Sudahkah Kalian Jelajah Kuliner di Semua Kantin Fakultas di UI?

Pernah ga sih kalian tamasya ke berbagai kantin fakultas di UI untuk merasakan suasana fakultas yang berbeda dan tentunya hidangan makanan yang bervariasi? Yuk simak keunikan kantin-kantin di UI!


0

Keunikan Beberapa Kantin Fakultas di UI Paling Update. Universitas Indonesia memiliki berbagai macam fakultas. Fakultas-fakultas tersebut memiliki kantin dengan julukan dan keunikan masing-masing. Mahasiswa UI sering banget, nih, tamasya ke berbagai kantin fakultas untuk merasakan suasana fakultas yang berbeda dan tentunya menu makanannya yang berbeda dari fakultas lain! Yuk, cek kantin-kantin fakultas di UI!

1) Kanrik (RIK – Rumpun Ilmu Kesehatan)

Sumber: restaurantguru.com

Kantin RIK dikenal dengan aspek sanitasi dan kehigienisannya yang paling top se-UI! Bahkan, di kantin ini tidak ada, tuh, yang namanya makanan tidak sehat. Semuanya makanan yang dijajakan di sini juga bebas micin, loh, keren banget kan? Selain itu, sistem pembayaran di Kanrik sudah serba cashless dengan kartu debet atau kartu mahasiswa. Yang uniknya lagi, di dalam kantin RIK terdapat toko buku, loh, yang tentunya memudahkan akses mahasiswa untuk mencari buku pelajaran.

2. Dallas (FMIPA)

Sumber: idntimes.com

 

Dari seluruh kantin fakultas, kantin FMIPA ini namanya unik sekali, loh! Dallas merupakan singkatan dari Di Bawah Lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena posisi kantinnya yang tepat berada di bawah musholla. Ayam geprek yang dijajakan di sini biasanya dicari-cari bahkan oleh mahasiswa fakultas lain, loh!

3. Kantek (FT)

Sumber: twitter.com oleh BKUI_Official

Kantek sendiri merupakan singkatan dari Kantin Teknik. Kantin ini dikenal dengan harga makanannya yang murah namun porsinya jumbo, lekat dengan image anak teknik yang pekerja keras dan makannya banyak, ya! Di kantin ini sendiri sudah diterapkan sistem pembayaran cashless, yaitu menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai tapcash, juga diberlakukan sistem self-service. Uniknya, di kantin ini wilayahnya dibagi-bagi berdasarkan departemennya, jadi kalau mau mencari teman yang sedang makan siang pastinya gampang banget!

BACA JUGA: 5 Tempat Makan Enak Dan Murah Yang Bisa Kamu Temuin Di Barel (Dan Sekitarnya)

4. Kansas / KanBud (FIB)

Sumber: regional.kompas.com

Kansas merupakan singkatan dari Kantin Sastra. Namun, sekarang ini Kansas juga disebut sebagai Kantin Budaya. Arsitektur bangunan kantin ini menarik sekali, loh, bangunannya berbentuk bundar sementara atapnya yang berbentuk kerucut ditutupi oleh fiberglass. Di bagian lobby kantin, area duduk mahasiswa, dan area duduk dosen terdapat mural yang bertemakan cerita rakyat Indonesia. Kansas juga menerapkan sistem self-service, loh!

5. Kanjiw/Kancil (FPsi)

Sumber: ui.ac.id

Kantin Psikologi UI ini dulunya disebut dengan Kancil, singkatan dari Kantin Cikologi. Namun, setelah dilakukannya renovasi, kantin ini dinamai Kantin Sejiwa (Kanjiw). Hal unik yang dapat kamu temui di kantin ini adalah kehigienisan yang betul-betul dijaga oleh penjaja makanan, yang mana seluruh penjaja makanan wajib menggunakan sarung tangan. Lalu, di Kanjiw ini penjaja makanan harus memperpanjang izin kontrak setiap tahun, salah satu persyaratannya adalah harus memiliki sertifikat halal dari MUI.

6. Kafe (FEB)

Sumber: feb.ui.ac.id

 

Kafe atau Kantin Fakultas Ekonomi ini dikenal dengan menu makanannya yang sangat bervariasi dan cukup fancy. Harga makanan di kantin ini juga tergolong sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kantin fakultas lainnya, tapi dijamin worth it, kok, rasanya! Nasi plus lauk bento ala Jepang dengan nama klub bola dari Love Cafe merupakan makanan paling favorit di kantin ini.

BACA JUGA: 6 Hal Yang Bakal Kamu Kangenin dari UI selama Masa PJJ

7. Takor/Balsem (FISIP)

Sumber: kumparan.com
Sumber: fisip.ui.ac.id

Sebenarnya, kantin FISIP ini dulunya bernama Takor, singkatan dari Taman Korea karena pembangunannya yang didanai oleh orang Korea. Namun, sejak akhir tahun 2018, Takor mendapatkan bantuan renovasi dari PT. Yogma sehingga namanya berubah menjadi Next Level of Balsem. Menariknya lagi, sebelum dulu dijuluki Takor, kantin FISIP bernama Balsem yang merupakan singkatan dari belakang semak, loh! Tambahan nama Next Level ini menjadi harapan untuk peningkatan fasilitas kantin dan kehigienisan makanan yang dijajakan. Oh iya, di kantin ini telah diterapkan sistem pembayaran cashless dan sistem self-service.

8. Balgebun/Pacil (FASILKOM)

Balgebun adalah singkatan dari Belakang Gedung Bundar, yang mendeskripsikan letak kantin ini yang berada di belakang gedung fakultas yang berbentuk bundar. Di kantin ini kamu bisa menemukan Yoshinoya, loh! Meskipun demikian, harga makanan yang dijajakan di kantin ini sangat ramah di kantong. Ada sate Fasilkom yang murah meriah, loh! Mereka menjual sate ayam, sate kambing, dan sop ayam yang gurih hanya 10 ribu rupiah saja per menunya.

Bagaimana? Ada yang bikin kamu tertarik untuk berkunjung? Setelah pandemi jangan lupa main ke kantin-kantin ini, ya!

BACA JUGA: Dari Mi Ayam Sengketa Sampai Sate Fasilkom, Ini Makanan di UI yang Paling Dikangenin Selama PJJ


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply