aplikasi kontrol adalah yang terbaik dari jenisnya. Earbud sedikit menonjol dari setiap telinga dan casing luarnya tampak rentan terhadap hembusan angin.

Namun saat berdiri di peron stasiun kereta yang terbuka dan berangin, mengaktifkan mode anti angin sangat efektif untuk meredam kebisingan angin. TW3 sedikit mengubah tampilan soniknya saat ANC aktif dan kejernihan bass agak rendah, tetapi itu sama sekali bukan perubahan radikal.

Mode tembus pandang sangat bagus dan, seperti versi sebelumnya, sangat berguna untuk interaksi jarak dekat seperti bertemu seseorang secara langsung, Tetapi kurang efektif untuk mematikan notifikasi platform stasiun selama perjalanan kereta api atau interaksi yang lebih jauh.

Namun, tidak seperti versi sebelumnya, kini sobat dapat menyesuaikan tingkat transparansi, memungkinkan mengontrol jumlah kebisingan latar belakang. Opsi penyesuaian aplikasi lainnya memungkinkan menjeda musik saat mode transparansi diaktifkan.

Daya Tahan Baterai

  • Masa pakai baterai 7 jam dengan sekali pengisian daya (tanpa ANC)
  • Masa pakai baterai 28 jam (dengan wadah pengisi daya)

Earbud Momentum True Wireless 3 sendiri memiliki kinerja yang kuat hingga 7 jam. Kasing pengisi daya 2,33 ons menampung tiga muatan penuh tambahan dan, seperti earbud itu sendiri, lebih kecil dari pendahulunya.

Total 28 jam tidak buruk sama sekali. Itu pasti cukup baik untuk sebagian besar pengguna. Pengisian daya 10 menit memberi 1 jam pemutaran musik. Namun tidak dapat disangkal fakta bahwa Sony yang setara bertahan lebih lama. Saat menaikkan Points of Difference, ada perbedaan.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

  • Total 6 mikrofon
  • Dukungan codec termasuk aptX Adaptive.

TW3 memiliki tiga mikrofon per earbud, beamforming untuk mengurangi kebisingan, dan tidak banyak yang perlu dikeluhkan terkait kualitas panggilan. Dalam kondisi ekstrim, ketika sirkuit pengurangan kebisingan bekerja keras, suara yang masuk dapat memiliki kualitas yang sedikit metalik, tetapi tidak pernah sampai tidak terdengar.

Konektivitas nirkabel melalui Bluetooth 5.2 dan kompatibel dengan codec SBC, AAC, dan aptX Adaptive. Stabilitas tidak pernah menjadi masalah kecuali menjelajahi jarak yang cukup jauh dari pemutar sumber dan sinkronisasi antara audio dan video solid. Namun, kurangnya konektivitas multipoint mengecewakan.

Kesimpulan

Sennheiser Momentum True Wireless 3 mendapatkan segalanya dengan benar. Beberapa pendengar menginginkan frekuensi rendah yang lebih tegas, dan beberapa ingin memasangkan earbud dengan dua perangkat sekaligus. Ini berarti beberapa pendengar mungkin kecewa.

Tetapi bagi kita semua yang mencari kualitas suara terbaik dalam sepasang earbud nirkabel, TW3 adalah opsi lain untuk ditambahkan ke daftar pendek kami dan patut mendapat perhatian penuh.

Leave a Comment