Ini Dia Cara Untuk Menghemat Pengeluaran Kalian, Wahai Anak Kos!

Hidup ngekos itu banyak suka dukanya. Sukanya, kalian bisa hidup mandiri, banyak kenalan, bisa aktif organisasi tanpa repot pulang cepet, dan bisa makan mie instan sepuasnya. Dukanya, kalian harus ekstra mengatur berbagai hal, mulai dari rindu yang membara kepada orang tua, masak sendiri, nyuci sendiri, makan sendiri, mandi sendiri, dan tidur pun sendiri. Tapi, nilai tambah buat kalian anak kos adalah kalian dididik untuk menjadi manajer terbaik untuk keberlangsungan hidup kalian guys!

Namun, sering kali anak kos mengeluhkan keuangannya yang dirasa nggak cukup buat kebutuhan kuliah dan sehari-hari. Sebenarnya sih bukan nggak cukup, tapi emang kalian aja yang belum bisa mengatur keuangan kalian dengan baik. Mengatur keuangan untuk kebutuhan kita selama jauh dari orang tua itu penting dan harus benar-benar tau triknya, jadi nggak repot lagi telepon mama papa tiap hari cuma buat ngasih tau kalau kalian butuh uang.

 

Masak Sendiri

Buat kebanyakan anak kos, nilai tambah mereka setelah menikah adalah jago masak. Yap, masak air sampai panci gosong, mie instan, dan masak nasi. Ya setidaknya punya keahlian masak lah ya. Nah, dengan metode masak sendiri, kalian bisa berhemat puluhan ribu bahkan ratusan ribu per bulannya. Coba aja kalau nggak percaya. Kalian masak nasi bisa buat tiga kali makan, pakai tempe goreng, pakai telor goreng, atau sambel-sambelan, kalau dihitung dari kuantitasnya bisa buat tiga kali makan. Tapi kalau beli? Cuma sekali makan tapi dengan biaya yang sama.

 

Beli Pakaian Cowok

Kalau tips ini dikhususkan buat kaum hawa. Kaum hawa ini termasuk kaum yang sangat memperhatikan penampilan, jadi ada macem-macem bajunya dengan berbagai tipe, dari mulai baju buat kuliah, baju buat main, baju buat masak, baju buat mandi, dan baju buat tidur. Bayangkan, mereka sehari bisa pakai empat jenis baju. Sementara cowok? Kuliah, main, sampai tidur bajunya cuma itu aja yang dipakai. Baju-baju cewek umumnya mahal-mahal, sementara cowok? Kaos oblong 15 ribuan pun jadi. Nah, buat kalian kaum hawa, beli baju cowok aja buat menghemat anggaran beli baju baru, soalnya selain nyaman, juga nggak perlu ribet ikat sana ikat sini, cuma tinggal dipakai dan bisa melenggang kemanapun kalian mau.

 

Makan Sebelum Belanja

Ini juga salah satu kebiasaan para wanita: Belanja! Cewek kalau udah masuk mall, matanya udah jelalatan, nggak tahan beli ini itu, padahal mereka juga butuh beli kebutuhan primer lain. Nggak cuma cewek, sekarang cowok jadi tertular kebiasaan para kaum hawa. Cowok juga mulai banyak yang tukang belanja; dari belanja celana dalem, baju, kaos, kemeja, sepatu, sepatu futsal, sepatu berkuda, sepatu kayu, sepatu boots, minyak rambut, minyak kumis, minyak jenggot, dan lainnya. Perlu kalian ingat, sebelum belanja, usahakan uangnya disisihkan buat kebutuhan lain dulu: makan! Percuma kan kalau kalian belanja buat ganteng-gantengan tapi perut kelaperan dan minta makan sama temen, jadinya ganteng-ganteng tukang minta dong!

 

BACA JUGA: Nikmatnya Ngekos, Bahagianya PP, Enak Mana?

 

Minum Banyak Air

Buat kalian yang biasanya melaksanakan puasa sunah buat menghemat, bahkan sampai puasa setiap hari satu semester penuh, coba sekarang pakai metode lain buat menghemat. Puasa memang biasa dilakukan mahasiswa ngekos buat menekan biaya makan. Nah, sekarang coba deh ganti cara, kalian banyakin minum air putih aja buat menekan rasa lapar. Kalau yang biasanya cuma dua liter aja sehari, sekarang jadiin lima-delapan liter sehari. Pastikan perut kalian sudah terisi penuh dan jadi manusia gelonggongan. Yakin deh, kalian nggak bakal laper, paling kembung.

 

Biasakan Jalan Kaki

Duh, anak ngekos kalau ngekosnya berjarak berkilometer dari kampus, mendingan nggak usah ngekos deh. Buat apa kalian ngekos tapi jarak ke kampus sama aja kaya naik angkot tiga kali? Coba cari kosan yang deket sama kampus, jadi kalau kuliah tinggal jalan kaki aja ke halte bikun terdekat atau naik spekun yang tersedia. Biasakan jalan kaki, selain menghemat pengeluaran transport, bisa juga buat olahraga gratis!

 

Beli Buku Bekas

Ini biasanya yang dijadikan alasan para mahasiswa ngekos buat minta uang tambahan: beli buku buat kuliah. Sering kali memang dosen menyuruh kita untuk membeli buku-buku yang menjadi acuan belajar kita di kelas. Mending kalau itu bukunya tipis dan murah, kalau tebel kan pasti mahal. Untuk itu, cobalah untuk membeli buku-buku itu di toko buku bekas, entah itu tangan kedua, ketiga, keempat atau kesepuluh, asalkan masih layak dan masih bisa dibaca, beli aja! Pasti lebih murah 2-3 kali lipat dari harga barunya.

 

Cari Diskon untuk Pelajar

Kalau bosan makan masakan sendiri yang rasanya asin semua itu, coba deh keluar tapi cari yang menyediakan diskon untuk mahasiswa yang beli. Kalian juga bisa jalan-jalan atau naik angkutan umum yang memiliki kebijakan diskon buat mahasiswa. Dijamin kalian bakal lebih bahagia, apalagi kalau cewek, diskon serasa surga. Kamu cewek dan mahasiswa? Beuh, udah pasti dijamin serasa orang paling bahagia di dunia.

 

BACA JUGA: Kosan Kamu Terus Berantakan? Ini Langkah Bersih-bersih yang Harus Kamu Lakuin

 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakuin untuk menghemat keuangan kamu ketika jauh dari orang tua semasa kuliah. Bagikan artikel ini di akun Facebook, Twitter, dan Line kamu biar anak-anak kos lainnya bisa menerapkan tips-tips tadi agar bisa survive selama ngekos!

Manfaat Utama Saat Kamu Mengubah Hidupmu Secara Drastis

Sebelumnya kami sempat meminta kamu untuk mengikuti TANTANGAN PUASA BELANJA, mungkin bagi sebagian merasa sulit dan sebagian lagi merasa risih, “Ah elah, ngapain sih ikutan beginian?”

Well, ada pepatah yang menyebutkan, “Orang akan takut terhadap segala sesuatu yang tidak diketahuinya” – ini adalah hal yang wajar. Karena itu, kali ini kami akan membukakan pikiran kamu akan apa saja sih manfaat dari TANTANGAN PUASA BELANJA yang bisa kamu dapatkan setelah mengikutinya.

Beberapa di antaranya:

BACA JUGA: Ingin Mengubah Hidupmu Sebagai Mahasiswa yang Punya Banyak Utang? Ikuti Tantangan Ini!

 

Mendidik Hemat

Cara efektif bikin kamu hemat via aslicatatanmahasiswa
Cara efektif bikin kamu hemat via aslicatatanmahasiswa

Tantangan Puasa Belanja adalah salah satu cara efektif untuk membuat kamu jujur pada diri sendiri dan menjadi pribadi yang hemat.

 

Membuka Pandangan Baru

Kamu jadi tau ke mana uang kamu pergi selama ini via news.acaraapa
Kamu jadi tau ke mana uang kamu pergi selama ini via news.acaraapa

Tantangan Puasa Belanja dapat membuat kamu tahu dengan pasti kemana aja selama ini uang kamu bepergian.

Akankah ia kembali? Atau tidak.

Apakah kamu sudah belanja dengan benar? Atau tidak.

 

Membuatmu Memanfaatkan Resource yang Ada

Kamu nemuin kalau ada banyak fungsi dalam 1 barang  via makeit-loveit
Kamu nemuin kalau ada banyak fungsi dalam 1 barang via makeit-loveit

Seringkali kita berpikir bahwa setiap 1 item yang kita miliki hanya memiliki 1 fungsi. Tantangan Puasa Belanja membuatmu memanfaatkan fungsi yang tak pernah kamu bayangkan dari setiap 1 item benda yang kamu miliki.

BACA JUGA: Antara Kreatif, Mepet, atau Hemat, Barang-barang Ini Bisa Jadi Penyelamat Hidupmu di Kosan

 

Mengubah Hidupmu

Kamu jadi tau siapa teman sejatimu thaaaahh via boombastis
Kamu jadi tau siapa teman sejatimu thaaaahh via boombastis

Tantangan Puasa Belanja dapat mengubah hidup lamamu yang terbiasa berutang sana-sini demi lifestyle dan mengabaikan hal-hal yang sebenarnya lebih penting untuk masa depan kamu. Namun, ini hanya akan terjadi bila kamu jujur pada diri sendiri dan jujur dalam menjalankan setiap tantangannya.

Dalam situasi apa pun, kamu akan menemukan action apa yang perlu kamu lakukan saat mengubah spending habbit kamu secara drastis. Waktumu dengan teman-temanmu akan terasa jauh lebih berharga dalam tiap kesederhanaannya.

Teman yang baik akan memberi tahu kita bila ia menemukan apa yang salah dengan hidup kita. Menyarankan kita untuk melakukan hal-hal yang terbaik dan mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Teman yang baik akan menghargai setiap keputusan krusial yang kamu ambil dalam hidupmu. Tantangan Puasa Belanja akan membuatmu melihat siapa teman terbaikmu yang selalu hadir di saat-saat terburukmu dan membuatmu sadar arti penting dari sebuah kehidupan.

Adalah jauh lebih baik kamu mengubah hidupmu, sebelum hidupmu mengubah kamu.

Yuk, bagikan artikel ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu agar inspirasi ini terus bergulir.

Antara Kreatif, Mepet, atau Hemat, Barang-barang Ini Bisa Jadi Penyelamat Hidupmu di Kosan

Sejak beberapa abad silam, anak kosan memang kerap kali bergumul dengan yang namanya masalah finansial. Perkara bertahan hidup di kosan karena kampus jauh dari rumah itu nggak sederhana dan kadang yang namanya anak kosan, saking mahirnya soal surviving, pandai melihat berbagai potensi alihfungsi benda-benda di sekitarnya. Entah kreatif, mepet, atau memang kelewat berhemat, anak kosan memang pandai kalau soal yang beginian. Berikut ini basic knowledge dari benda-benda multifungsi yang harus diketahui oleh anak kosan.

 

Kursi = Jemuran

Bukan cuma buat duduk, kursi juga bisa dipake buat ngejemur. (Sumber:)
Bukan cuma buat duduk, kursi juga bisa dipake buat ngejemur. (Sumber:)

Ketika kamu adalah anak kosan dengan finansial yang mepet, nyuci baju di laundry bukanlah pilihan yang bijaksana bagi kamu. Jadi, kamu harus nyuci di kosan. Selesai nyuci, baju harus di jemur dong? Emang kamu pikir dia pacar, didiemin bisa kering sendiri?

Nah, kalau jemur di luar dan kamu tinggal kuliah, potensi bahaya juga lebih besar. Selalu ada kemungkinan baju yang kamu jemur itu entah diambil orang atau dituker dan kamu harus keluar kocek lagi untuk beli baju karena ilang. Jadi, jemurlah pakaian kamu di dalam kamar. Kamu hanya perlu meletakkan keset atau apa pun yang menyerap tetesan air. Letakkan di bawah kursi kemudian gantung jemuran baju di kursi. Kalau kamu punya dua kursi, bisa juga diakali dengan tali atau batang kayu supaya lebih banyak space untuk menjemur.

 

Kipas = Dryer

Pake kipas buat keringin baju di kamar. (Sumber: Indotrading)
Pake kipas buat keringin baju di kamar. (Sumber: Indotrading)

 

Terkait dengan penjelasan di atas yang menjadikan kursi sebagai tempat jemuran, kipas akan berperan sebagai pengering. Kenapa? Ya, karena kamu menjemur di dalam ruangan, sirkulasi angin yang punya peran penting dalam pengeringan. Pasang kipas kamu menghadap jemuran, terus kamu tinggal berangkat kuliah. Nggak usah takut boros listrik, toh kamu memang harus bayar listrik ke ibu kosan juga. Budget sudah dikeluarakan, so, make it count. Niscaya kamu akan menemukan pakaian kamu kering ketika pulang kuliah atau sehari setelahnya.

 

Bedak MBK

Bedak MBK Juga bisa dipakai buat kaki dan sepatu. (Sumber: Kaskus)
Bedak MBK Juga bisa dipakai buat kaki dan sepatu. (Sumber: Kaskus)

Kamu tahu kan benda ini apa? Dulu waktu deodoran roll-on belum ngetrend, ini bedak gunanya sama sama deodoran kamu. Terus, apa gunanya? Nah ini pinternya anak kosan. Bedak yang bentuknya bubuk dan menyerap bau ini punya potensi multifungsi, dan perannya vital buat kamu yang punya masalah bau kaki.

Kamu nggak perlu ngabisin duit beli sepatu yang anti bau kaki dengan ventilasi di sepatunya, kamu hanya perlu menaburkan bedak ini di dalam sepatu dan kaki kamu nggak akan bau lagi. Bisa juga kalau sepatu kamu basah, kamu hanya perlu menaburkan bedak ini ke sepatu kamu, bedaknya akan mengisap air dan sepatu kamu akan kering lebih cepat, bahkan bisa langsung sekalian pakai dan kering di jalan.

 

Sikat Gigi

Ternyata, ada banyak fungsi dari sikat gigi. (Sumber:)
Ternyata, ada banyak fungsi dari sikat gigi. (Sumber:Photo Credit: Konstantin Lazorkin via Compfight cc)

Oke ini buat sikat gigi. Tapi nggak buat itu aja, ini adalah salah satu teknologi yang multifungsi kalau sudah masuk tataran bersih-bersih. Kamu bisa pakai ini untuk bersihin keyboard laptop, menyikat sepatu, dan bersihin kuku. Buat kaum hawa, bisa digunakan untuk sisir alis dan juga bisa menata rambut dengan menyemprotkan hairspray ke sikat gigi dan menyisir rambut pakai sikat gigi itu dengan tingkat presisi yang jauh lebih tinggi dibanding sisir biasa dan tingkat kerapian yang juga jauh di atas tangan manusia. Adalah wajar kalau kamu sebagai anak kosan punya beberapa sikat gigi karena memang sikat gigi ini banyak fungsinya. Kamu bisa berhemat untuk tidak perlu beli peralatan lain karena sikat gigi bisa mengambil alih tugas peralatan lain yang mahal itu.

Intinya, jadi anak kosan memaksa kamu mengembangkan kreativitas dan surviving skill kamu, sehingga bisa memanfaatkan berbagai hal untuk kepentingan kamu. Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter, dan Line supaya temen-temen kamu yang ngekos juga bisa survive, dan kalau ada, kamu juga bisa komentari tulisan ini dengan ide-ide kreatif kamu sebagai anak kosan untuk bertahan hidup.

 

5 Skill Ini Harus Dimiliki Kalau Mau Kuliah Jauh dari Keluarga

Semua bergenerasi, begitu pun kehidupan kamu. Tanpa terasa, sebentar lagi kamu akan meninggalkan kehidupan seragam putih abu-abu menggantikan dengan pakaian bebas. Kamu merasa sudah dewasa dan menganggap kini saatnya untuk merantau dari rumah. Nggak sedikit di antara kamu sudah mantap dengan universitas pilihanmu yang ternyata, sooo faaaar away dari rumahmu. Kamu sudah siap dengan segala risiko. Termasuk menjalani long distance relationship dengan orang terkasih, mulai dari orang tua, teman, hingga pacar. Tapi tunggu dulu, apakah merantau semudah itu?

Sebenarnya, sih,  nggak jadi masalah kalau kamu masih tinggal bersama sanak keluarga  yang kemungkinan masih menjamin hidup kamu. Tapi bagaimana jika kamu harus bertahan hidup sendirian di tempat orang? Tentu saja ini membutuhkan keahlian. Berikut adalah skill yang harus kamu kuasai jika ingin merantau alias kuliah di kota orang.

1. Memasak

Cowok juga harus masak! (Sumber: )
Cowok juga harus masak! (Sumber:Photo Credit: jaumescar via Compfight cc)

Masak berhubungan dengan makanan. Makanan berhubungan dengan kelangsungan hidup. Tentunya sudah kamu tahu, kalau dengan masak kamu bisa bertahan hidup sekaligus menekan biaya hidup. Apalagi nanti kamu berstatus sebagai anak perantau yang harus hidup hemat. Ya, kalau tiap hari makan di luar mulu bisa tekor, belum tentu juga sehat. Biar pun kamu boleh ngutang sama ibu kantin, tetap aja musti dibayar kan pake uang, bukan pake doa. Semurah-murahnya makan di warteg, lebih murah lagi kalo kamu masak indomi di kosan. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa saat merantau, memasak adalah hal utama yang setidaknya, sih, (sedikit) harus kamu kuasai. Nggak perlu jago-jago amat, yang penting dasarnya. Toh, semua akan terbiasa seiring berjalannya waktu. Hidup masak!

 

2. Bersih-bersih

Yakin mau tidur di kamar kayak gini? (Sumber:)
Yakin mau tidur di kamar kayak gini? (Sumber:Photo Credit: Scott* via Compfight cc)

Kalau memasak sudah clear, sekarang waktunya untuk skill selanjutnya yang perlu kamu kuasai, yaitu bersih-bersih. Buat kamu yang udah biasa apik dan rapi hal ini tentu bukan persoalan sulit. Coba tanyakan kepada temanmu yang kurang biasa. Pasti dia bingung. Ketahuilah, nanti kamu akan tinggal sendiri di kosan atau kontrakan. Kalau kamu nggak bisa bebersih, siapa yang bakal bersihin bekas makan kamu, atau nyapu kamar, atau ngepel? Kamu mau hidup di tempat berserakan sampah? Nggak, kan? Gih, sana mulai bebersih bantuin Ibu.

 

3. Mengatur Uang

Atur uang (Sumber:)
Atur uang (Sumber:Photo Credit: Magh via Compfight cc)

Gini lho ya, kamu kan nantinya bakalan jauh dari orang tua dan uang yang kamu miliki akan terbatas, mending dari sekarang belajar cara mengatur uang. Biar nantinya setelah merantau kamu nggak kelimpungan. Kamu harus pinter menghemat, memilih mana yang penting dan ngga, juga nyari kesempatan untuk mendapatkan sokongan finansial.

 

4. Mencari Uang

Jadi guru? Boleh juga! (Sumber:)
Jadi guru? Boleh juga! (Sumber:Photo Credit: Barrett Web Coordinator via Compfight cc)

Kalau kamu udah pinter ngaturnya, sekarang waktu yang tepat untuk menambah pundi-pundi uang kamu. Malu dong ya tiap ada apa-apa minta mulu sama orangtua. Nah, untuk menambah dan memenuhi kebutuhan kamu yang bukan itu-itu aja, kamu harus cari uang tambahan. Caranya ya jual jasa. Kamu pinter bahasa Inggris, ya kembangkanlah jasa translate, kamu pinter foto, bisa juga jadi fotografer freelance, semacam itu deh.

 

5. Mengatur Waktu

9602157038_f53b49bb50_b (1)
Mengatur waktu (Sumber:Photo Credit: kondesamsons via Compfight cc)

Ngatur waktu itu susah-susah gampang. Kamu harus pinter-pinter milih mana yang harus didahulukan. Karena kalau kamu nggak bisa ngatur waktu dengan baik, bisa dipastikan hidupmu akan berantakan. Bayangin, gimana kalau dalam sehari kamu harus kuliah, ngerjain tugas, ngerjain pekerjaan rumah, kumpul ini-itu, dan freelance—belum lagi buat ketemu pacar. Apa jadinya coba kalau waktumu nggal teratur dengan baik? Bisa amsyong kamu. Kalau kamu merasa tetep nggak bisa ngatur hidupmu, solusinya gampang, carilah pasangan yang pengatur.

Kayanya itu dulu skill utama yang harus kamu kuasai saat merantau. Sisanya sih bisa kamu sesuaikan seiring dengan waktu yang berjalan. Kalau kamu merasa ada skill lain yang perlu ditambahkan boleh lho ditambah di kolom komnetar. So, selamat merantau!