SIAK-NG yang Menyesatkan


0

Tidak, saya tidak sedang berbicara mengenai sekte ataupun aliran kepercayaan terbaru. Saya hanya ingin bercerita tentang drama yang terjadi dalam kehidupan akademis saya di semester ganjil kemarin. Drama yang diakibatkan oleh sebuah situs yang selama beberapa tahun ini menjadi jantung kehidupan akademis seluruh mahasiswa dan mahasiswi UI, Sistem Informasi Akademis – Next Generation atau yang biasa disingkat SIAK-NG.

Sistem ini sebetulnya hanya semacam komputerisasi dari segala urusan-urusan perkuliahan yang biasanya dikerjakan secara manual maupun birokrasional. harus diakui, sistem ini patut diacungi jempol karena memudahkan mahasiswa, dosen, dan pegawai universitas berkomunikasi dan mengerjakan tanggung jawabnya sendiri-sendiri.

Mahasiswa dapat mengisi IRS, melihat jadwal kuliah, maupun mengecek status akademis dan pelunasan biaya akademis. Semuanya dapat dilakukan hanya dengan klak-klik di depan monitor, tanpa terhambat jarak, tanpa terhambat waktu.

Namun, benarkah sistem ini telah berjalan sempurna tanpa cacat? Sayangnya, tidak.

Oke, wajarlah bila terdapat sedikit kesalahan dalam suatu sistem, karena tidak ada satupun gading yang tidak retak. Namun bagaimana jika gading itu retak di tempat-tempat yang penting? πŸ˜€

Contohnya adalah saat saya melihat jadwal UAS Bahasa Inggris saya. Ujian berlangsung pada tanggal 21 Desember 2010 dan seminggu sebelum pelaksanaan ujian saya masih melihat UAS Bahasa Inggris saya akan berlangsung di kelas S.202. Sejak saat itu saya tidak pernah melihat SIAK-NG lagi, karena saya pikir, yang tertulis di SIAK-NG ya sudah fix, dan tidak mungkin diganti-ganti lagi.

Tapi ternyata, otak maba saya dikibulin habis-habisan. Saya berangkat pada hari-H ujian dan mendapati ruangan kelas S.202 kosong melompong. Panik, saya mengirimkan SMS pada semua nomor teman sekelas yang saya tahu. Tak beberapa lama kemudian datanglah rombongan anak-anak asrama yang sepertinya juga kena kibulan SIAK-NG.

Selang beberapa puluh detik, SMS balasan datang. Seorang teman jurusan Teknik Komputer memberi tahu kalau ruang ujian ada di A.101. Penasaran, saya buka laptop saya, mengakses SIAK-NG, dan terkejut melihat ruang ujian telah berganti menjadi A.101!!! Yang benar saja, perasaan baru seminggu kemarin saya print screen halaman ini, tahu-tahu ternyata ruangannya sudah berubah menjadi A.101 sejak H-3! Apakah saya harus selalu meng-update SIAK-NG setiap waktu untuk hal-hal seperti ini?

Yang itu tadi masih dapat ditolerir. Bagaimana dengan kasus rekan Teknik Sipil angkatan 2010 saya ini? Sebut saja namanya Wilson. Senasib dengan saya, dia mengecek jadwal ujian di SIAK-NG beberapa hari sebelum UAS dan mendapati jadwal Ujian Kimia Dasar akan dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2011, mulai jam satu siang.

Karena keterbatasan akses internet, dia berkiblat saja pada jadwal yang dikiranya sudah fix itu dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk UAS Kimia Dasar. Yang tidak dia tahu, hari Senin tanggal 3 Januari 2011 kemarin ternyata menjadi hari yang “bersejarah” baginya.

Beberapa jam sebelum ujian dimulai saya (beruntung sekali) mendapat kabar kalau waktu ujian berubah dari jam 1 siang menjadi jam 9 pagi. Tapi sayangnya, Wilson tidak seberuntung saya dan teman-teman yang lain, dia masih mengira bahwa ujian baru dilaksanakan jam 1 siang sampai ia mendapatkan telpon dari Dosen Kimdas saya yang menanyakan kenapa dia tidak hadir padahal UAS sedang berlangsung.

Saya tidak dapat membayangkan reaksinya saat mengetahui hal itu. Limabelas menit sebelum waktu mengerjakan usai, dia baru muncul di ruang ujian. Pak Dosen yang terkenal ramah dan baik hati akhirnya memberikan toleransi bagi insiden yang dialami Wilson. Dia diberi waktu pengerjaan yang sama dengan teman-teman saya yang lain sehingga Dosen Kimdas saya tadi harus menunggu Wilson mengerjakan soal sendirian. Huff, bagaimana kalau seandainya dosen kami adalah dosen killer yang tidak mau mendengar alasan apapun dari mahasiswa? Bisa-bisa tamat riwayatnya.

Saya tidak menolak adanya update dari pihak universitas tentang jadwal-jadwal maupun pengumuman di SIAK-NG, saya pun memahami kalau perubahan bisa saja sewaktu-waktu terjadi. Tapi mbok yaaa, kalau ada jadwal ataupun pengumuman yang masih bisa berubah waktu dan tempatnya, jadwal atau pengumuman itu diberi tanda “tentatif”, “waktu/tempat sementara”, atau semacamnya.

Jangan membuat maba-maba polos seperti kami mengira bahwa jadwal itu sudah fix dan mengandalkannya, yang seringkali pada akhirnya, kami dibuat kebingungan karenanya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Dario Kranz

27 Comments

Leave a Reply

    1. Menurut saya, sebagai Maba cobalah anda lebih proaktif. Tulisan anda ini mengesankan sikap yang reaktif dan maunya ‘disuapi’ saja. Ingatlah ini dunia kampus, bukan lagi SMA. Jangan berlindung di balik pembenaran bahwa : Saya masih mahasiswa baru Pak/Bu/Kak/Mas/[string kosong].

      Setuju dengan komentator di atas bahwa jangan menyalahkan sistemnya kalau ada kejadian-kejadian seperti itu.

    2. Menurut saya, kesalahan tidak pada SIAK-NG, tetapi pada penggunaannya. Dimana admin mengubah-ubah jadwal terlalu mendadak.

      Saya baru tahu, kalau ternyata FT menyandarkan informasi tentang jadwal ujian di SIAK-NG.
      Kalau di Fasilkom, informasi tentang jadwal kuliah/ujian diinformasikan via SCELE oleh sekretariat atau pengajar. Mahasiswa fasilkom sudah terbiasa login untuk mengecek informasi perkuliahan, download materi kuliah, dan juga upload tugas kuliah. Frekuensi saya mengecek SCELE sama seperti mengecek FB. ^^
      Dan sejauh ini, sepertinya fine-fine saja. Selama saya kuliah 7 semester tidak ada masalah tentang jadwal ujian.

      Jadi, tidak bukan SIAK-NG yang menyesatkan. Coba minta ke bagian ke mahasiswaan kalau mengumumkan jadwal ujian lewat SCELE saja. ^^

      Aprilia
      Sistem Informasi 2007
      Fasilkom

  1. yang perlu diketahui adalah: SIAK NG tidak berfungsi untuk menyusun jadwal kuliah/ujian secara otomatis. Tugas-tugas untuk input data ke SIAK (nilai, jadwal kuliah, dll) tetap dilakukan oleh user, yaitu dosen/bagian pendidikan yang berwenang di fakultas.

    jadi, jika terjadi inkonsistensi informasi yang disajikan di SIAK-NG (seperti kasus yang diceritakan di atas), jangan salahkan sistemnya, tapi mohon dikonfirmasi ke bagian pendidikan di fakultas.

    πŸ™‚

  2. Dari yang saya tangkep sih yang salah usernya ganti2. SIAK-NG kan cuma perantara informasi dalam hal ini. SIAK-NG mana bisa ganti?
    Kenapa yang disalahin SIAKnya?

    hmm..

  3. Mungkin benar yang disebutkan pada komentar2 sebelumnya, bahwa dalam kasus tersebut pihak user-nya lah yang inkonsisten dalam penggunaan fasilitas teknologi informasi seperti SIAK-NG.

    Kemudian untuk fitur yang bisa menunjukkan apakah jadwal tersebut sudah fix atau belum.. Sebaiknya tidak perlu seperti itu, karena pada dasarnya kalau jadwalnya belum fix ya tidak usah dipublish terlebih dahulu.. Mungkin saran yang ebih baik adalah memberlakukan peraturan jadwal ujian hanya dapat diubah minimal 1 minggu sebelum jadwal ujian yang baru.

  4. Gw udah tiga setengah tahun di UI ga pernah ngandalin SIAK buat jadwal ujian πŸ˜€

    *untung scele di tempat gw lumayan aktif :D*

  5. wah, kalo saya sih gak pernah mengandalkan siak-ng untuk mengetahui jadwal ujian. Bahkan saya baru tau kalo jadwal ujian itu ada halamannya pas kemarin-kemarin ini :p

    saran saya sih, anda jangan mengandalkan siak saja, tetap uptodate dengan segala informasi, baik yang ada di siak maupun secara manual, misalnya dari jarkoman atau teman-teman, atau dosen-dosen anda tentang kapan jadwal ujian. Ujian saya aja waktunya ngaco banget dengan waktu yang terpampang di siak, jadi jangan sampai terkecoh lagi ya πŸ™‚

  6. Itulah gunanya jarkom. Apakah tidak ada jarkom dari PJ mengenai pemindahan ruang kelas mendadak? Seharusnya PJ mata kuliah yang mengingatkan teman-temannya karena mereka sering berhubungan dengan dosen sehingga punya informasi lebih.

  7. mas, kalo liat image nya jadi langsung pengen isi username ama password ajah, lupa padahal hanya gambar.. ha99x…

    salam sukses, mas… πŸ™‚

  8. sepertinya sama dengan komentar di atas2..
    masalah seperti ini menurut saya bukan salah SIAK NG,,
    tapi kesalahan telat update yang dilakukan oleh user yang bertugas..
    lagipula bukankah dengan ini SIAK NG sangat membantu? bisa memberikan update ke anda tentang jadwal2 ujian, jadi anda bisa mengetahui jadwal dimana pun dan kapan pun

    saran: karena jadwal kemungkinan sering berubah2, jadi sebaiknya H-1 sebelum ujian berlangsung, cek lagi SIAK NG nya.. jadi bisa dapat update terbaru..

  9. kalau ada fasilitas supaya tidak bisa mengganti jadwal tersebut H-1 minggu ujian, kira kira apabila ada dosen yang benar benar tidak bisa melaksanakan ujian pada hari H dan dosen tsb baru mengetahui bahwa beliau tak bisa melaksanakan ujian sewaktu kurang dari H-1 minggu, misalnya H-3 hari, gimana ya?ga malah kasihan tuh yang rajin tiap hari buka SIAK buat mantengin update terbaru.

    Ya, seperti kata teman2 di atas SIAK kan cuma sarana untuk memudahkan dosen, mahasiswa, dan staf akademik, bukan mesin pengatur jadwal, jadi jangan salahkan SIAK, dan juga jangan salahkan dosennya, toh dari cerita anda dosennya juga sudah memberi tahu update terbaru tentang ujiannya. Kalau sampai tidak tau ada perubahan, ya salah anda sendiri kurang rajin ngecek SIAK, padahal internet di UI unlimited lho. Punya teman juga kan?makin enak, bisa saling membantu, pake sistem jarkom, satu tau ada update, bisa nyebar infonya. Jadi mahasiswa jangan asal menyalahkan sistem ataupun orang lain, instropeksi diri dulu, ada yang salah tidak πŸ™‚

  10. wah…jarkom mesti jalan. gue aja yang udah taun ke tiga masih dapet jarkom dari temen. pengaruh positif dari PPAM ada juga ternyata… :P:P

  11. Wah,, pas zaman gw kuliah dulu,, gw ga pernah liat jadwal ujian di SIAK NG.. Selalu update di Departemen lah atau tanya teman2 kuliah.. Intinya aktif coy… Jangan cuma organisasi sama maen doank yang aktif,, tapi pas urusan kuliah harus lebih proaktif..

  12. Selama gw kuliah di FIB, siak kayanya dipakai cuma di awal semester (buat isi IRS) sama pas di akhir semester (cek nilai). Selebihnya nggak pernah diakses deh kayanya. πŸ˜€ karena info-info ujian nggak pernah ada di SIAK. Bener kata temen-temen yang udah komen diatas, harus aktif cari-cari info. Sempat terkecoh dengan judul tulisan ini, kirain mau ngangkat cerita soal SIAK yang masih eror soal kapasitas kelas, dll.

  13. SIAK cuma sarana. Sisanya tergantung kesiapan masing2 staf di tiap fakultas. Jadi tiap fakultas bisa beda2.

    Jalan paling aman adalah.. ‘gaul dong ama teman2’ πŸ˜€

  14. Waduh langsung diserbu teman-teman Fasilkom postingan ini :p

    Dari judulnya saya kira SIAK-NG nya yang bermasalah, ternyata bukan. Semoga dosen/sekretariat ataupun pihak yang merubah-rubah jadwal/ruangan bisa membaca postingan ini.

    FYI selama UAS semester ini, ruangan ujian yang saya liat di SIAK sering tidak sama dengan kenyataannya. Mungkin karena Fasilkom semakin penuh, jadi penggunaan ruangan cukup “labil” tak menentu.

  15. “Percuma lo bikin software, tapi isi databasenya nihil.”

    Bayangkan Google Maps, tapi petanya gak ada. Informasi bisnisnya nihil. Cari rute pun gak bisa, wong isinya gak ada. Jadi gak ada gunanya. Secara teknik memungkinkan, tetapi datanya gak ada.

    Mudah-mudahan aja protes yang seperti ini didengar pihak atas sehingga mereka akan mengintensifkan kembali fitur-fitur yang hilang ini.

    cmiiw

  16. sebaiknya dibuat suatu peraturan oleh admin-admin SIAK, kpd birpend (yang nanti diteruskan ke dosen) mengenai tanggal max. perubahan waktu/tempat ujian. misal : tanggal max perubahan seminggu sebelum UTS/UAS.

    Krn ga semua kelas / angkatan yg ada jarkom, ga semua anak bisa cek SIAK pagi-pagi sebelum berangkat ke kampus buat ujian, dan ga semua-nya bersedia modal ke warnet / kalau bermodal pun ada warnet di daerahnya. xD

  17. Wah gmn jd anak vokasi, jadwal di sekre ama di siak beda jauh ya jadi harus cek gocek sana sini πŸ˜€

  18. gue anak voked ,, n Siak itu update bgt , semua pengumuman ada di sana ,,, bahkan kalo kita mau nanya2 ke sekret pasti sekret jawabannya ” Liat aja di siak “