Surat Edaran Tertib Berlalu Lintas di UI


0

Walaupun ada di dalam lingkungan kampus, jalan raya yang mengelilingi UI ini adalah sebuah jalan raya, sama seperti jalan-jalan lainnya di luar lingkungan kampus. Sayangnya, banyak sekali pengguna jalan yang berlaku tidak disiplin. Contoh paling gampang yang sering saya lihat tiap hari adalah di kalangan pengendara motor. Banyak yang naik motor tidak pake helm. Atau belok kanan dan melawan arah saat keluar di Jl. Hukum (bener nggak ya, nama jalannya?) untuk menuju arah Pondok Cina, padahal jelas-jelas ada rambu dilarang belok kanan. Atau masuk ke Jl. Kesehatan Masyarakat menuju balairung dari jalan lingkar luar UI, padahal ada tanda dilarang masuk. Atau kebut-kebutan.

Saya rasa, kenapa mereka (saya tidak pernah lho 😉 ) berbuat demikian adalah karena berpikir bahwa tidak ada polisi di lingkungan kampus yang akan menilang mereka, tidak seperti di jalan raya di luar kampus. Benar tidak ya?

Nah, hal-hal itulah yang bikin angka kecelakaan di kampus kita ini tinggi. Melihat hal itu, Subdit Pembinaan Lingkungan Kampus (PLK) UI merasa perlu mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya hal-hal seperti itu. Ke depannya, disiplin dan tertib berlalu lintas di jalan raya lingkungan UI akan ditegakkan, sama persis seperti di jalan raya umum. PLK UI pun telah membuat surat edaran tentang hal itu. Ke depannya, kata surat edaran itu, bakal ada operasi-operasi lalu lintas (razia dll) untuk menegakkan peraturan lalu lintas.

Berikut ini beberapa kutipan surat edaran tentang tertib lalu lintas itu

SURAT EDARAN
Nomor: 01/PT02.H15/PLK/U/2008

Dalam rangka Pembinaan Lingkungan Kampus UI, perlu kami sampaikan beberapa hal mengenai Tertib Lalu Lintas di Lingkungan Kampus UI Depok sebagai berikut:

  1. Wajib memakai helm bagi pengendara kendaran bermotor roda dua
  2. Wajib membawa kelengkapan surat kendaraan bermotor (SIM dan STNK)
  3. Wajib memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang telah ditentukan
  4. Wajib mengemudikan kendaraan roda dua dan roda empat pada kecepatan maks. 40 km/jam
  5. Wajib memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu dan marka jalan yang telah ada

Selanjutnya, Subid. PLK UI akan melaksanakan operasi rutin gabungan bersama pihak terkait dan akan menindak tegas bagi yang tidak mematuhi atau melanggar kewajiban tersebut di atas. Apabila ada hal yang mencurigakan/meresahkan terkait dengan Gangguan Keamanan, Keselamatan dan Ketertiban Kampus, silakan melaporkan ke Subdit PLK UI di 021-7875602 atau 021-7875603.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan peran serta seluruh warga Universitas Indonesa untuk menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban di lingkungan kampus, kami mengucapkan terimakasih.

Depok, Oktober 2008
Ka. Subdit PLK UI

Selain edaran tentang tertib lalu lintas, juga ada edaran tentang keamanan kampus secara umum. Berikut kutipannya

  1. Diharapkan untuk waspada saat berjalan di lingkungan Kampus saat siang hari dan teutama di malam hari
  2. Diharapkan untuk menghubungi Satuan Pengamanan Subdit PLK atau Fakultas, apabila diperlukan untuk mendampingi saat berjalan di malam hari
  3. Berhati-hati dan waspada saat menyeberang jalan di jalur protokol dalam kampus
  4. Wajib mengunci kendaraan pada saat memarkir di lokasi parkir yang telah disediakan
  5. Tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam kendaraan, seperti laptop dan lainnya.

Tentang edaran tertib berlalu lintas itu, bagaimana menurut teman-teman? Apakah ada yang nggak setuju? Apakah pelaksanaannya akan efektif? Atau gimana-gimana? Silakan didiskusikan di sini!

PS: Surat edaran itu bisa di-download di sini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

7 Comments

Leave a Reply

  1. bagus deh klo ada surat edarannya kayak gitu..

    males banget deh..sembarangan aja berlalu lintas..
    ya lawan arah lah..
    kebut-kebutan kayak dikejar setan..
    engga pake helm lagi, serasa punya nyawa sebelas aja
    trus klo nabrak orang, langsung kabur..temen gw korban tabrak lari..patah kaki

    cuma gimana penegakan dari peraturan ini..
    kemarin di stasiun..gw lihat sendiri..
    mbak2 naik motor lawan arah di jalur yang keluar kampus..
    satpamnya cuma teriak2 (harusnya pake toa kayak di pintu tol)..trus satpamnya masuk lagi ke posnya..udah gitu doank..

    intinya: di penegakan peraturan!jangan cuma sebatas surat edaran

  2. Jujur gw juga kesel liat lalin UI yang gak karuan..lebih kesel lagi pas gw ampir ditabrak motor pas gw mau nyebrang ke pocin! Trus dengan seenak jidat yang punya motor bilang “sontolo….yo!!” siaaaal!! padahal gw gak salah apa-apa, mestinya gw yang marah! lha dia ngebut-ngebut gak pake lampu!! Dah tau udah malem T-T

  3. bener bgt!lalu lintas d UI emang parah bgt…temen gw,3hr yg lalu baru diserempet mobil n 2hr gk bs kuliah krn kaki kanannya luka n bengkak…kejadiannya d UI lg!!!

    ah,surat edaran tertib lalu lintas itu palng ngefek pas awal2 doank…yg harus ada itu,sanksi yg tegas!bukan pringatan aja…biar gk ada lg org2 yg dirugikan kayak temen gw…

  4. Berlakukan sanksi tegas lah! Jaman sekarang mao jalan di trotoar aja musti liat kiRi kanan, kali-kali ada motor amoral lewat, seperti kejadian sdr. emier (#2).

    Semoga bisa menjadi contoh yang baik, minimal untuk lingkungan sekitar UI Depok lah. Dan tentunya ini aturan semoga bukan euforia sesaat aja.

    +iR+

  5. Memprihatinkan sekali…mahasiswa UI yang sepatutnya jadi contoh bagi masyarakat, malah di lingkungan sendiri nggak bisa disiplin…
    Sebaiknya aturan dipertegas dan harus adsa tindakan bagi yang indisipliner…
    Bagi Psikologi Insos, ada yang mau intervensi?

  6. Kalau peraturan ga ada sanksi, ya sama aja kaya macan ompong.
    Mending satpam ui dikasih kewenangan buat nilang.
    Atau hukuman apa lah. Push up 50 kali juga boleh 😀