Siaran Pers Hari Pertama IYCS: Berbagi Inspirasi dan Berkolaborasi dalam IYCS: Sumpah Pemuda 2.0


0

Indonesian Young Changemakers Summit (IYCS): Sumpah Pemuda 2.0, konferensi para penggerak perubahan yang diselenggarakan oleh koalisi organisasi pemuda bekerja sama dengan Bank Mandiri telah resmi dibuka pada hari Sabtu (11/2). Pembukaan diawali dengan pidato pembukaan oleh Goris Mustaqim (Ketua Pelaksana IYCS), M. Yunus (Penerima Nobel Perdamaian 2006), dan Futurolog Speech dari Anies Baswedan (Dewan Pengarah IYCS).

Konferensi ini diikuti oleh 225 peserta yang terdiri dari 100 penggerak perubahan, 100 observer, dan 25 wirausaha muda mandiri. “IYCS mengajak para pemuda untuk berkarya, berkolaborasi, bersumpah. Berkarya berarti berbuat sesuatu yang positif. Berkolaborasi, sesuai dengan prinsip 2.0, tidak hanya berkumpul, tapi kumpulan yang memiliki peran satu sama lain, berkontribusi, saling mengisi, dan memiliki arah. Sedangkan bersumpah bukan berarti kita mengobral janji, tapi berkomitmen untuk berjuang bersama,” ungkap Goris Mustaqim dalam pidato pembukaan. Sedangkan Anies Baswedan dalam futurolog speechnya memberikan semangat dan dorongan agar para pemuda giat berkarya dengan kreatifitas sehingga mampu bersaing di kawasan global. “Kita lahir untuk membuat sejarah, think big start small and now,” ungkap Anies.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi panelis pertama
bersama Sandiaga Uno (Dewan Pengarah IYCS, pendiri Indonesia Setara), Tri Mumpuni (Dewan Pengarah IYCS, Pimpinan IBEKA), dan Pahala N. Mansury (Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri). Sedangkan dalam sesi diskusi panelis kedua, Joko Widodo (Walikota Solo), Lendo Novo (Pendiri Sekolah Alam), dan Silverius Oscar Unggul (Dewan Pengarah IYCS, Pimpinan Telapak Foundation). Selain itu, masih ada pula sesi workshop yang membekali para peserta untuk mengembangkan proyek perubahan di daerah masing-masing.

Workshop terbagi dalam empat tema yakni: Project Management, Funding, Social Media, dan Community Development. Sebagai penutup, ada sesi diskusi open space atau pasar bebas dimana para peserta dapat berpindah dari satu tema ke tema lain untuk bertukar ide dan informasi yang dipandu oleh moderator dan beberapa fasilitator.

Meski baru sehari, Leon Kamilius, salah satu peserta changemakers yang juga merupakan pendiri Koperasi Kasih Indonesia, mengaku telah banyak mendapatkan manfaat. “Luar biasa, disini para changemakers dipertemukan untuk kemudian bertukar ide, pengalaman, dan menjalin networking. Para pembicara pun sangat meginspirasi, terutama Joko Widodo yang merupakan sosok outlier yang kepemiminannya begitu menginspirasi saya!” ungkap pemuda yang memilih meninggalkan karier di perusahaan multinasional ini demi mendirikan koperasi yang membantu mengentaskan berbagai masalah kemiskinan di daerah Cilincing, Jakarta Utara.

Dalam IYCS: Sumpah Pemuda 2.0 ini para peserta diajak untuk saling menginspirasi, bekerja sama, dan berkolaborasi untuk perbaikan Indonesia. Esok harinya, di Gedung Indonesia Menggugat, para pemuda penggerak perubahan ini akan melanjutkan kegiatannya dengan sesi presentasi dan sharing serta “100 Mimpi Indonesia”. Pada akhir sesi, akan ada penandatanganan manifesto Sumpah Pemuda 2.0 yang konsepnya telah dirumuskan secara online oleh seluruh masyarakat Indonesia. IYCS 2012 akhirnya akan ditutup dengan pembacaan Sumpah Pemuda 2.0.

Semoga apa yang kini dilakukan dapat memberikan dampak bagi perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Info lebih lanjut (Media and Communications)
–  Lidwina Marcella 0817 6575 985
–  Choirunnisak Fauziati 0877 8894 9187

Website : http://indonesianchangemakers.org
Twitter : @IDchangemakers
Facebook : Indonesian Changemakers


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply