Side Hustles: Manfaat Apa Aja yang Bisa Kamu Dapatkan Setelah Melakukannya?

Pernah denger istilah side hustle? Kalau kamu mau ningkatin produktivitas kamu sebagai mahasiswa, berikut beberapa manfaat dari Side Hustles yang patut kamu pertimbangkan.


0
Side hustle jadi sesuatu yang bisa kamu banggakan via kopmafibui

Jadi, sekarang kamu adalah seorang mahasiswa yang menjalani perkuliahan di kampus perjuangan. Memiliki cita-cita tinggi untuk menyelesaikan S1 dan berharap untuk mendapatkan pekerjaan impian. Kedengarannya memang cukup mudah dan menarik. Tapi, tahukah kamu? Salah satu rahasia sukses dan produktif seseorang adalah dengan membiasakan diri kamu untuk melakukan side hustles.

Side Hustles? Apa itu? Elitedaily.com menjelaskan, Side Hustles adalah kesibukan sampingan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang. Berbeda dengan Side Job, dimana seseorang melakukannya karena kebutuhan akan tambahan income atau penghasilan, Side Hustles mengutamakan passion seseorang dalam melakukan kesibukan sampingan.

Menjadi mahasiswa adalah saat-saat dimana kita bisa menentukan akan apa hal-hal yang kita cintai sepenuh hati dan yang ingin kita capai dalam hidup. Dengannya kita dapat menentukan aktivitas apa saja yang dapat menjadi Side Hustles kita selain rutinitas kita di dunia perkuliahan dan pergaulan.

So, bagi kamu yang ingin meningkatkan produktivitas kamu selagi masih menjadi mahasiswa dan dapat mengasah skill-skill baru untuk membantumu menghadapi dunia industri kelak, berikut beberapa manfaat dari Side Hustles yang patut kamu pertimbangkan.

BACA JUGA: Mau Tambah Duit? Ini Nih 4 Pekerjaan Freelance Buat Mahasiswa

 

Side Hustles Memacu Kreativitasmu

Side Hustles Memacu Kreativitasmu via careercontessa
Side Hustles Memacu Kreativitasmu via careercontessa

Bila kamu memiliki rutinitas perkuliahan yang membosankan dan kamu tidak memiliki ide untuk melakukan hal-hal yang bikin kamu happy, maka Side Hustles dapat menjadi pilihanmu.

Di saat kamu udah kepengin jalan-jalan atau pengin keluar kost tapi gak ada budget. Butuh waktu sejenak untuk menyingkir dari kesibukan perkuliahan, kamu bisa melakukan Side Hustles sederhana dengan melakukan hal yang kamu belum pernah lakukan, atau pernah kamu lakukan waktu kecil dan kamu suka seperti, mewarnai.

Yup, mewarnai. Kamu bisa menargetkan dirimu dalam 1 bulan ke depan akan mewarnai gambar apa saja, dimana kamu ambil dan print gambarnya, atau bahkan bagaimana kamu memulai untuk menggambar gambarmu sendiri lalu kamu warnai at the end of the day. Dan jika kamu lakukan dengan fun dan seserius mungkin, bukan suatu kemustahillan bila dua bulan kemudian kamu akan cukup pede untuk bikin pameran karya kamu di lorong kampus. Atau bahkan kamu bisa membuka commission untuk setiap gambar yang kamu gambar atau warnai.

Dan ada banyak Side Hustles lain yang bisa kamu explore untuk meningkatkan kreativitasmu. Wall climbing, photography, ngoding web, dan banyak lagi.

 

Meningkatkan Percaya Diri

Side hustle jadi sesuatu yang bisa kamu banggakan via kopmafibui
Side hustle jadi sesuatu yang bisa kamu banggakan via kopmafibui

Yup, dengan keseriusan dan ketekunan, pastinya kamu akan memastikan karya Side Hustles kamu dapat menjadi sesuatu yang dapat kamu banggakan di hadapan teman-teman kamu. Hal ini, tentu, juga secara otomatis dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu saat bersosialisasi.

You know you have something valuable that others doesn’t have. Namun, perlu kamu sadari bahwa di setiap langit akan masih ada langit dan bersikap humble adalah salah satu hal yang membuat orang lain akan mudah untuk appreciate Side Hustles yang kamu kerjakan.

 

Membuat Kamu Peka

Bikin kamu peka dengan hal sekitar via wificornerJTD
Bikin kamu peka dengan hal sekitar via wificornerJTD

Dengan meningkatkan skill pada hal-hal baru yang kamu sukai dan belum pernah kamu alami sebelumnya, kamu dengan mudah bisa melihat masalah yang kamu temui setiap kali kamu mencoba untuk menyelesaikan 1 Side Hustles.

Dari masalah itu, kamu pun bisa berpikir lebih luas, “Apakah orang lain juga mengalami masalah yang saya hadapi? Jika ya, bagaimana cara membuatnya lebih mudah untuk dijalani oleh orang lain?”

Dimulai dari suatu masalah, kamu pun akan peka mencari solusi bersama untuk menyelesaikan suatu Side Hustles. Dengan demikian, kamu akan terlatih untuk end up dengan karya Side Hustles yang dapat membantu menyelesaikan masalah di lingkungan sekitarmu. Seperti aplikasi TemanJalan yang pernah dibahas di artikel sebelumnya, bisa saja itu adalah hasil dari pengalaman pribadi yang kemudian diseriuskan dan akhirnya berbuah menjadi aplikasi yang bermanfaat bagi sesama.

 

Membantu Kita Meraih Financial Goals

Membantu Kita Meraih Financial Goals via thefinancegirl
Membantu Kita Meraih Financial Goals via thefinancegirl

There’s nothing like earning more money to accelerate your financial progress.

Bila dimanage dengan baik, bahkan Side Hustles dapat memberikan kita income tambahan yang dapat meningkatkan tabungan kita per bulannya.

Membantu Kita Meraih Financial Goals via thefinancegirl
Membantu Kita Meraih Financial Goals via thefinancegirl

Ketika kamu mengerjakan Side Hustles untuk meningkatkan income tambahan, maka tentu kamu pun akan berpikir berapa cost yang dikeluarkan dan berapa layaknya kamu dihargai atas karya kamu.

Dalam Side Hustles, having vision and seeing your work to the end is what’s really important. Karena masa-masa menjadi mahasiswa adalah the best time to chase your dreams and if you can’t make it happen now, then it was never meant to be.

Berbeda dengan hobi yang dimana kamu biasa melakukannya just for fun, Side Hustles membutuhkan ketekunan, kejelian, dan keseriusanmu dalam menjalaninya, otherwise kesibukanmu tidak membuatmu produktif melainkan hanya menyita waktumu untuk hal yang sia-sia. Eventhough, kamu bisa mentransformasikan hobimu menjadi Side Hustles ataupun sebaliknya. Seperti kata pepatah, Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life.

Dan dengan memotivasikan dirimu bahwa Side Hustle yang kamu kerjakan ke depannya dapat menjadi sesuatu yang valuable, kamu pun akan semakin serius dan percaya dengan diri kamu sendiri bahwa kamu mampu mewujudkan hal yang tampaknya mustahil.

So, sudahkah kamu mencoba menentukan apa Side Hustles yang sanggup kamu seriuskan dengan senang hati? Jika belum, yuk gali potensimu sekarang! Bagikan artikel ini lewat Facebook, Twitter dan LINE kamu, dan temukan apa kemampuan terbaikmu yang dapat kamu andalkan untuk dijadikan Side Hustles!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply