Lahirnya Pahlawan Reformasi Baru 2008

Tepat sepuluh tahun setelah tumbangnya rezim Soeharto, mahasiswa kembali melakukan aksi di depan Gedung DPR/MPR dengan mengusung TUGU RAKYAT (Tujuh Gugatan Rakyat). Suasana aksi tiba-tiba menjadi rusuh sekitar jam 16.50. Massa aksi ingin memasuki gedung wakil rakyat tersebut.

Sekitar jam 16.55, Budi Dharma, seorang mahasiswa Kesejahteraan Sosial, FISIP UI angkatan 2007, yang baru saja selesai sholat asar, terkena peluru karet yang berasal dari tembakan yang nyasar di dada sebelah kiri. Saat berita ini disusun, korban berada di Rumah Sakit Pelni dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Massa aksi kemudian histeris. Massa aksi putri dievakuasi dari lokasi aksi. Tidak sedikit massa aksi putri pingsan.

DI RS Pelni tersebut, BEM UI juga mengadakan jumpa pers.

Biro Media BEM UI.

UPDATE pukul 20.30: Budi Dharma sudah sadar

38 thoughts on “Lahirnya Pahlawan Reformasi Baru 2008”

  1. Turut berduka cita atas adanya berita ini…semoga pelakunya segera dapat diketahui dan ditindak dengan ketentuan hukum yang berlaku…

    Katanya udah sadar ya pas saya komen…?! wah alhamdulillah…

    Reply
  2. Mudahnya dianggap pahlawan reformasi. Cukup terbalut jaket almamater pada hari-hari aksi, tinggal berharap ada peluru nyasar. Padahal masih banyak orang-orang yang berjuang empot-empotan selama masa reformasi, minimal untuk bertahan hidup yang ternyata malah semakin susah ini.

    Anyways, turut berduka cita dan semoga adik FISIP ini lekas sembuh serta kasus ini cepat terungkap juntrungannya. *RS Pelni deket Slipi yak? Cross-check ah*

    +iR+

    Reply
  3. Turut berduka cita, namun itu adalah pengorbanan dari sebuah perjuangan kawan. Tapi mengapa sangat mudahnya menyandangkan titel “pahlawan reformasi 2008” ? bedakan antara korban dengan pahlawan kawan. Soeharto aja sampe skarang blm dpt titel “pahlawan”. jgn berlebihan…

    Reply
  4. Turut berduka cita. Semoga lekas sembuh. Ayo berjuang.
    Tapi, satu hal, tentang kata-kata ‘pahlawan’.
    Ini sedikit informasi, Bung Tomo, arek Surabaya yang dulu berjuang dalam perang kemerdekaan, hingga sekarang belum mendapatkan gelar pahlawan…
    Apakah semudah itu memberikan gelar pahlawan?

    Reply
  5. PAHLAWAN…
    sebuah kata yang ditujukan kepada orang yang mau mengorbankan kepentingan pribadinya demi kepentingan orang banyak…
    siapapun bisa jadi pahlawan, saya, kamu, dan orang2 lain merupakan pahlawan bagi manusia lainnya yang merasakan kebermanfaatan dari diri kita…
    JADI, gak perlu tuh ada kata2 miring yang menilai pantas tidaknya seseorang disebut pahlawan atau bukan…
    itu sih menurut gw…

    Reply
  6. Pahlawan bisa bermakna luas. Banyak dari kita bisa menjadi pahlawan, bagi keluarganya, bagi masyarakat dan bagi negaranya.

    Reply
  7. gw turut berduka cita N cuman mau ngucapin semoga lekas sembuh aja…
    mudah-mudahan aja oknum yang melepaskan tembakan itu lekas ditemukan dan dikenakan sesuai hukum yang ada..

    Reply
  8. turut berduka atas jatuhnya korban pada aksi kemarin.
    seemoga BEM UI mw menjaga massa aksinya dengan benar,
    karena setau gw (krn gw jg ikut aksi kmrn), kemarin adalah aksi yang sangat tidak disiplin dan tidak teratur.maka dapat diduga akan terjadi hal2 sperti ni.

    Reply
  9. semoga lekas sembuh..
    semoga bisa diusut siapa pelakunya,, biar gak ada peluru nyasar yg sembarangan lagi…

    pahlawannya, di tulisan judul seharusnya ditambahin tanda kutip
    biar gak terkesan berlebihan..

    Reply
  10. @ bung koko
    mau tau aja nih,, maksud sampean kampungan gimana??

    kalau memang begitu, seperti apa kampungannya…
    apakah mereka ‘menyusup’ gabung sehingga bisa bebuat sesukanya,, atau memang aksinya anarkis..?

    kalo bisa biro media bem beri kalrifikasi,, pada aksi itu apakah BEM UI sendiri atau gabungan,, kalo gabung dengan mana saja…

    Reply
  11. wew..baru dapat kabar tadi pagi ada anak FISIP 07 yang tertembak ketika aksi..maklum kemaren ga ikut aksi..

    turut berduka cita ya..dan semoga lekas sembuh..dan mohon teman2 HUMAS BEM UI memberikan keterangan yang jelas mengenai al ikhwal kejadian ini..biar pada ga salah bicara aja..

    Reply
  12. Di Media Indonesia, dikatakan Budi Dharma ini anak FKM…
    Simpang siur?

    Ini berita asal bikin atau berita asli? *blom sempet cross-check ke RS Pelni*

    +iR+

    Reply
  13. budi dharma tuh salah satu temen gw. dia anak fisip kessos 2007, ketembak abis solat ashar, gak sampe luka cuma memar doank di rusuk kiri. sekarang udah di rumahnya. mengenai makhluk malam, minta anak bem aja yang jelasin ntar kalo gw salah ngomong lagi

    Reply
  14. eh bung koko,
    jangan arogan lah..
    sehebat apa anda blg yg lain kampungan?
    jangabn keluarin arogansi ui lagi lah,
    cukup selama ini ui dibilang arogan,
    ya karena kata2 ini!

    sekedar mau konfirmasi dan tolong dicek lagi keberanan beritanya. mengenai rekan kita Budi Dharma, sabaleumnya saya turut berduka cita atas insiden yg terjadi. tetapi mengenai berita kesimpangisuran atas insiden ini, cobalah BEm sgr klarifikasi, terutama BEM SI. karena dengan tegas pihak polisi menolak adanya “tudingan” penembakan. mrk membantah dengan tegas insiden itu. yg ada hanyalah aksi dorong2an. saat diskusi pagi “apa kabar indonesia” di tv one, hari ini, diundang perwakilan BEM SI (sy lupa namanya), disitu juga hadir pihak polisi. begitu normatifnya perwakilan BEM SI, saat ditanya apa bukti terjadi penembakan, dia tdk sanggup menjawab, justru mengelak dengan mengatakan itu bukan wilayah dia, tetapi rekan2 BEM UI. apalagi si Budi menolak untuk divisum. dengan gambang dibalikkan oleh polisi, bagaimana mungkin bisa dikatakan terjadi penembakan, kalau tidak ada bukti. karena visum merupakan bukti medis terajdinya suatu insiden. justru closing statement dari polisi yg tidak mengenakkan hati saya, saat dia blg, janganlah membuat berita negatif atas insiden kemarin, kalau tidak punya bukti. janganlah mengatakan kebohongan publik.

    saran saya, segeralah lakukan langkah taktis. jangan normatif. thnx

    Reply
  15. hehmm…..bingung mo bela siapa?

    saya baru baca beritanya diTempo tadi pagi pas mo kekampus. Ga nyangka yang kena itu anak Fisip UI ya?
    Banyak versi berita yang beredar. Versi Pihak polisi mengaku klo tidak benar anggotanya membawa senjata baik senjata karet sekalipun.

    Tapi klo emang gitu kenapa bisa ada peluru karet yang nyasar y?hemhmm…..perlu dicross check ni!

    Btw kemaren pada Demo tentang apaan y? klo diperhatikan kok akhir2 ini Mahasiawa UI suka Demo2. Padahal ini bisa jadi sorotan masyarakat lo….!Apalagi klo demonya dilakukan dengan anarkis atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Bukan berarti saya tidak setuju dengan adanya Demo tapi tiap saat Berdemo juga tidak ada gunanya bukan..? Apalagi klo Demo terus kan bisa jadi sering bolos Kuliah….!
    Tapi saya turut berduka atas kejadian yang menimpa Budi dan semoga cepat sembuh.

    Reply
  16. saya baru baca beritanya diTempo tadi pagi pas mo kekampus. Ga nyangka yang kena itu anak Fisip UI ya?
    Banyak versi berita yang beredar. Versi Pihak polisi mengaku klo tidak benar anggotanya membawa senjata baik senjata karet sekalipun.

    Tapi klo emang gitu kenapa bisa ada peluru karet yang nyasar y?hemhmm…..perlu dicross check ni!

    Btw kemaren pada Demo tentang apaan y? klo diperhatikan kok akhir2 ini Mahasiawa UI suka Demo2. Padahal ini bisa jadi sorotan masyarakat lo….!Apalagi klo demonya dilakukan dengan anarkis atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Bukan berarti saya tidak setuju dengan adanya Demo tapi tiap saat Berdemo juga tidak ada gunanya bukan..? Apalagi klo Demo terus kan bisa jadi sering bolos Kuliah….!
    Tapi saya turut berduka atas kejadian yang menimpa Budi dan semoga cepat sembuh.

    Reply
  17. lagi-lagi masalah berita kebenarannya..

    kita tunggu sajalah,, media atau pihak mana yang pertama berhasil mengungkap ini semua…

    Reply
  18. nah loh…yg bener gimana donk ? udah keburu ditempel gelar “pahlawan” tuh. Polisi yg boong atau mahasiswa UI yg boonk ? cape deh…

    Reply
  19. demo mlulu. nyalahin pmerintah mlulu. hati2 loh.. lo blm pd kerja.. blm tau dunia nyata.. ntar pd omong kosong doang lg.. ane c cm ngingetin aje.. soalnya dah bnyk yg kyk gt.. buktinya? yg skrg ente demoin tuh bbrp diantaraya, yg dulu aktivis kyk ente pada.. dah rahasia umum kalie.. ckcckkc..

    pesan: lain kali klo demo hati2 ya.. timbang manfaat n mudharatnye.. dan ttp smagt tuh si anak fisip.. smg cpt sembuh, terlepas sbnrnya dia diapain..

    Reply
  20. KEPADA SUDARAKU YANG TERDIDIK DI UNIVERSITAS INDONESIA. UNTUK SEBUAH PERJUANGAN, YANG TAU BENER ENGGAKNYA ADALAH HATI NURANI.KALO MEMANG BBM NAIK INI BENAR DAN ATAU TIDAK MENYENGSARAKAN RAKYAT(MIN. YG ADA DISEKITAR KITA)LEBIH BAIK TERUSKAN AJA BELAJARNYA DI KAMPUS.KASIHAN ORTU DI KAMPUNG BANTING TULANG, UNTUK SAUDARA. TAPI JIKA SAUDARA MERASA DENGAN SANGAT KALAU BBM NAIK INI ADALAH SUATU KESALAHAN, MAKA JANGAN RAGU UNTUK MELAWAN.SISAKAN SEDIKIT WAKTU SAUDARA UNTUK BANGSA DAN NEGARA.KALAU MEMANG HARUS KE JALAN, APA MAU DIKATA.DEMI NEGARA YANG KITA CINTAI BERSAMA. DEMI MBOK – MBOK BAKUL DI PASAR YANG HIDUPNYA MAKIN TERJEPIT.DEMI ADIK – ADIK KITA YANG MASIH SEKOLAH.DEMI TEMAN – TEMAN KITA YANG DIKAMPUNG YANG TIDAK BISA MELANJUTKAN KULIAH(DAN KARENANYA TIDAK BERANI?BISA MENYATAKAN PENDAPATNYA,HANYA NRIMO BBM NAIK MENCEKIK).DEMI TEMAN – TEMAN KITA YANG TIDAK BISA KULIAH DAN HARUS BEKERJA MENJADI BURUH.BERSYUKURLAH SAUDARA MASIH BISA KULIAH, YANG TENTUNYA LEBIH DAPAT BERPIKIR TENTANG KEBENARAN DAN LEBIH PUNYA BANYAK TEMAN UNTUK BERTINDAK.DENGAN DAMAI TANPA RASA TAKUT AKAN INTIMIDASI KEKERASAN DEMI NAGARA KITA TERCINTA REPUBLIK INDONESIA.APAKAH PERLUNYA MEMPERHATIKAN TEMAN-TEMAN SEKITAR SAUDARA YANG TIDAK PEDULI DENGAN KEADAAN NEGERI INI?SAUDARAKU TENTU TAHU RASANYA MEMBOHONGI HATI NURANI.YANG MASA BODOH ADLAH YANG SUDAH TERBIASA MELAKUKANNYA.HIDUP HANYA SEKALI PERJUANGKAN KEBENARAN.HATI ANDA AKAN TAHU KAPAN IBU PERTIWI MEMANGGIL.DENGAN KE IKHLASAN SELAMATKAN NEGARA INI. TERIMA KASIH.

    Reply
  21. hmmm
    setau gw, yang terjadi itu emang ada aparat yang maju terus nembakin peluru karet.
    tpi, aparatnya langsung ilang
    trus bukti terkuat kita juga udah ilang (selongsong pelurunya). tpi kita masih yakin ada penembakan karna ada bebrapa saksi yang ngeliat jelas, terus juga ada emang kedengeran suara tembakannya.

    tentang aksi itu sendiri adalah aksi BEM Seluruh Indonesia. waktu itu ada UGM,IPB, UPI Bandung, UNJ, UINJ, PNJ, dll.
    sebenernya massa ui dah dievakuasi pas ada skenario dorong2an yang disulkan dan disetujuai oleh temen2 univ lain.
    budi dateng sambil ngibarin panji BEM UI.
    temen2 tau lah artinya.
    artinya evekuasi, dan agar massa UI mundur mengikuti panji tersebut.

    Reply
  22. Update terakhiR gimana?

    Rekan Budi Dharma 2007 kini kapok ikut aksi dan menolak mentah-mentah gelar pahlawan reformasi yang sekonyong-konyong itu?

    +iR+

    Reply
  23. buat +iR+ :
    kayanya sirik amat c budhi dikasih gelar pahlawan?
    kamu mau aku kasih gelar pahlawan?
    hahaha
    iRHoTep…iRHoTep….hihihi
    para pembaca,
    kasih donk gelar pahlawan buat dia
    biar ga sewot…
    oia, mau nanya ni
    di setiap tulisan lo di furum ini
    ko kayanya lo frustasi, stress, banget sama gerakan2 mahasiswa sekarang?
    emang lo udah pernah ngapain aja c
    ampe segitu frustasinya??
    hahaha

    hahahahwakawakwakawakwakkkkiikikiki

    Reply
  24. #32 :
    seharusnya anda yg berkaca !, dri paparan atas mencerminkan bahwa anda masih berfikiran cetek !, ga bisa membedakan mana yg frustasi mana yg berfikir..

    yang frustasi itu klw BEM UI bner2 ngasih gelar kpd rekan budi dharma ! itu baru BEM frustasi.

    gerakan mhswa skrang gw rasakan banyak perubahan, perubahan yg jalan ke blakang, kmudian mundur untuk maju ke tempat semula !

    gw sangat menghargai pergerakan mahaswa, tp bukan mhswa yg ber-otak kerdil !

    banyak mhswa yg hanya ikut2an demo tapi ga tau esensi dari permasalahan yg di demonya maka tidak heran klw demo yg terjadi belakangan ini mengandalkan emosi (pada bntrok). ujung2nya bukan belain rakyat tp nambah nyusahin rakyat. mahsawa kbnyakan yg demo cuma gaya2an doang !!

    yaaah.. bisa di maklumi ank yg baru lulus sma !! yaa gitu deeech…

    .sph.

    Reply
  25. 1. gelar pahlawan oke, tapi pahlawan reformasi???????

    2. pergerakan mahasiswa saat ini memang sedikit memprihatinkan.. demo tapi titip absen? yang bener aja,,, apa yang mereka perjuangkan sebenarnya? itikad baik pemerintah? sama diri sendiri aja masi boong.. apalagi yang cuma sekedar ikut2an..
    urus diri sendiri dulu, jangan hakimi orang lain kalo diri sendiri masih berantakan..

    3. pikirkan juga kesulitan pemerintah.. negara ini besar, ga cuma segede depok..
    tawarkan solusi, jangan hanya sekedar demo..

    Reply
  26. irhote…pp, irhoteppp,, ni orang kayaknya sakit hati ga diterima2 ama cewek gara2 depan kompie mulu. Lu pasti thobinx flamer DF ya?

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA