Meski nggak termaktub dalam Mahabharata maupun catatan sejarah lainnya, perjuangan memperebutkan kelas—terutama mata kuliah bersama- di SIAKNG nampaknya menjadi peperangan besar mahasiswa UI di abad milenium yang membutuhkan strategi, kecepatan, juga koneksi—mengingat sistem IRS kita bergantung sepenuhnya sama sistem online ini. Tapi, akibat pengisian yang dilakukan serentak, hampir setiap prosesi sakral ini berujung pada down-nya server, bahkan, #SIAKNG pernah jadi trending topic berkali-kali di media sosial gara-gara lumpuh diakses sana-sini.

Nah berhubung sekarang malam Jumat dan H-1 ngisi IRS semester genap, tanpa bermaksud menggurui, sebagai salah satu dari ribuan veteran yang pernah mengalami perang SIAKNG selagi semester muda, kali ini kami bakal ngebahas segala macam tentang…  SIAKNG WAR FOR DUMMIES buat kamu semua!

1. Pastikan Statusmu Aktif

adamHal pertama yang perlu dilakukan sudah pasti adalah mengecek status akademikmu. Kalo role-nya udah bukan mahasiswa, ngapain ikut-ikutan buka SIAK lagi?…. Tapi, kalo tulisannya masih mahasiswa, jangan lupa melunasi pembayaran BOPB biar status kamu kembali aktif dan bisa terlibat dalam peperangan ini.

 

2. Susun Jadwal Kuliahmu Sejak Dini

sekilas

Usahakan kamu udah ngumpulin berbagai informasi terkait semester besok setidaknya sehari sebelum jadwal ngisi IRS, mulai dari berapa slot yang bisa kamu ambil buat matkupil, fakultas mana aja yang buka lintas fakultas (linfak), jadwalnya bakal bentrok apa nggak, dan seterusnya. Apalin juga urutan peletakan nama kelas atau nama dosen yang ada di jadwal mata kuliah SIAKNG, biar begitu buka menu Isi/Ubah IRS nanti, kamu bahkan sanggup mengisinya dengan mata tertutup.

advertisement

 

3. Waspada sama Jam-jam Tepat

rada rada

Kalo lagi apes, begitu ngisi kelas mana aja yang bakal diambil dan klik SIMPAN IRS, biasanya browser kamu bakalan nyangkut di pointer loading hingga akhirnya keluar tulisan kalo SIAK nggak bisa diakses. Dalam banyak kasus, artinya IRS kamu belom kesimpen dan harus ngulang lagi dari awal. Met ya! Tapi, jangan khawatir. Teruslah berusaha keras sembari memencet F5, terutama di jam-jam seperti 10.00 tepat, 11.00 tepat, 12.00 tepat, dan 13.00 tepat. Nggak percaya? Buktiin aja.

 

4. Jangan Lengah!

Buat yang merasa ambis dan ngebet banget sama mata kuliah atau dosen yang kamu idamkan, jangan sesekali memalingkan wajah dari depan monitor. Jangan keasikan chat sama temen, ngedit capture-an SIAK biar di-‘love’ sama doi di media sosial, malah kalo bisa, hari itu kamu jangan mandi dulu. Pantau terus perkembangan SIAK-mu sampe bisa di-save, barulah beraktivitas kembali seperti sedang tidak terjadi apa-apa.

 

advertisement

5. Kelas gaib? Gunakan Intuisimu!

gaib

Nggak semua matkul di SIAKNG ditulis nama dosennya. Biar ada “pemerataan” , di beberapa mata kuliah yang terkenal spartan, biasanya nama sang dosen bakal diumpetin dulu buat sementara waktu, kemudian baru di-publish begitu SIAK udah nggak bisa diutak-atik. Nah, buat ngakalinnya kamu bisa pake strategi “angka keberuntungan”, seperti tanggal kelahiran, bulan kelahiran, kamu berapa bersaudara, jumlah tahi lalatmu ada berapa, dan lain sebagainya.

Jangan segan-segan mengerahkan intuisimu, anak muda!

 

6. Jangan Lupa Belanja

Capture

Punya predikat mahasiswa adalah masa-masa indah yang sayang banget kalo dilewatin cuma di fakultas atau malah jurusan doang. Jadi, manfaatkanlah baik-baik kesempatan belajar bareng fakultas lain dalam beragam matkul linfak, contohnya belajar budaya lokal, nambah kemampuan bahasa asing, ngapalin makhluk-makhluk pengisi ekosistem dan biota, atau sekadar nyari yang gampang dapet nilai A. Selain bisa ngusir kejenuhan sama mata kuliah wajib, ngambil linfak juga bermanfaat ngilangin jenuh mata akibat selama 2-3 tahun, ngecengnya cuma sama temen seangkatan yang itu-itu-aja.

 

7. Bangun Pagi-pagi

errorKetahuilah, semua persiapan di atas bakal sia-sia kalo kamu kelewatan poin paling penting ini. Bangun pagi. Yoi, meski menjadi nokturnal udah menjelma sebagai gaya hidup di setiap liburan, jangan sampe pola tidur kalong merusak nasib kamu selama satu semester ke depan. Catat baik-baik kalo perang baru dimulai pukul 09.00 Waktu Indonesia Bagian SIAKNG. Jadi, usahakan abis nonton Mamah Dedeh atau Masha and The Bear, kamu jangan tidur lagi!

***

 

Seperti kata orang bijak: victory loves preparation. Dengan strategi yang matang, niscaya satu semester ke depan target akademikmu pun bisa jadi bakal berjalan sesuai rencana. Tapi ingat, sisain juga waktu senang-senangmu di semester depan buat kegiatan lain yang jauh lebih menyenangkan, misalnya ikut kepanitiaan, ngerjain hobi, ikutan lomba, atau sekadar pulang ke rumah buat nengokin orang tua.

Semoga beruntung dalam Perang SIAK-nya!

 



[reaction_buttons]