Psst… kamu anak UI yang lagi ada di semester 3? Wah, beruntung banget kamu!

Iya buat kamu-kamu yang kepengin dapat kesempatan untuk belajar ke Negeri Sakura, kini Shiuzoka University sedang mencari undergraduate students yang lagi kuliah di UI untuk program pertukaran pelajar selama 1 atau 2 semester di Jepang!

Shizuoka University adalah salah satu perguruan ternama yang terletak di Kota Shizuoka, Jepang. Kampus yang berdiri sejak tahun 1949 ini dikenal dengan prestasi mahasiswa/i-nya di bidang engineering, inovasi kreatif, dan penemuan teknologi masa depan.

Dalam perkembangannya, Shizuoka University sempat mengakuisisi beberapa sekolah untuk bergabung dalam kompleks perkuliahannya yang ada sekarang. Salah satunya ialah Hamamatsu College of Technology yang kini juga dikenal dengan Shizuoka University School of Engineering merupakan institusi dimana Soichiro Honda, pendiri Honda Motor Co. Ltd sempat menimba ilmu.

BACA JUGA: Informasi Beasiswa S2 Luar Negeri 2016 Terlengkap

Menariknya, lulusan dari Shizuoka University adalah tokoh-tokoh Jepang yang turut mendunia pada masanya. Nakasone Yasuhiro misalnya, Perdana Menteri Jepang pada era ‘80-an ini ternyata pernah menempuh studi di Shizuoka High School yang kini merupakan bagian dari Shizuoka University. Tak hanya itu, peraih nobel kimia tahun 1986, Dr. Yuan-Tseh Lee pun merupakan lulusan Shizuoka University dengan gelar Doktor (Honoris Causa).

advertisement

Menurut standar perguruan tinggi yang ditinjau oleh Quacquarelli Symonds (QS), Center for World University Rankings (CWUR) dan University Ranking by Academic Performance (URAP), Shizuoka University dinyatakan sebagai perguruan tinggi yang memiliki kualitas dan intensitas riset dalam kategori VH (Very High) dibandingkan dengan perguruan tinggi papan atas lainnya di Jepang dan Asia. Pastinya, bakalan seru banget kalau kamu sempat merasakan experience menempuh studi di perguruan tinggi yang satu ini.

 

Shizuoka University membuka peluang pertukarang pelajar untuk mahasiswa UI via abp.icsu.shizuoka

Shizuoka University membuka peluang pertukarang pelajar untuk mahasiswa UI via abp.icsu.shizuoka

Nah, lalu bagaimanakah Shizuoka University menseleksi mahasiswa UI yang mana saja yang bakal diterima untuk program pertukaran pelajar ini?

Menurut informasi di http://international.ui.ac.id, hanya mahasiswa UI yang direkomendasikan oleh JASSO Scholarships lah yang bisa diterima untuk mengikuti program ini. Buat kamu yang masih awam, JASSO atau Japan Student Services Organization adalah institusi administratif independen yang bergerak di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jepang (Monbukagakusho). Kini, kamu pun bisa mengetahui segala hal tentang JASSO serta bagaimana mereka menseleksi kandidat untuk program pertukaran pelajar melalui situs  http://www.jasso.go.jp/

Bagi kamu yang udah penasaran banget sama program pertukaran pelajar dengan Shizuoka University, kamu bisa menyiapkan surat rekomendasi dari fakultas, transkrip nilai terakhir (GPA min. 3.3), hasil test ITP TOEFL (min. 550), motivation letter dan CV pribadi kamu dari sekarang untuk diajukan ke International Office Universitas Indonesia, di Gedung Pusat Administrasi, lantai 1. Seluruh persyaratan di atas dapat kamu ajukan hari ini hingga paling lambat 1 Maret 2016.

Buat kamu yang masih dipenuhi rasa ingin tahu dan ingin bertanya lebih lanjut terkait kesempatan emas ini bisa langsung menghubungi  (62-21) 78880139, 786 7222 ext.100520 atau kamu dapat mengikuti updatenya lewat Twitter @intofUI, atau laman Facebook/intofUI.

advertisement

 



[reaction_buttons]