Sorak-Sorai ABC dengan AIDSBuzz! Competition For Youth 2011


0

 “Nobody can do everything, but everyone can do something.” (anonymous)

Merasa pernah mendengar istilah HIV/AIDS? Merasa cemas terkena infeksinya dan iba terhadap penderitanya? Para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini tidak sekedar tahu, cemas dan merasa iba, namun bergerak membuktikan kepedulian mereka melalui serangkaian kegiatan AIDSBuzz! Competition (ABC) for Youth 2011. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian pemuda terhadap jumlah infeksi dan penularan HIV/AIDS yang semakin meningkat dari hari ke hari, sekaligus sebagai penyemarak peringatan Hari AIDS Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

ABC for Youth merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari Act! (kompetisi foto berpasangan), Be Bold! (kompetisi membuat slogan pencegahan HIV/AIDS dan alasan tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah), serta Command! (acara puncak berupa ABCExpo dan Sunday Movement). Bermula semenjak dibukanya pendaftaran kompetisi pada tanggal  1 November 2011 hingga pelaksanaan acara puncak pada tanggal 11 Desember 2011,  ABC for Youth tahun ini mempromosikan salah satu upaya pencegahan infeksi dan penularan HIV/AIDS yakni Abstinence, Be Faithful dan Condom Use (A,B,C).

Diprakarsai oleh mahasiswa kedokteran yang berhimpun dalam Standing Committee on Reproductive Health including HIV/AIDS, Centre of Medical Student Activities (SCORA-CIMSA UI), kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat. Terbukti semenjak dimulainya kompetisi foto, slogan dan alasan pada tanggal 1-28 November 2011, cukup banyak peserta yang mendaftarkan diri dari berbagai universitas. Demikian pula ABCExpo, sebuah pameran karya para peserta di Lobi Bawah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dikemas dengan konsep yang interaktif.

Tak hanya memanjakan mata para pengunjung, ABCExpo juga menawarkan AIDS Trivia, yaitu kumpulan kuis menarik terkait HIV/AIDS, seperti menebak orang yang terkena HIV/AIDS dan berfoto di photobooth yang telah disediakan. Kegiatan terakhir yang bekerja sama dengan SCORP UI, Sunday Movement, dilangsungkan dalam bentuk aksi damai peduli HIV/AIDS dan Hak Azazi Manusia di Monumen Nasional pada tanggal 11 Desember 2011. Aksi yang disuguhkan dalam konsep yang menyenangkan ini berlangsung meriah dan mendapat banyak perhatian khalayak masyarakat dan media.

Kegiatan ABC for Youth 2011 juga didukung oleh AIDSIna Foundation, Yayasan AIDS Indonesia, dan Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals. “Untuk Hari AIDS Sedunia tahun ini, kami memang ingin mempromosikan kampanye pencegahan HIV/AIDS yaitu Getting to Zero, dalam konsep yang menarik dengan tidak menghilangkan makna edukasi di dalamnya,” ujar Davrina Rianda, Koordinator SCORA-CIMSA Universitas Indonesia, menutup rangkaian kegiatan ini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Davrina Rianda
Wordplayer.

0 Comments

Leave a Reply