Serial IKM UI (Bagian Pertama : Definisi Mahasiswa versi UUD IKM UI)


0
4 shares

Prolog :
Serial ini hadir antara lain karena kegelisahan penulis (Johan Rio Pamungkas dan Dwizatmiko Ibrahim) tentang pemahaman anggota IKM UI terhadap IKM UI. Serial ini bermula karena diskusi-diskusi antara sesama mahasiswa yang ingin mewujudkan tujuan dan cita-cita IKM UI. Serial ini berawal disebabkan pula karena kondisi-kondisi terkini yang terjadi.

Apakah boleh ini begini ? apakah boleh itu begitu ? atau yang paling kasar dan terang adalah benarkah UUD IKM UI 2006 harus diamandemen ?

Untuk menjawab itu tentu saja diperlukan wacana-wacana dan diskusi-diskusi mengenai konsepsi, mengenai definisi, mengenai tujuan dan lain-lain menyangkut tentang IKM UI yang kita semua, mahasiswa UI, berada di dalamnya. Serial ini akan berisi tentang definisi-definisi, konsepsi-konsepsi dan tentu saja tujuan…

Akhirnya mungkin serial ini masih jauh dari sempurna untuk dikatakan sebagai sebuah karya yang akan menjadi fenomena, apalagi dengan isu yang mungkin sekarang sedang seksi jelas isu tentang IKM UI bukanlah isu yang hangat untuk dibicarakan namun mencoba lebih baik daripada sekedar menunggu saja.

Definisi Mahasiswa

Paragraf 1 Pembukaan UUD IKM UI 2006 :

“Bahwa sesungguhnya mahasiswa adalah pemuda-pemudi yang memiliki keyakinan kepada kebenaran dan telah tercerahkan pemikirannya serta diteguhkan hatinya saat mereka berdiri di hadapan kezaliman. Oleh sebab itu, sepatutnya mahasiswa bergerak untuk mengubah kondisi bangsa menuju masyarakat madani yang adil dan makmur”

Filosofi Dasar Mahasiswa

Sekali dalam suatu waktu saya sempat berpikir bahwa masa depan adalah hakim yang adil bagi kerja dan perilaku kita. Belakangan saya mengerti bahwa mengejar masa depan adalah paham konformis, paham kenyamanan, paham berpuas diri atas suatu titik adalah yang paling buruk, pengharapan sanjungan kehebatan. Sebab seringkali masa depan lebih kuat dari masa sekarang tapi bisa juga sebaliknya memang. Itu akan berjalan dengan keputusan kita, tentunya. Dan tanpa kompetensi lain.

Maka seperti itulah raison d’etre étudiant (reason for being a student), alasan menjadi mahasiswa. Menjadi mahasiswa berarti seharusnya seorang individu paham bahwa ia tidak lagi dalam paham kenyamanan, paham konformis dan berpuas diri seharusnya tidak ada dalam kamus seorang mahasiswa.

Dalam paragraf pertama pembukaan UUD IKM UI 2006 sendiri, termaktub secara jelas bahwa mahasiswa adalah para orang-orang muda yang mempunyai sebuah keyakinan kepada sesuatu yang namanya kebenaran, lalu kemudian pemikiran mahasiswa itu telah tercerahkan. Hingga akhirnya hati-hati mereka dapat teguh dengan yang namanya kebenaran dan keadilan sehingga mereka tidak gentar menghadapi kezaliman baik yang dilakukan oleh sesama rekan mahasiswa, dosen, rektor bahkan presiden sekalipun.

Sehingga kondisi bangsa yang diharapkan dari seorang mahasiswa khususnya Universitas Indonesia yang bergerak adalah kondisi bangsa yang madani, adil dan makmur. Tentu saja ini dimulai dari masyarakat kampus yang berpihak pada rakyat dan benar-benar adil. Sehingga, jika mahasiswa tidak bergerak untuk mengubah kondisi kampusnya yang dicengkeram kezaliman, apakah mungkin berharap mereka mengubah kondisi bangsa ?


Like it? Share with your friends!

0
4 shares

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

One Comment

Leave a Reply

  1. Assalamu’alaikum wr……..wb.
    aku mahasiswa dari sekolah tinggi keguruan sangat merasa prihatin dengan moral mahasiswa sekarang yang sangat jauh dari moral,apalagi lihat dunia kampus seakan jadi tempat fashion show,bukan lagi tempat untuk menimba ilmu. mahasiswa ngk tau apa yang harus ia perbuat dikampus,maka pembenahan moral dan akhlak adalah hal yang prtama.