Siapa yang berpikir dan menyangka bahwa manusia dapat terbang sebelum tahun 1903?

Pada pukul 9.30 pagi (9.30 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung, tanggal 17 Desember 1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesara itu turun kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama “Kitty Hawk”. Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC,Amerika Serikat.

Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer.

Wright Bersaudara

Penerbangan pertama Wright Bersaudara. Orville yang mengendalikan pesawat, sedangkan Wilbur tampak berlari di samping setelah melepaskan pegangannya untuk menyeimbangkan pesawat itu.

Mereka bersaudara dan Kerja sama mereka membawa manfaat bagi umat manusia hingga sekarang.

Helen Keller lahir normal di Tuscumbia, Alabama pada 1880. Pada usia 19 bulan, ia diserang penyakit misterius yang menyebabkannya buta dan tuli. Ia jadi liar dan tidak dapat diajar pada usia 7 tahun, sehingga orang tuanya bertemu Johanna (Anne) Mansfeld Sullivan Macy untuk menjadi guru pribadi dan mentor. Anne memegang tangan Helen di bawah air dan dengan bahasa isyarat, ia mengucapkan “A-I-R” pada tangan yang lain.

Saat Helen memegang tanah, Anne mengucapkan “T-A-N-A-H” dan ini dilakukan sebanyak 30 kata per hari. Helen diajar untuk membaca lewat huruf braille sampai mengerti apa maksudnya. Helen menulis, “Saya ingat hari yang terpenting di dalam seluruh hidup saya adalah saat guru saya, Anne Mansfield Sullivan, datang pada saya.”

advertisement

Dengan tekun, Anne mengajar Helen untuk berbicara lewat gerakan mulut, sehingga Helen berkata, “Hal terbaik dan terindah yang tidak dilihat atau disentuh oleh dunia adalah hal yang dirasakan di dalam hati.” Ia belajar bahasa Perancis, Jerman, Yunani dan Latin lewat braille. Pada usia 20 tahun, ia kuliah di Radcliffe College (cabang Universitas Harvard), khusus wanita. Annie menemani untuk spellingl textbooks, huruf demi huruf, yang diletakkan ke tangan Helen. Hanya 4 tahun, Helen lulus dengan predikat magna cum laude.

Buku Helen Keller

Salah satu buku karya Helen Keler

Anne dan Hellen telah menunjukkan inspirasi yang mendalam ke seluruh dunia. Mereka seperti keluarga, keluarga yang tulus membantu hingga pada akhirnya Hellen menghasilkan buku-buku yang inspiratif bagi dunia

Sahabat-sahabat terdekat dari Nabi Muhammad SAW, tentu semuanya memiliki sifat-sifat yang mulia dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW yang luar biasa. Namun, riwayat umumnya selalu menyampaikan sifat utama yang begitu kuat dari karakter sahabat-sahabat tersebut. Abu bakar diberi gelar langsung oleh Nabi Muhammad SAW sebagai Ash-shiddiq= yang benar perkataannya. Utsman memiliki sifat yang pemalu, sedangkan Umar cenderung tegas dan keras. Ali bin Abi Thalib terkenal dengan kecerdasannya.

Karakter kuat yang berbeda-beda dan mulia dari masing-masing sahabat Nabi Muhammad SAW ketika digabungkan ikut memberikan andil besar bagi perubahan peradaban di dunia dari zaman yang gelap gulita ke zaman yang terang benderang

YESP

Hidup memang tidak sendirian, kita selalu butuh suatu kerja sama untuk menghasilkan suatu hasil yang lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan yang dikerjakan sendiri. Layaknya satu lidi yang akan mempunyai kemampuan untuk membersihkan halaman rumah kita, ketika lidi-lidi tersebut disatukan dalam satu ikatan yang kuat.

Hal ini berlaku tidak hanya di dunia kampus, tapi juga dunia paska kampus. Sistem kesehatan yang terbaik adalah ketika sistem kesehatan tersebut terintegrasi melibatkan semua tenaga kesehatan secara maksimal yang terdiri dari dokter, farmasis, perawat, public health, dan juga stakeholder lain.Hal ini berlaku pula pada sistem yang lainnya.

advertisement

FMIPA UI, sesuai namanya yang erat dengan sains, terdiri dari 6 departemen dengan pendalaman ilmu masing-masing, namun belum ada wadah yang mewadahi kajian riset terhadap sains untuk semua departemen hingga dapat menghasilkan suatu karya nyata yang bermanfaat bagi lingkungan, baik lingkungan alam dan juga lingkungan sosial di sekitarnya.

Wadah yang dimaksud bukanlah wadah struktural yang berisi perencanaan dan program-program kerja layaknya BEM, tapi wadah ini menitikberatkan pada aplikasi keilmuan masing-masing. Taukah kamu bahwa departemen yang berbeda-beda di MIPA sebenarnya dapat menghasilkan hasil riset multidisiplin yang besar dan nyata? bingung seperti apa hubungannya? begini ilustrasinya:

  • Ketika farmasis ingin mengisolasi suatu senyawa baru dari suatu tanaman, maka pengetahuan tentang klasifikasi serta biosintesisnya secara rinci di tanaman didapatkan dari ahli botani di biologi. Untuk menghasilkan senyawa baru baik zat tambahan ataupun zat aktif yang dibutuhkan, perlu kerja sama dengan industri petrokimia karena dibutuhkan bahan kimia antara (intermediat) untuk menghasilkan senyawa tersebut (kerja sama dengan orang kimia). Tahukah kamu bahwa sekarang juga telah muncul gagasan bahwa distribusi obat untuk penyakit endemik yang berkaitan dengan iklim (misalnya demam berdarah) diawali dengan prediksi cuaca dan ikllim jauh-jauh hari dari ahli yang telah mendalami geografi sehingga tingkat kejadian yang tinggi di suatu daerah dapat dicegah salah satunya dengan obat yang sudah tersedia lebih awal sesuai dengan siklus virus dengue yang terkait dengan kehidupan nyamuk aedes sebagai vektornya. Semuanya tentu memiliki prinsip matematis di dalamnya.
  • Contoh lain–>pengobatan dengan radioterapi menggunakan sediaan radiofarmasi memerlukan pengawasan dari komite isotop yang berisi dari dokter dengan pendidikan khusus, apoteker yang mengawasi dan membuat sediaannya dengan keterampilan khusus, ahli fisika, ahli kimia, administrasi bisnis, dan profesi lainnya.

Contoh tersebut hanyalah sekelumit kecil dari begitu banyak contoh lain yang melibatkan kerja sama multidisiplin dari berbagai kompetensi yang ada. Dari semangat inilah kami menggagas Young Environmental Scientist Program (YSEP) untuk mewadahi suatu keluarga yang isinya adalah perbedaan, perbedaan yang akan menyatu dalam pembelajaran bersama-sama dan kerja sama yang efektif menghasilkan suatu karya yang bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya.

Berawal dari 16 orang Mapres FMIPA UI dan diharapkan terus meluas di tingkat fakultas dan semakin kokoh berdiri, berjalan, dan terus berlari meraih mimpi bersama untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat di bawah naungan rida Tuhan Yang Maha Esa..:)

http://id.wikipedia.org/wiki/Wright_Bersaudara

http://id.wikipedia.org/wiki/Helen_Keller

http://mycreativepursuits.blogspot.com/2010/11/two-book-clubs.html

Jangan lupa, semua civitas academica FMIPA UI diundang datang di..

– Grand Launching YES Programme : – Komunitas Saintis berbasis lingkungan, pertama di FMIPA UI (YES)

– Launching Jurnal Ilmiah Pertama FMIPA UI a.k.a ’03 Scientific Journals

– Seminar “SCIENVIROVOLUTION: Karena Perubahan Lingkungan Dunia ada di tangan kita”, Sabtu, 280511 @BSM 8.30-12.30. Oleh:

1. Dr. Terry Mart (Fisikawan Dunia, Peraih indeks Sains Tertinggi)

2. Bijaksana (CSL Program,Greeneration Indonesia)

3. Dr. Herman Suryadi, M.S (Manager Riset FMIPA UI)

* Free Snack dan Sertifikat untuk 70 pendatang pertama. See You Brother and Sister..^_^

FB : YES Programme, E: yesp2011@yahoo.co.uk

 

Young Environmental Scientist Program
Young Environmental Scientist Program



[reaction_buttons]