Siapa Bilang Mahasiswa Kere? Ini 5 Cara Cari Cuan Ala Mahasiswa!

Stop ngeluh lagi kere! Mahasiswa juga bisa cari cuan, kok. Yuk simak artikel ini untuk tahu lima cara cari cuan ala Mahasiswa!


1
1 point

“Lagi kere nih, bro!”

Kalau kamu mahasiswa dan pernah berkata seperti ini, maka artikel ini buat kamu!

Tidak sedikit mahasiswa yang berusaha menghemat pengeluarannya terlebih di akhir bulan. Tapi, tahukah kamu, cara untuk berhenti menjadi “kere” tidak selamanya dengan menghemat pengeluaran?

Faktanya, orang-orang akan menjadi lebih cepat kaya dengan meningkatkan jumlah sumber pendapatannya. Ibarat timbangan, selain mengurangi sisi pengeluaran, tapi kita perlu juga menambah sisi pendapatan kita.

Nah, apa saja sih yang bisa dilakukan Mahasiswa untuk menambah sisi pendapatan atau sering disebut dengan “Cari cuan ala Mahasiswa”?

Yuk simak lima kegiatan yang bisa menghasilkan cuan untuk mahasiswa selama kuliah:

1. Mengajar Les

Sumber: uisi.ac.id

Dalam satu semester, kamu bisa membuka les ketika UTS dan UAS. Biasanya, rate untuk mengajar sekitar Rp 250,000 untuk lima orang (satu group) dalam dua setengah jam.

Apabila kamu meluangkan waktu untuk mengajar dua group dalam sehari, mengajar tiga hari dalam satu minggu, maka kamu bisa mendapatkan total Rp 1,500,000 dalam satu minggu. Maka dalam satu semester, kamu bisa mendapatkan sekitar tiga juta rupiah!

2. Lomba

Sumber: IDN Times

Jika kamu memiliki kesulitan untuk berbicara dan membagikan ilmu kepada orang lain, maka Lomba adalah cara yang tepat untuk kamu! Proses persiapannya memang sedikit lebih membutuhkan effort, tapi kalau memenangkan juara akan sangat worth it.

Katakanlah Juara 1 nya mendapatkan hadiah Rp 4,500,000 dan apabila dibagi ketiga anggota, maka satu orang anggota bisa mendapat Rp 1,500,000. Dengan mengasumsikan kamu menang dua kali dalam satu semester, kamu juga bisa mendapatkan cuan sekitar tiga juta rupiah!

3. Magang

Cara cari cuan lainnya adalah dengan magang atau paid internship. Carilah magang yang membuka peluang dari jurusan kamu atau menerima dari seluruh jurusan. Kamu bisa mencoba mencari lowongan magang di Linkedin atau situs job seeker lainnya. Saat ini, banyak startup yang membuka lowongan magang dengan jurusan yang bervariasi.

Sumber: Mamikos

Umumnya, paid internship akan memberikan benefit keuangan sekitar satu sampai dua juta rupiah per bulannya. Jika kita ambil tengahnya dan dikalikan tiga bulan, maka kamu bisa mendapatkan sekitar empat setengah juta rupiah! Apalagi kalau kontrak kamu diperpanjang, bisa semakin banyak cuannya!

BACA JUGA: 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Magang Dari Rumah

4. Beasiswa

Sumber: Scholars Official

Tentunya beasiswa sudah tidak asing lagi di benak mahasiswa. Kamu bisa menjadikan beasiswa sebagai salah satu sumber cuanmu, loh!

Beasiswa sendiri ada beberapa jenis, ada yang beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dan lainnya. Donaturnya pun beragam, ada yang dari pemerintah, bank, atau berbagai perusahaan besar.

Kamu bisa cek website beasiswa di kampusmu secara berkala untuk selalu update tentang info-info beasiswa. Kamu juga bisa mengikuti akun sosial media perusahaan penyedia beasiswa seperti Beasiswa Bank Indonesia dan lainnya.

Jika belum berhasil lolos, jangan menyerah ya! Karena sekali kamu mendapatkan beasiswa, akan sangat menolong kamu, khususnya untuk membayar uang kuliah. Semangat terus, ya pejuang beasiswa!

5. Return Investasi

Sumber: www.trazosurbanos.com.co

Nah, sumber cuan lainnya adalah Investasi!

Mungkin sebagian dari kamu sudah mulai terjun ke dunia investasi, dan sebagian lagi belum. Tapi, apabila kamu punya uang lebih, memang akan baik jika dialokasikan ke investasi. Karena melalui investasi, uang kamu tidak akan habis dimakan inflasi dan potongan bank per bulannya.

Contohnya, jika kamu sudah mengajar les dan magang. Maka dalam satu semester proyeksi pendapatan kamu akan meningkat sekitar tujuh juta rupiah.

Kamu bisa alokasikan dua juta setiap semesternya untuk dimasukkan ke Reksadana pendapatan tetap dengan return 8% per tahunnya. Tentu akan lebih baik dibandingkan di tabungan yang termakan inflasi sekitar 3%.

Maka dalam satu tahun, kamu bisa mendapatkan return sekitar Rp 320,000!

Semakin besar jumlah uang yang kamu investasikan, maka akan semakin besar jumlah return yang bisa kamu dapatkan. Sudah saatnya kita membuat uang kita bekerja bahkan saat kita tidur!

Dari kelima cara di atas, kamu tidak harus mengerjakan semuanya kok. Kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan, ketersediaan waktu, dan tenaga kamu. Jangan sampai sibuk cari-cari cuan tapi endingnya tipes!

Tapi akan lebih baik kalau kamu pernah setidaknya mencoba 3 dari 5 sumber cuan di atas. Karena kamu akan bisa semakin menghargai proses mencari uang, dan ketika nanti bekerja dengan gaji besar, kamu tidak menjadi orang yang boros. Selamat mencoba! 😄

BACA JUGA: Belum Pernah Nongkrong di Kantin-kantin Ini? Jangan Ngaku Anak UI Deh


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ruth Agustini

Ruth Agustini adalah mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, program studi Akuntansi 2018. Di tengah perkuliahannya, Ruth gemar mengikuti berbagai kegiatan mahasiswa dan juga menulis. Yuk, simak artikel lainnya yang ditulis oleh Ruth! :)

0 Comments

Leave a Reply