Percaya atau enggak, masing-masing pasti punya nama julukan. Baik itu yang kamu ketahui ataupun kode yang digunakan oleh orang-orang untuk ngomongin kamu tapi gak mau orang tau dan denger. Nah, tahukah kamu kalau eksistensi kamu sebenernya bisa diukur dari seberapa banyak dan seberapa berartinya julukan kamu. Yuk, disimak!

 

Satu Julukan Seumur Hidup

Satu Julukan Seumur Hidup biasanya berkaitan erat sama fisik kamu via zh.widih

Satu Julukan Seumur Hidup biasanya berkaitan erat sama fisik kamu via zh.widih

Satu julukan seumur idup, misalnya kamu dari TK sampe kuliah, julukannya sama, yakni Kribo. Ya, mau gimana? Itu satu julukan yang sudah mendarah daging dan konotasinya udah bukan lagi negatif, tapi emang beneran julukan yang jadi identitas dan digunakan untuk memanggil kamu. Plus, kamu udah dari TK punya itu julukan, jadi kamu selalu noleh kalo ada orang yang manggil kamu itu.

advertisement

Ada dua arti. Satu, kamu memang unik. Dua, dari TK sampe kuliah, kamu selalu punya temen bareng jadi ya… julukan kamu gak ganti karena emang temen kamu gak sepenuhnya ganti. Eksisnya lumayan bagus, coba aja bayangin sendiri.

“Eh, lu tau kribo gak?”

“Tau, doi temen SMA gue.”

advertisement

“Oh iya? Gue satu SMP sama dia, sekarang sekampus.”

“Wah, iya? Doi masih kribo, gak?”

“Em…iyalah. Lu gila?”

advertisement

Tuh kan?

 

Banyak Julukan

Semakin banyak julukan,eksistensi kamu kurang terpatri secara mendalam via

Semakin banyak julukan,eksistensi kamu kurang terpatri secara mendalam via Photo Credit: youngrocky via Compfight cc

Nah, ini yang sebenernya lumayan rame. Ada beberapa teori mengenai eksistensi berdasarkan banyaknya julukan. Kalau julukan kamu di satu tempat bisa ada banyak, berarti eksistensi kamu kurang terpatri secara mendalam. Ada yang kenal kamu sebagai si Cepot gegara kamu kurus macam wayang, tapi ada yang manggil kamu Botak karena selain kamu kurus, kamu juga botak. Which means, di satu tempat, ada yang lebih botak dari kamu dan ada yang lebih cepot dari kamu.

advertisement

Teori lain adalah kamu punya banyak kepribadian atau keahlian. Misalnya, di sekitar temen sejurusan, kamu dipanggil Pak Haji gegara kamu mondar-mandir mushola terus tapi ada juga yang manggil Koplak gegara kamu suka ngelawak. Yaa, macem-macem dan menurut teori yang ini banyak julukan berarti eksistensi kamu punya banyak makna buat orang-orang tertentu.

 

Beda Tempat, Beda Julukan

Beda Tempat, Beda Julukan via eatdrink

Beda Tempat, Beda Julukan via eatdrink

Ini agak mirip sama orang yang punya banyak julukan. Bedanya, ini orang hanya punya satu julukan di satu tempat tongkrongan. Misal, di tongkrongan dia dipanggil Koplak karena emang ditongkrongan kelakuannya ngaco-ngaco koplak gitu, tapi di antara temen sejurusan, sampe ke junior-juniornya, semua taunya dia sebagai kakak mapres, gegara emang dia pinter dan cerdas, dan orangnya macam profesor. Di gang deket rumah, dia dipanggil Pakde gegara mukanya tua dan dulu waktu baru dateng dari Jawa, logatnya kentel gak ketulungan. Nah, beda kan? Ini berarti eksistensi kamu statis dan somehow kamu bisa memainkan banyak peran di berbagai tempat berbeda.

 

JLBK

JLBK (Julukan Lama Bersemi Kembali) via gembelizer

JLBK (Julukan Lama Bersemi Kembali) via gembelizer

Temennya CLBK. Julukan Lama Bersemi Kembali—berarti kamu dulu punya julukan di masa lalu, kemudian kamu move on, tapi kemudian kamu kembali dijuluki dengan julukan kamu yang lama. Biasanya ini terjadi ketika kamu berada di ruang-ruang transisi. Ketika kamu SMA, kamu dijulukin caplang karena kuping kamu caplang. Terus ketika kamu masuk kuliah, kamu dijulukin Jelangkung karena kamu kalo dateng gak dipanggil dan tau-tau pergi juga macem jelangkung. Eh, tak disangka, orang-orang menyadari bahwa kamu caplang dan akhirnya kembali dipanggil caplang.

 

Julukan Buatan Sendiri

Ngerasa mirip Dian Sastro? Yakin?

Ngerasa mirip Dian Sastro? Yakin?

Ini sedih. Julukan itu seharusnya disematkan oleh orang, bisa berdasarkan ciri fisik, kepribadian ataupun keahlian. Sedangkan kalau kamu sematkan sendiri, berarti kamu secara memelas mau orang-orang mengenal kamu demikian, tapi kamu gak mampu menampilkan diri kamu sebagai apa yang kamu bayangkan. Misal, kamu mau dipanggil Dian Sastro tapi kamu gak sama sekali menampakkan keanggunan, kecerdasan dan, karisma Dian Sastro. Kamu justru malah menampilkan suara cempreng ganggu kamu dan akhrinya kamu malah memanggil diri kamu Dian Sastro sementara yang lain manggil kamu Mandra. Kan kasian.

Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line! Siapa tau ada yang mau berbagi nama julukannya yang lucu dan gokil? Ini julukanku, mana julukanmu?