Simposium Nasional BEM FISIP 2009


0

More info and get tickets :
Fara : 02192503650
Nafi : 085697063910

HTM Rp 20.000,- ( 8 & 10 okt, makan siang & sertifikat )

Simposium nasional BEM FISIP UI 2009 adalah suatu acara yang hendak “membangun visi pendidikan Indonesia” dengan merangkul seluruh elemen yang terkait dengan pembangunan pendidikan Indonesia untuk duduk bersama dalam suatu forum dan mencari pemecahan permasalahan pendidikan bangsa saat ini. Tujuannya adalah menghasilkan suatu roadmap pendidikan Indonesia dalam bentuk rekomendasi kebijakan bagi para pengambil kebijakan (pemerintah) Indonesia, mendapatkan komitmen, kontrak politik dari pemerintah Indonesia terkait rekomendasi kebijakan pendidikan Indonesia yang dihasilkan, dan sebagai media penyadaran, pencerdasan masyarakat mengenai pendidikan. Sasaran khalayaknya yakni para elemen yang berkaitan dengan pendidikan Indonesia seperti para ahli/pemerhati pendidikan, mahasiswa,dosen UI,PGRI,Forum Guru Independen Indonesia,LSM-LSM yang concern terhadap pendidikan, DPR komisi pendidikan, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Acara ini akan dilaksanakan pada hari Kamis-Sabtu,tanggal 8-10 Oktober 2009 di balai sidang UI dan ruang-ruang kelas FISIP UI. Bentuk acaranya yakni Studium general (hari ke-1),sidang komisi (hari ke-2), dan penandatanganan kontrak politik dengan pemerintah (hari ke-3). Pada hari pertama, Studium general menggunakan metode diskusi panel dengan keynote speaker. Para keynote speaker mengangkat wacana dan membuka wawasan dalam kaitannya dengan pendidikan Indonesia baik secara umum maupun khusus. Pada hari kedua, dibentuk sidang komisi dimana para peserta undangan dibagi-bagi ke dalam komisi-komisi. Sidang komisi ini berbentuk Focus Group Discussion (FGD) yang akan mendiskusikan satu topik yang ditentukan oleh panitia dan harus menghasilkan rekomendasi kebijakan beserta indikator-indikatornya.Pada hari ketiga, rekomendasi-rekomendasi kebijakan yang telah dirumuskan dipresentasikan kepada khalayak luas dan juga kepada pemerintah. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak politik oleh pemerintah mengenai rekomendasi kebijakan-kebijakan tersebut. Kegiatan ini diliput media massa dan dipublikasikan secara luas.

Peserta dikenakan biaya Rp 20.000,00 untuk 2 hari (tanggal 8 & 10 Oktober 2009) untuk konsumsi dan sertifikat. Pada tanggal 8 Oktober 2009, pembicara-pembicaranya antara lain sesi 1 yakni Darmaningtyas (Pengamat pendidikan), Prof. MAR. Tilaar (pakar pendidikan), sesi 2 yakni Prof. Soedijarto (Ketua ISPI), Aan Rohanah (Komisi X DPR 2004-2009), sesi 3 yakni Prof. Paulus Wirutomo (Pakar sosiologi pendidikan) dan Eko Prasetya (penulis buku “orang miskin dilarang sekolah”. Kami akan bekerja sama dengan FGI, PGRI, LSM,dosen UI,mahasiswa-mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia, dan pakar pendidikan untuk merumuskan roadmap pendidikan pada tanggal 9 Oktober 2009. Pada tanggal 10 Oktober 2009, kami juga akan mengundang ketua komisi X DPR RI 2009-2014 dan Dirjen Dikti 2004-2009.

Simposium nasional ini merupakan acara perdana yang belum pernah diselenggarakan oleh kaum mahasiswa sebelumnya. Acara ini menjadi wujud kepedulian UI dan kaum mahasiswa terhadap pendidikan Indonesia dan media untuk mengajak dan merangkul seluruh elemen yang peduli tehadap pembangunan pendidikan Indonesia. Acara ini menjadi salah satu cara untuk memperjuangkan pendidikan dan diharapkan dapat memberikan kontribusi guna membangun visi pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Simposium nasional BEM FISIP UI 2009

Tujuan:

  1. menghasilkan suatu roadmap pendidikan Indonesia dalam bentuk rekomendasi kebijakan bagi para pengambil kebijakan (pemerintah) Indonesia
  2. mendapatkan komitmen, kontrak politik dari pemerintah Indonesia terkait rekomendasi kebijakan pendidikan Indonesia yang dihasilkan
  3. sebagai media penyadaran, pencerdasan masyarakat mengenai pendidikan.

Sasaran khalayak :

para elemen yang berkaitan dengan pendidikan Indonesia seperti para ahli/pemerhati pendidikan, mahasiswa,dosen UI,PGRI,Forum Guru Independen Indonesia,LSM-LSM yang concern terhadap pendidikan, DPR komisi pendidikan, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Acara ini akan dilaksanakan pada :

  1. Waktu pelaksanaan : Kamis-Sabtu,tanggal 8-10 Oktober 2009
  2. Tempat pelaksanaan : balai sidang UI dan ruang-ruang kelas FISIP UI

Bentuk acara :

Studium general (hari ke-1),sidang komisi (hari ke-2), dan penandatanganan kontrak politik dengan pemerintah (hari ke-3).

Estimasi jumlah pembicara,perumus, undangan, dan peserta ialah 300 orang. Peserta dikenakan biaya Rp 20.000,00 untuk 2 hari (tanggal 8 & 10 Oktober 2009) untuk konsumsi dan sertifikat.

Pembicara :

  1. sesi 1 yakni Darmaningtyas (Pengamat pendidikan), Prof. MAR. Tilaar (pakar pendidikan)
  2. sesi 2 yakni Prof. Soedijarto (Ketua ISPI), Aan Rohanah (Komisi X DPR 2004-2009)
  3. sesi 3 yakni Prof. Paulus Wirutomo (Pakar sosiologi pendidikan) dan Eko Prasetya (penulis buku “orang miskin dilarang sekolah”.

Kami akan bekerja sama dengan FGI, PGRI, LSM,dosen UI,mahasiswa-mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia, dan pakar pendidikan untuk merumuskan roadmap pendidikan pada tanggal 9 Oktober 2009. kami juga akan mengundang ketua komisi X DPR RI 2009-2014 dan Dirjen Dikti 2004-2009 pada tanggal 10 Oktober 2009.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply