Sore hari ketika di gedung IX FIB UI sedang diadakan UI Book Fest 2010 datanglah seorang sales dari perusahaan telekomunikasi terkemuka menghampiri gue. Dia menawarkan sebuah modem 3.5G yang katanya kecepatan internet pakai modem itu bisa sampai 3.6 Mbps. Setelah beberapa menit berbincang akhirnya gue kepincut juga sama tuh modem, palagi ada program cicilan sampai 6x dan gratis abodemen untuk beberapa bulan.

Tapi, gue nggak mau gegabah sebelum mikir mau beli karena saudara gue yang satu kosan dia juga pakai modem yang hampir sama kecepatannya namun pada kenyataannya di daerah kostan gue di kutek perormanya bener-bener bikin penggunanya emosi. Janji-janji kecepatan ber-Mbps itu rasanya sama sekali nggak bisa dirasain di daerah UI dan kutek. Yang pada penggunaannya dari monitor di software modem itu di kostan gue Cuma dapet sekitar 30 Kbps bahkan kurang.

Oke lanjut lagi ke modem yang ditawarin tadi. Gua minta sama si sales itu buat ngetes dulu kecepatannya dan si mas-mas sales itu ngebolehin dan ngajak gue ke stand buat ngetes speed. Langsung jari gua ngetik speedtest.net di laptop mas-masnya tapi kok loadingnya lama banget ya? Gua udah mulai curiga. Ternyata bener aja setelah result keluar kecepatannya dibawah 100 Kbps aja. Mas-mas yang tadi nawarin modem itu langsung hopeless dan malu sama gue gara-gara tawarannya tadi.

advertisement

Sebetulnya gua nggak mau nyalahin provider internetnya juga sih. Nyatanya emang bukan merek itu aja yang sinyalnya lemah di daerah FIB, Kutek dan Teknik. Contohnya temen gua beli HP CDMA yang bisa dipake buat modem dengan iming-iming 299ribu udah bisa internetan ternyata di kampus UI sinyalnya benar-benar kosong. Jangankan mau internetan, nelpon aja nggak bisa. Begitu pula dengan HP gua yang pakai kartu GSM yang umurnya baru setahun berkiprah di dunia telekomunikasi ini, Sinyalnya bener-bener minta ampun. Masuk gedung sedikit sudah loss signal. Begitu pula dengan pengalaman beberapa teman gua lainnya yang kerap kali nggak bisa dihubungin kalau ada di dalam areal kampus.

Jadi kesimpulannya hampir semua provider seluler GSM dan CDMA itu sinyalnya jelek, karena gua bukan anak teknik gua nggak bisa ngejelasin kenapa sinyal di UI dan daerahnya bermasalah. Tapi yang jelas sinyal bermasalah ini harus bisa kita selesaikan bersama karena Handphone dan internet adalah perangkat penting bagi manusia untuk berkomunikasi.

FYI aja, kalau gua masuk ke rektorat sinyal saya selalu penuh loh!

advertisement

Tulisan ini dapat juga dilihat di ridwanhanif.wordpress.com



advertisement